Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Semangat Kepahlawanan, Motivasi dan Inspirasi
Ayundari
Jum'at, 27 November 2020 pukul 08:57:57   |   25416 kali

Peringatan Hari Pahlawan merupakan momen penting untuk mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang dan berkorban untuk mewujudkan kemerdekaaan dan menjaga tetap utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu, momen ini dapat sebagai sarana untuk membangun kesadaran guna menjaga dan merawat nilai-nilai perjuangan dalam kehidupan kita.

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa pahlawan merupakan “orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran atau pejuang yang gagah berani”. Semangat dari pahlawan tersebut dapat menjadi teladan kita untuk melewati tantangan dan berkontribusi bagi negeri.

Semangat kepahlawanan sangat relevan dengan kondisi saat ini dan dapat menjadi sarana refleksi bagi kita semua tentang pengorbanan, keteladanan, keteguhan dan optimisme untuk menggapai masa depan yang lebih baik. Sebelum pandemi datang, kita terlena berada pada zona nyaman dimana kita menjalankan aktivitas dengan tenang, nyaman dan tekanan yang datang dapat dilewati dengan baik. Pandemi telah memaksa kita untuk berubah dan bergerak dari zona nyaman kita ke arah masa depan yang lebih baik apabila kita dapat beradaptasi dan mengembangkan diri dengan didukung semangat kepahlawanan.

Semangat kepahlawanan ini dapat dimulai dari pola pikir dan mental kita agar senantiasa terus bergerak dan optimis dalam mencapai visi kehidupan kita dengan penuh integritas. Karena itu, semangat kepahlawanan menjadi motivasi dan inspirasi agar kita terus berpikir dan melakukan hal-hal yang positif serta memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.

Ketidakpastian akan selalu ada dan harus kita hadapi, terlebih dalam kondisi pandemi saat ini. Kita dituntut untuk mampu mengimplementasikan semangat kepahlawanan sehingga dapat keluar dari kondisi ini dengan memiliki kemampuan dan kelincahan beradaptasi secara positif dan tetap teguh dalam menghadapi situasi sulit ini. Dengan semangat tersebut, kita akan lebih tenang dan menghindarkan diri dari kepanikan serta akan menumbuhkan keyakinan untuk dapat terus bergerak dan menyesuaikan diri dengan keadaan yang dihadapi.

Dampak pandemi telah kita hadapi bersama. Kita tidak bisa menolak atau menghindarinya. Kata bijak ini dapat menggambarkan bagaimana kita menyikapi keadaan yaitu “tidak menjadi hal yang penting apa yang menimpamu/terjadi padamu, namun yang penting adalah bagaimana kamu menyikapi hal yang terjadi padamu”.

Cara kita menyikapi keadaanlah yang akan menentukan keberhasilan kita melewati setiap tantangan sehingga kita mampu mengambil manfaat dari dampak yang ditimbulkan oleh pandemi ini. Sulit pastinya, tapi jelas bukan hal yang mustahil. Semangat kepahlawanan menuntut kita untuk memunculkan energi untuk beradaptasi, berubah dan mengembangkan diri dimana tantangan terbesarnya justru berasal dari diri kita sendiri.

Pada kondisi saat ini, pahlawan ada dimana-mana, ada di setiap rumah sakit, ada di setiap kantor, ada di setiap lingkungan dan ada di semua tempat dimana mereka terus bekerja, berjuang dan berkorban dengan penuh integritas dalam menangani penyebaran dan dampak pandemi. Mereka senantiasa berani, optimis dan terus berupaya menuntaskan setiap tugas mulia yang telah mereka mulai dan berupaya melewati tantangan yang dihadapi.

Ketidakpastian akan terus muncul terkait dengan pandemi, paling tidak sampai dengan vaksin ditemukan. Kita tidak bisa sepenuhnya menggantungkan diri pada pemerintah untuk menangani semuanya, masing-masing kita juga harus dapat menata diri dengan perilaku yang bertanggungjawab dan paling tidak menjadi pahlawan bagi diri kita sendiri. Kita dapat mengimplementasikan semangat kepahlawanan dengan mengatur diri kita secara disiplin dan konsisten dengan kebiasaan atau perilaku yang mendukung kebijakan penanggulangan covid ini.
Saatnya kita introspeksi dengan setiap perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar kita terutama dampak pandemi yang sangat besar ke berbagai aspek kehidupan. Semangat kepahlawanan akan dapat memotivasi dan menginspirasi perilaku kita. Setiap orang akan mengalami perubahan perilaku dari situasi ke situasi, dari waktu ke waktu. Tentu kita ingin berubah ke arah yang lebih baik karena perubahan perilaku merupakan perubahan identitas diri seperti apa yang kita inginkan.


Semangat kepahlawanan akan mendorong kita untuk senantiasa berupaya mewujudkan identitas yang memiliki sifat-sifat pahlawan dan tidak hanya sekadar fokus pada hasil yang dicapai. Pahlawan terus berjuang dengan penuh optimisme, berintegritas dan memiliki mental pemenang. Perilaku tersebut harus senantiasa diupayakan menjadi kebiasaan kita karena kebiasaan-kebiasaan yang kita bangun sekarang memungkinkan kita melakukan lebih banyak hal yang lebih baik di masa depan.

Mari kita jadikan semangat kepahlawanan sebagai motivasi, inspirasi dan energi bagi kita untuk mengembangkan diri untuk masa depan yang lebih baik dan memberikan kontribusi yang optimal bagi negeri yang kita cintai. Selamat Hari Pahlawan 10 November 2020. (Penulis Agus Budianta)





Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini