Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Artikel DJKN

Tips Mengoptimalkan Smartphone Saat Work from Home

Senin, 07 September 2020 pukul 10:39:12   |   154 kali

Salah satu upaya pemerintah dalam meratakan kurva persebaran Covid-19 (corona virus disease 2019-red) adalah memberlakukan masa transisi cara kerja baru yaitu bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Hal ini berlaku untuk instansi pemerintah maupun sektor swasta guna memutus rantai penularan Covid-19 dengan meminimalisasi interaksi antar individu. Pemberlakuan WFH memaksa para pekerja dari berbagai sektor beralih dari kantor ke ruang pribadi di tempat tinggal masing-masing untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Adaptasi dalam perubahan cara kerja ini memang penuh tantangan dan memiliki dampak yang berbeda bagi setiap individu. Mau tidak mau, kita memiliki tuntutan untuk menyesuaikan gaya hidup keseharian. WFH tidak harus memakai desktop PC maupun laptop. Namun, kita juga dapat mengoptimalkan fungsi fitur-fitur dan aplikasi pada smartphone sehingga dapat menunjang performa dan produktivitas kerja.

Perhatikan Kesehatan Mata

Intensitas penggunaan smartphone selama masa WFH tentu meningkat dibandingkan selama di kantor karena adanya jam kerja yang fleksibel. Hal ini dapat menyebabkan digital eye strain (DES) apabila terlalu lama terpapar oleh layar digital. Penggunaan smartphone pada siang hari disarankan untuk mengaktifkan dark mode atau mode gelap dan pengaturan kecerahan otomatis yang menyesuaikan dengan tingkat cahaya di sekitar. Apabila penggunaan setelah jam kerja, dapat mengaktifkan night mode atau mode malam untuk menyaring cahaya biru dan meminimalisir ketegangan mata.


Pengaturan untuk Sistem IOS

Pengaturan untuk Sistem Android


Atur Pengingat

Transisi cara kerja mengubah jam kerja kantor yang sebelumnya teratur dan terikat berubah menjadi jam kerja yang lebih fleksibel dimana individu dapat mengatur kegiatannya sendiri selama masa WFH. Namun, hal ini dapat mengakibatkan jadwal kegiatan yang tidak teratur sehingga memerlukan reminder atau catatan kegiatan harian pada smartphone. Smartphone yang menggunakan sistem Android pada dasarnya telah memiliki Google Assistant sedangkan yang menggunakan Sistem IOS memiliki Siri sebagai asisten pribadi secara digital.

Unduh Aplikasi Penunjang Kerja

Adanya kebijakan WFH di tengah pandemi Covid-19 bukan merupakan suatu halangan untuk menyelesaikan pekerjaan. Di era teknologi dan informasi sekarang ini, koordinasi pekerjaan dapat dilakukan secara online. Selain itu, semua mudah dijangkau dalam satu genggaman melalui penggunaan smartphone. Asalkan setiap anggota tim sadar akan keamanan cyber, menjaga komunikasi, dan bertanggung jawab dengan tugas masing-masing maka pekerjaan bisa tetap lancar dan tak perlu bertatap muka.


Limitasi Waktu Penggunaan Aplikasi yang Menghabiskan Waktu

Penggunaan aplikasi pada smartphone diperlukannya limitasi waktu khusunya aplikasi entertainment atau hiburan yang tidak menunjang produktivitas kerja sehingga tidak membuang waktu secara percuma. Dalam sistem Android yang menjalankan versi 9 atau lebih baru akan ada pengaturan “Durasi Layar” dan “Kesehatan Digital”, sedangkan dalam sistem IOS 13 ke atas terdapat pengaturan “Limit Aplikasi” untuk menyetel pengatur waktu penggunaan atau mematikan akses ke aplikasi yang dapat mengalihkan fokus kerja.


Pengaturan untuk Sistem IOS


Pengaturan untuk Sistem Android

Gunakan Perangkat Tambahan Tanpa Kabel

Sebagian besar proses kerja saat ini didukung oleh penggunaan perangkat PC dan/atau laptop. Di sisi lain, penggunaan smartphone tetap diperlukan karena memiliki spesifikasi khusus yaitu menerima panggilan. Menerima panggilan akan lebih fleksibel apabila menggunakan perangkat nirkabel berupa headset atau headphone. Pengisian daya juga akan lebih fleksibel dengan penggunaan wireless charger.

Jaga Kebersihan Smartphone

Ada atau tidaknya pandemi Covid-19 yang melanda dunia, smartphone yang digunakan sehari-hari tetap tidak terlepas dari debu maupun kotoran. Pengguna disarankan untuk menjaga kebersihan smartphone, misalnya secara rutin membersihkan lapisan eksterior smartphone dengan menggunakan kain microfiber dan/atau pembersih isopropil alkohol 70% atau pembersih desinfektan Clorox, serta dapat menggunakan UV sanitizing gadget.

Meskipun WFH, kita harus memanfaatkan sumber daya dan teknologi yang telah tersedia dengan optimal untuk meraih target kerja yang maksimal.

Jadi, sudah maksimalkah penggunaan smartphone Anda untuk bekerja dari rumah?

Penulis: Athika Meliana Dewi, Pelaksana Kanwil DJKN Suluttenggomalut


Referensi:

Scribd.com. “How to turn your phone into the ultimate work from home device”. Diakses dari https://www.scribd.com/article/455917448/How-To-Turn-Your-Phone-Into-The-Ultimate-Work-From-Home-Device (diakses pada tanggal 1 September 2020)

Ncbi.nlm.nih.gov. “Digital eye strain: prevalence, measurement and amelioration”. Diakses dari di https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6020759/ (diakses pada tanggal 1 September 2020)

Wsj.com. “Should You Clean Your Phone to Combat Coronavirus? Definitely... Maybe”. Diakses dari https://www.wsj.com/articles/should-you-clean-your-phone-to-combat-coronavirus-definitely-maybe-11584018237 (diakses pada tanggal 1 September 2020)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |