Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Dari Kami Untuk Negeri, Kemenkeu Mengajar 5 Hadir Secara Virtual Dimasa Pandemi
Velient Vinandha
Minggu, 06 Desember 2020 pukul 13:47:02   |   1366 kali

Memperingati hari Guru pada tanggal 25 November lalu, Kementerian Keuangan Kembali mengadakan kegiatan Kemenkeu Mengajar 5 pada tanggal 30 November 2020. Mengangkat slogan “Dari Kami untuk Negeri”, kegiatan ini melibatkan 85 sekolah dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) serta kurang lebih 1.250 relawan pengajar yang tersebar di seluruh Indonesia. Meskipun harus diadakan secara virtual, namun tidak mengurangi semangat para relawan dan peserta dalam mengikuti kegiatan ini. Antusiasme para relawan dan peserta terlihat dari proses persiapan hingga hari H.

Kemenkeu Mengajar terdiri dari panitia penyelenggara, relawan, dokumentasi, dan pengajar. Pegawai Kementerian Keuangan yang berminat melakukan pendaftaran secara online dan nantinya akan dikonfirmasi oleh panitia melalui email. Setelah tim terbentuk, selanjutnya relawan, dokumentasi, dan pengajar akan dikelompokan sesuai sekolah yang ditentukan. Seluruh tim diberikan pengarahan secara virtual mengenai kegiatan serta diberikan materi untuk diajarkan pada hari H. Briefing dilaksanakan pada tanggal 27 November 2020, berisi arahan dan koordinasi bersama seluruh relawan demi kelancaran acara.

Kegiatan dibuka oleh Menteri Keuangan, Ibu Sri Mulyani.Dengan penuh semangat beliau menyampaikan beberapa materi mengenai APBN dan pengelolaan keuangan dengan bahasa yang sederhana. Acara kemudian dilanjutkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Nadiem Makarim, yang turut menyampaikan materi dengan judul “Mengembangkan SDM Unggul Melalui Profil Pelajar Pancasila”. Peserta juga dipersilahkan untuk bertanya secara langsung dengan kedua Menteri, terlihat jelas antusiasme para peserta lewat banyaknya pertanyaan yang menarik dari ditanyakan secara langsung kepada kedua Menteri.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi di masing-masing sekolah. Turut bergabung para pejabat Eselon 2 di Lingkungan Kementerian Keuangan di beberapa sekolah yang telah ditentukan. Para relawan pengajar masuk ke dalam kelas masing-masing dan menyampaikan materi dan games yang telah disiapkan. Materi yang disampaikan oleh para relawan pengajar meliputi pengenalan dan pemanfaatan APBN, nilai-nilai Kementerian Keuangan, dan pengenalan profesi di Kementerian Keuangan. Selain pengenalan materi mengenai Kementerian Keuangan, para perserta dan pengajar juga melakukan beberapa permainan dan quiz interaktif. Seluruh peserta yang terlibat terlihat begitu ceria dan bersemangat mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan. Acara diakhiri dengan penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan guru dan peserta.

Kegiatan Kemenkeu Mengajar ini diharapkan dapat menjadi motivasi yang baik bagi seluruh peserta kegiatan, serta menjadi pengalaman berharga bagi seluruh relawan dan panitia yang terlibat. Diharapkan kegiatan ini dapat terus berlangsung setiap tahun dengan kualitas yang semakin baik serta peserta juga relawan yang semakin meningkat.

Penulis: Regina Ria / Seksi Lelang KPKNL Singkawang

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini