Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Meningkatkan Kualitas Presentasi dengan Power Point yang Menarik
Velient Vinandha
Jum'at, 27 November 2020 pukul 16:02:46   |   3544 kali

Efektivitas dalam presentasi ditentukan dari bagaimana presenter membawakan materi. Selain melatih gaya komunikasi, membuat bahan paparan presentasi juga merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam presentasi. Pemaparan materi juga merupakan bentuk penyampaian materi secara visual. Dengan adanya bahan paparan yang menarik tentu membuat peserta lebih memperhatikan presentasi kita. Pemaparan materi dibuat untuk membantu peserta agar lebih mudah memahami apa yang akan kita jelaskan, dimana apa yang kita bicarakan dapat dilihat secara visual.

Pemaparan materi presentasi bisa dibuat dengan menggunakan tools Power Point. Mempercantik desain Power Point adalah hal penting yang perlu dilakukan agar bahan paparan materi yang kita buat tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga dapat menarik perhatian. Sehingga peserta tertarik dengan presentasi yang kita sampaikan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat desain power point. Pertama, gunakan garis sebagai batas antar komposisi seperti membagi beberapa bagian pada satu halaman untuk beberapa topik bahasan, selain itu penggunaan garis juga bisa digunakan sebagai penekanan pada poin penting pada kata-kata tertentu yang perlu digaris bawahi.

Kedua perhatikan komposisi warna yang digunakan, berikan warna yang memberikan penekanan pada bahasan yang kita sampaikan atau gunakan warna yang melambangkan ciri khas organisasi. Jangan gunakan banyak warna dalam satu desain, cukup gunakan dua sampai tiga warna saja.

Ketiga,gunakan elemen bentuk untuk memperindah tampilan, sampaikan poin-poin materi pada elemen bentuk. Sesuaikan ukuran antar objek, seperti memberikan desain lebih kecil pada lingkaran presentase 50% dibanding dengan lingkaran pada presentase 100% sebagai bentuk penekanan adanya perbedaan antara nilai 50% dengan 100%. Perhatikan tatanan letak dan besar kecil huruf, misalkan memberikan huruf besar pada judul, gunakan juga huruf tebal untuk menekankan kata-kata penting.

Jangan memberikan informasi secara penuh dalam satu slide, berikan ruang kosong untuk memberikan spasi sehingga tampilan tersebut lebih menarik dilihat. Lihat harmoni antar desain yang sudah dibuat, buat desain secara seimbang baik pada gambar warna dan tulisan sehingga informasi yang disampaikan dapat terlihat dengan baik. Untuk mempertegas informasi yang disampaikan tambahkan gambar dan ikon sesuai dengan informasi yang disampaikan, pilih gambar atau foto dengan kualitas foto yang baik jangan menggunakan foto yang blur atau foto dengan resolusi rendah.

Pilihlah font atau gaya huruf yang sesuai, menggunakan terlalu banyak font akan mengkurangi nilai estetik suatu desain gunakan maksimal dua font dalam satu desain secara konsisten. Pada penggunaan tabel dan grafik buat tabel sesimple mungkin. Demikianlah cara membuat presentasi yang menarik dan selamat mencoba.


Penulis: Velient Vinandha/ HI KPKNL Singkawang

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini