Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Human Relations dalam Membangun Teamwork yang Solid untuk Mencapai "Kemenkeu Satu, Kemenkeu Terpercaya"
Detami Pradiksa
Kamis, 24 Juni 2021 pukul 10:44:51   |   6742 kali

”Di Lingkungan Kemenkeu, teamwork adalah penting sekali. Tidak ada tempat bagi ego individual dan ego unit.” itulah kata-kata Menteri Keuangan, Ibu Sri Mulyani yang di sampaikan pada pidato Pelantikan E1 tanggal 12/3/2021. Kantor merupakan unit yang digunakan sekumpulan orang untuk melaksanakan pekerjaannya. Tentunya dalam suatu kantor tidak mungkin hanya terdiri dari satu orang pegawai, pastinya ada beberapa orang dalam suatu ruangan. Di KPKNL sendiri ada beberapa seksi dan masing-masing seksi terdiri dari beberapa pegawai. Nah, dari sekumpulan pegawai ini pasti terjadi suatu human relations atau hubungan interaksi antar pegawai baik dari tingkatan jabatan yang lebih tinggi ke yang lebih rendah maupun sama-sama pelaksana. Human relations adalah interaksi antara seseorang dengan orang lain baik dalam situasi kerja atau dalam organisasi kekaryaan. Setiap harinya mau tidak mau pegawai yang satu dengan pegawai yang lain harus bertemu. Jadi betapa pentingya menjaga hubungan baik antar pegawai karena hal ini dapat mempengaruhi kondisi dan lingkungan dalam melaksanakan pekerjaan serta membangun teamwork yang kuat.

Apa hal utama yang menjadi dasar menjaga hubungan yang baik antar pegawai? Tentunya yaitu komunikasi. Komunikasi adalah suatu aktivitas penyampaian informasi, baik itu pesan, ide, dan gagasan, dari satu pihak ke pihak lainnya. Biasanya aktivitas komunikasi ini dilakukan secara verbal atau lisan sehingga memudahkan kedua belah pihak untuk saling mengerti. Dalam lingkungan kerja, peranan komunikasi dalam suatu organisasi sangatlah penting, karena akan membantu terjalinnya hubungan yang baik serta koordinasi yang baik antar sesama pegawai dalam menjalankan pekerjaan sesuai tugas dan fungsi serta mencapai visi dan misi organisasi.

Selain itu, komunikasi dalam lingkungan kerja juga akan memberikan dampak pada peningkatkan motivasi kerja dari pegawai. Bayangkan saja jika ada pegawai yang memiliki hubungan tidak baik dengan pegawai yang lainnya, semisal seperti memiliki dendam pribadi ataupun rasa tidak suka, iri terhadap pegawai lain tentunya akan menyebabkan lingkungan kerja yang tidak nyaman dan berpengaruh pada peningkatan motivasi kerja. Pegawai tidak mau bertegur sapa, kemudian bisa berakibat pegawai jadi malas untuk berada di kantor dan yang sangat fatal akan berpengaruh terhadap tingkat produktivitas pegawai tersebut. Hal ini pada akhirnya juga sedikit banyak akan berpengaruh terhadap capaian target dari suatu kantor.

Kemudian bagaimana caranya agar tercipta human relations yang baik? Sebenarnya hal ini sudah ada pada salah satu nilai Kementerian Keuangan yaitu Sinergi. Sinergi adalah membangun dan memastikan hubungan kerjasama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan, untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas. KPKNL Samarinda pun mempunyai motto SIAP (Sinergi, Integritas, Akuntabel, Profesional) yang menempatkan kata ”Sinergi” sebagai kata pertama pada motto- nya. Dalam hal ini, sinergi yang perlu dibangun yaitu sinergi internal antar pegawai untuk menciptakan sebuah kerja sama yang baik dan menghilangkan ego individu. Pegawai harus menghilangkan rintangan – rintangan komunikasi yang dapat menyebabkan kesalahpahaman satu sama lain.

Peningkatan kinerja sangat bergantung pada pegawai dalam organisasi itu sendiri. Sebagai sumber keberhasilan suatu organisasi, maka keterlibatan dan kinerja pegawai dapat menjalankan atau menghancurkan setiap strategi organisasi. Human relations yang baik dapat dibangun melalui komunikasi yang baik antar pegawai, menghilangkan segala bentuk ego baik ego pribadi maupun ego unit, menumbuhkan rasa saling percaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan membangun teamwork yang solid guna mencapai tujuan bersama yaitu ”Kemenkeu Satu! Kemenkeu Terpercaya!”.

Penulis: Bobby Lusanto/ KPKNL Samarinda

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini