Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Artikel DJKN

Manfaat Menulis

Jum'at, 15 Oktober 2021 pukul 12:02:29   |   596 kali

Apakah masih ingat kapan terakhir kali Anda menulis? jika lupa pasti Anda sudah lama tidak menulis, padahal manfaat menulis sangat banyak. Menulis tidak hanya pada media kertas. Di era teknologi saat ini, kita bisa menulis di media lainnya seperti smartphone, laptop, komputer dan lainnya. Sudah barang tentu semuanya memberikan manfaat yang sama.

Mungkin paling sering Anda membuat tulisan ekspresif pada sosial media yang berisi curhatan dari isi hati atau tentang unek-unek suatu hal. Dengan membuat tulisan ekspresif seperti ini Anda akan merasakan kepuasan tersendiri dan merasa lebih lega. Nah, inilah salah satu manfaat dari menulis.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba membahas mengenai manfaat menulis, diantaranya:

1. Tempat untuk untuk menuangkan ekspresi

Menulis dapat membantu Anda meluapkan emosi yang sedang Anda rasakan dan pendam. Anda bebas membuat tulisan ketika sedang sedih, senang, galau, marah atau lainnya saat tidak bisa bercerita kepada orang lain. Percaya atau tidak, cara ini sangat manjur untuk menuangkan emosi Anda sehingga tidak ada yang terpendam. Saat ini media yang paling banyak digunakan menulis adalah lewat sosial media, tidak perlu panjang dan lebar asal sudah tersampaikan hati kita bisa lega. Dengan tulisan ini sama saja anda telah bercerita kepada orang lain, karena tulisan akan dibaca langsung oleh orang lain.

2. Tempat untuk meningkatkan kreatifvitas

Saat proses menulis otak anda akan mencari ide ide baru yang akan dituangkan dalam sebuah tulisan.Hal iItu akan melatih otak kiri dan kanan Anda. Nah inilah yang akan mebuat seorang penulis menjadi lebih kreatif dan membuka intuisinya karena otaknya selau diajak berfikir. Anda akan lebih mahir mendapatkan solusi-solusi inovatif untuk masalah yang tampaknya sulit untuk diselesaikan.

3. Untuk memperkuat daya ingat

Saat proses membuat tulisan, tidak hanya tangan dan mata saja yang bekerja melainkan otak manusia juga ikut bekerja. Otak bekerja mulai saat mencari ide tulisan, penyusunan kerangka tulisan dan sampai tulisan tersebut selesai.

Jika sering digunakan maka otak akan terus bekerja dan menerima banyak informasi baru. Dengan begitu, otak akan selalu aktif sehingga daya ingat juga akan tetap aktif. Otak manusia ibarat seperti otot yang perlu dilatih setiap saat agar tetap kuat. Dengan sering menulis maka bisa terhindar dari penyakit pikun di usia muda.

4. Menjadikan hidup lebih produktif

Ternyata ini memiliki manfaat yang besar terutama membantu otak manusia lebih fokus untuk merencanakan sebuah kegiatan. Menulis bisa menjadi pemanasan otak sebelum memulai bekerja, jadi saat bekerja otak manusia sudah siap.

Tidak perlu menulis yang berat- berat, cukup menulis kegiatan apa saja yang akan dilakukan pada hari itu sampai menjelang tidur kembali.

5. Menjadi media belajar yang baik

Sudah barang tentu wawasan pengetahuan sesorang penulis harus terus bertambah, kecerdasan harus terus diasah, yang pada akhirnya akan menentukan perilaku penulis. Orang-orang yang berpendidikan cenderung lebih terbuka dan penuh toleransi, lebih menghargai pendapat orang lain, dan tentu saja cenderung lebih rasional.

6. Meningkatkan kemampuan dalam berbahasa dengan baik

Selama anda menulis, anda akan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Anda tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia sesuka hati. Ada pedoman dan acuan berbagai kalangan pengguna bahasa Indonesia, terutama dalam pemakaian bahasa tulis secara baik dan benar yakni PUEBI yang harus ditaati. Selain itu ada satu hal harus diketahui, saat menulis perlu mengetahui kira-kira siapa audiens yang akan membacanya, sehingga bisa menyesuaikan dengan bahasa yang akan dipilih. Dengan cara seperti ini kemampuan berbahasa anda akan semakin mantab.

7. Menjadi lebih teroganisir.

Anda akan sering mengorganisir hal - hal yang perlu dilakukan sebelum memulai menulis. Hal tersebut pun akan berpengaruh kepada diri anda sendiri. Secara tidak langsung dalam kehidupan sehari - hari.

8. Menghibur

menghibur dalam komunikasi, bukan monopoli media massa, radio, televisi, namun media cetak dapat pula berperan dalam menghibur khalayak pembacanya. Tulisan-tulisan atau bacaan-bacaan “ringan” yang kaya dengan anekdot, cerita dan pengalaman lucu bisa pula menjadi bacaan penglipur lara atau untuk melepaskan ketegangan setelah seharian sibuk beraktifitas

9. Media komunikasi yang baik

Media tulisan lebih aman saat menyampaikan pesan kepada pembaca, kita memiliki waktu untuk mengoreksi tulisan apakah sudah benar atau belum, seringkali saat kita berkomunkasi secara langsung, banyak terjadi salah ucap dan menyebabkan orang lain tersinggung.

10. Mempengaruhi untuk mencapai tujuan

Membujuk, mengajak dan merangsang para pembaca melalui tulisan seorang penulis agar pembaca dapat menentukan sikap, apakah menyetujui atau mendukung yang dikemukakannya. Penulis harus mampu membujuk dan meyakinkan pembaca dengan menggunakan gaya bahasa yang persuasif. Oleh karena itu, fungsi persuasi dari sebuah tulisan akan dapat mencapai tujuan apabila penulis mampu menyajikan dengan gaya bahasa yang menarik, akrab, bersahabat, dan mudah dicerna.

11. Menghasilkan uang

Ternyata tulisan bisa menghasilkan uang dan bisa menjadi suatu profesi yang menjanjikan. Sudah banyak profesi yang basik utamanya adalah seorang penulis seperti blogger, content writer, copywriter, UI UX Writer, penulis naskah, penerjemah, jurnalis dan masih banyak lainnya.

Ternyata banyak sekali ya manfaat menulis. Nah mulai sekarang, siapa yang mau menjadi penulis? Pastinya kita semua mau ya. Yuk semangat belajar menjadi penulis!

Ditulis oleh Hellen – Seksi HI KPKNL Bandar Lampung

Sumber Referensi:

https://qwords.com/blog/manfaat-menulis/

https://tempo-institute.org/berita/enam-manfaat-menulis/

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |