Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata di Era Dominasi Penggunaan Gadget
Velient Vinandha
Senin, 28 September 2020 pukul 16:23:11   |   22110 kali

Wabah covid-19 yang disebabkan oleh virus corona telah menghentikan beberapa kegiatan perekonomian dan kegiatan masyarakat. Kita harus dapat beradaptasi dengan kondisi yang ada untuk dapat terus bertahan dimasa sulit ini. Banyak kebiasaan baru yang harus kita lakukan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan dan sekaligus membantu mengurangi jumlah persebaran virus corona. Salah satunya adalah terus mengikuti protokol kesehatan dengan menjaga jarak antar individu untuk menghindari adanya keramaian.

Tatanan kehidupan baru atau sering disebut dengan new normal adalah salah satu cara untuk beradaptasi di tengah wabah covid-19 ini. New normal merupakan suatu langkah yang dilakukan untuk tetap berproduktivitas dan beraktivitas sebagaimana mestinya dengan tetap melakukan protokol kesehatan. Sebagai contoh adalah mengurangi aktivitas secara langsung dan mengganti kegiatan tatap muka dengan pertemuan secara daring (online). Sebagian besar perkantoran telah menerapkan work from home atau bekerja dirumah secara online sebagai bentuk mitigasi penyebaran virus corona, sehingga pekerjaan yang seharusnya dikerjakan di kantor dan pertemuan rapat dilakukan secara online. Kebiasaan ini tanpa disadari membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu pada perangkat elektronik, dan tentunya sering berinteraksi dengan layar monitor komputer. Hal ini terbukti dengan data bahwa Indonesia telah menduduki peringkat ketiga pengguna sosial media tertinggi se-asia pasifik, yaitu sebanyak 53% penduduk Indonesia aktif menggunakan internet sebagai media komunikasi alternatif. Kondisi ini menyebabkan banyak masyarakat merasakan adanya gangguan pada penglihatan atau dalam istilah kedokteran sering disebut dengan Computer Vision Syndrome(CVS).

Gangguan penglihatan atau CVS ini menimbulkan beberapa keluhan seperti ketegangan pada mata, kelelahan pada mata, mata kabur dan mata kering, bahkan sampai menyebabkan sakit pada bagian leher dan pundak. Penggunaan perangkat elektronik dalam waktu yang lama juga dapat menimbulkan efek samping dalam kesehatan mata, karena sinar biru yang dipancarkan perangkat elektronik seperti komputer dapat merusak kornea mata dan menimbulkan gangguan penglihatan.

Untuk itu sebelum gangguan penglihatan ini menyerang mata kita, lakukan pengecekan kesehatan mata seperti pemeriksaan miopia, hiperopia dan astigmatisme secara rutin. Hal yang sehari- hari bisa dilakukan dalam menjaga kesehatan mata antara lain dengan mengatur jarak pandang ketika menatap komputer sekitar 16-30 inches dengan ketinggian sekitar 20 derajat di bawah mata. Dalam penggunaan komputer sesuaikan kontras layar komputer agar tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup serta gunakan lampu tambahan untuk menambah pencahayaan ruangan. Jangan menggunakan perangkat elektronik dalam keadaan gelap dan gunakan juga kacamata anti radiasi untuk melindungi mata dari sinar radiasi perangkat elektronik.

Menatap komputer dalam jangka waktu yang lama dapat membuat mata lelah, untuk itu kedipkan mata secara rutin setiap 20 menit untuk mengurangi ketegangan mata. Istirahatkan mata dengan memandang objek sejauh 20 kaki atau sekitar enam meter selama 20 detik. Hal ini akan membuat mata menjadi lebih rileks. Mata adalah alat indra utama yang diberikan oleh Tuhan, tanpa mata kita tidak dapat melihat indahnya dunia. Maka sudah menjadi tugas kita untuk menjaga kesehatan mata kita sebagai bentuk syukur terhadap nikmat yang telah diberikan.

Penulis : Velient Vinandha

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini