Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
TEMON-CIREBON : Digitalisasi Monev Capaian Kinerja KPKNL Cirebon
Irfan Rachmat Devianto
Kamis, 10 Desember 2020 pukul 14:39:49   |   494 kali


Dalam rangka meningkatkan kualitas manajemen pengelolaan kinerja, sejak awal tahun 2020 KPKNL Cirebon telah mengembangkan salah satu inovasi berupa Sistem Informasi Monitoring Capaian Kinerja KPKNL Cirebon (TEMON-CIREBON). Melalui aplikasi tersebut, pimpinan bahkan seluruh pegawai KPKNL Cirebon dapat memonitor capaian kinerja secara up to date yang dapat diakses setiap saat serta dari mana saja secara online. Aplikasi ini dikembangkan untuk menyediakan informasi data capaian kinerja Kemenkeu-Three yang lebih cepat, akurat, dan terdigitalisasi yang sebelumnya disusun secara manual setiap triwulan.

Penyajian data dan laporan dalam aplikasi ini menggunakan data studio melalui google spreadsheet secara online. Mekanisme update data dilakukan dengan penunjukan PIC yang bertugas melakukan editing data capaian pada setiap seksi sebanyak 7 (tujuh) seksi, dilakukan secara langsung setelah capaian direalisasikan. Data realisasi capaian kinerja tersebut diantaranya berupa realisasi capaian PNBP dari pengelolaan kekayaan negara dan lelang, penyelesaian outstanding piutang negara, realisasi capaian pokok lelang, realisasi utilisasi BMN, realisasi penyelesaian revaluasi BMN, realisasi kualitas pelaksanaan anggaran, dan lainnya dengan jumlah keseluruhan 20 (dua puluh) jenis data IKU.

Data yang telah direaliisasi tersebut selanjutnya diinput dalam aplikasi TEMON-CIREBON melalui menu input data realisasi capaian oleh masing-masing PIC. Data yang diinput oleh masing-masing PIC tersebut selanjutnya secara otomatis akan terekapitulasi pada menu LCK. Selanjutnya PIC Capain Kinerja Kemenkeu-Three (Seksi Kepatuhan Internal) akan melakukan verifikasi dan konfirmasi terhadap data update tersebut kepada masing-masing seksi termasuk juga dokumen sumbernya. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga akurasi dan validitas data realisasi capaian kinerja yang diinput dalam aplikasi TEMON-CIREBON. Dari proses tersebut, secara otomatis akan tersaji data capaian Nilai kinerja Organisasi (NKO) dengan periodesitas data triwulanan yang dapat dilihat grafik perkembangannya setiap mingguan atau bahkan setiap hari.

KPKNL Cirebon melakukan monitoring dan evaluasi kinerja secara rutin setiap hari Senin oleh Kepala KPKNL Cirebon bersama seluruh kepala seksi. Dengan adanya aplikasi TEMON-CIREBON yang menyediakan data real up to date memudahkan proses evaluasi progress capaian kinerja KPKNL Cirebon setiap pekan. Dengan adanya data tersebut pimpinan akan dengan mudah mengevaluasi IKU yang proses pencapaiannya tersendat/belum tercapai serta menyusun strategi untuk pemecahan masalah yang dihadapi agar segera dilaksanakan oleh masing-masing Seksi/PIC.

Aplikasi TEMON-CIREBON menjadi salah satu alat yang sangat bermanfaat dalam mendukung perbaikan manajemen pengelolaan kinerja bagi KPKNL Cirebon. Dengan adanya informasi capaian kinerja yang up to date dan terdigitalisasi memudahkan pimpinan dalam melakukan proses Plan-Do-Check-Act. Plan, Do, Check, Act" (Rencanakan, Kerjakan, Cek, Tindak lanjuti), adalah suatu proses pemecahan masalah empat langkah iteratif yang umum digunakan dalam pengendalian kualitas. PDCA dikenal sebagai “siklus Shewhart”, karena pertama kali dikemukakan oleh Walter Shewhart beberapa puluh tahun yang lalu. Namun dalam perkembangannya, metodologi analisis PDCA lebih sering disebut “siklus Deming”. Hal ini karena Deming adalah orang yang mempopulerkan penggunaannya dan memperluas penerapannya. Namun, Deming sendiri selalu merujuk metode ini sebagai siklus Shewhart, dari nama Walter A. Shewhart, yang sering dianggap sebagai bapak pengendalian kualitas statistis. Belakangan, Deming memodifikasi PDCA menjadi PDSA ("Plan, Do, Study, Act") untuk lebih menggambarkan rekomendasinya. Dengan nama apa pun itu disebut, PDCA adalah alat yang bermanfaat untuk melakukan perbaikan secara terus menerus tanpa berhenti. ,

Dwi Wahyudi berharap aplikasi ini dapat semakin disempurnakan serta tidak hanya menyediakan informasi data capaian kinerja Kemenkeu-Three saja, namun juga dapat mengakomodir dan menyediakan data capaian kinerja masing-masing Kemenkeu-Four dan Kemenkeu-Five seluruh pegawai di lingkungan KPKNL Cirebon.

Penulis : Nanang S. (Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Cirebon)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini