Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Tetap Aktif dan Produktif di Masa Pandemi
Yenni Ratna Pratiwi
Jum'at, 18 September 2020 pukul 08:25:46   |   19546 kali

Siapa yang pernah menyangka bahwa pandemi COVID-19 masih berlanjut hingga bulan keenam sejak dinyatakan masuk ke Indonesia. Tak dapat dipungkiri, COVID-19 merubah banyak hal. Mulai dari hal sederhana yang biasa kita lakukan sehari-hari seperti saat ini kita harus menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Aktifitas bekerja pun yang tadinya harus di kantor sekarang dilakukan di rumah, begitupun dengan aktifitas lain yang sebelumnya mengharuskan untuk bertatap muka secara langsung sekarang dilaksanakan secara daring/online.

Kondisi demikian, menuntut kita untuk terus menyesuaikan diri. Beradaptasi dengan kebiasaan yang baru salah satunya adalah bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Walaupun harus bekerja dari rumah (WFH) kita harus tetap bekerja secara aktif, produktif, dan kreatif. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap produktif saat berkerja di rumah.

1. Membuat Jadwal Harian

Buat jadwal harian atau daftar pekerjaan yang harus diselesaikan setiap hari. Hal ini akan memudahkan untuk fokus juga dapat digunakan sebagai panduan mana pekerjaan yang sudah dikerjakan dan mana pekerjaan yang harus segera diselesaikan agar tidak ada pekerjaan yang terlewat.

2. Menentukan Ruang Kerja

Agar saat bekerja tetap nyaman dan tidak terganggu, maka pilihlah salah satu sudut ruangan/rumah sebagai ruang kerja secara khusus. Usahakan untuk menggunakan kursi dan meja saat bekerja agar tidak mudah mengantuk atau malas dalam melakukan aktivitas.

3. Disiplin dengan Waktu

Bekerja dari rumah tentunya memberikan jam kerja yang lebih fleksibel.Akan tetapi karena tidak ada pengawasan langsung dari atasan maupun bagian kepatuhan internal, maka pastikan kita bisa disiplin waktu dalam bekerja. Jangan sampai sering meninggalkan pekerjaan untuk urusan lain yang akhirnya menghambat penyelesaian tanggung jawab pekerjaan

4. Jangan Banyak Menggunakan Handphone

Handphone mungkin akan menjadi salah satu sumber godaan tersendiri saat melakukan pekerjaan di rumah. Maka dari itu kita harus berusaha untuk mengendalikan diri dalam menggunakan handphone. Gunakan handphone sewajarnya pada saat jam kerja.

5. Menghirup Udara Segar dan Menjaga Asupan Makan

Sekedar menghirup udara segar untuk pergi ke halaman depan atau belakang rumah dapat membantu menghilangkan kebosanan dengan suasana kerja yang mungkin sedikit monoton. Menjaga asupan makan juga sangat penting untuk menjaga kesehatan. Pastikan sarapan yang baik dan jadwalkan istirahat makan siang sesuai jam istirahat di kantor.

6. Berolahraga

Walaupun saat ini sedang pandemi jangan lupa untuk menyempatkan diri berolahraga. Olahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh.

Semoga tips ini dapat membantu kita untuk tetap aktif, dan dan produktif dalam bekerja.

Penulis : Yenni Ratna Pratiwi

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini