Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Artikel DJKN

Nilai-Nilai Kementerian Keuangan

Jum'at, 04 September 2020 pukul 16:04:39   |   54 kali

Siapa sih ASN Kementerian Keuangan yang tidak mengetahui apa itu nilai-nilai Kementerian Keuangan? Pastinya seluruh ASN Kementerian Keuangan mengetahui arti nilai-nilai Kementerian Keuangan yang juga menjadi salah satu mata diklat saat Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS sebelum benar-benar resmi menjadi bagian dari Kementerian Keuangan. Nilai-nilai Kementerian Keuangan selalu menjadi bagian yang diucapkan saat apel pagi, siang, maupun malam. Jadi tidak heran jika pegawai Kementerian Keuangan sudah paham betul arti dari nilai-nilai Kementerian Keuangan.

Nilai-nilai Kementerian Keuangan dirumuskan oleh para pejabat yang terdiri dari Menteri Keuangan, Wakil Menteri Keuangan, seluruh pejabat eselon I serta perwakilan pejabat eselon II dari masing-masing unit. Menteri Keuangan pada saat itu, Agus D.W. Martowardojo, melihat bahwa setiap unit di Kementerian Keuangan mempunyai nilai-nilai yang beragam dan berbeda. Oleh karena itu, orang nomor satu di Kementerian Keuangan tersebut khawatir jika setiap unit eselon I berjalan sendiri-sendiri akan menimbulkan citra seolah unit-unit itu tidak menyatu.

Nilai-nilai Kementerian Keuangan yang telah berhasil dirumuskan terdiri dari lima poin penting yang selalu menjadi fondasi bagi pegawai Kementerian Keuangan dalam bekerja. Kelima nilai tersebut adalah:

1. Integritas

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesa (KBBI),integritas mempunyai definisi mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan, kejujuran. Integritas dapat diartikan sebagai dorongan hati nurani untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan tekad yang mulia. Ciri seseorang yang berintegritas ditandai dengan perkataan yang sejalan dengan perbuatan. Apabila seseorang mempunyai integritas yang tinggi, tentunya tidak akan berbeda antara apa yang diucapkan dengan apa yang sebenarnya dilakukan.

Perilaku utama integritas dalam nilai-nilai Kementerian Keuangan, yaitu:

a. Bersikap jujur, tulus, dan dapat dipercaya.

b. Menjaga martabat dan tidak melakukan hal-hal yang tercela

2. Profesionalisme

Profesionalisme adalah sifat-sifat (kemampuan, kemahiran, cara pelaksanaan sesuatu dan lain-lain) sebagaimana yang sewajarnya terdapat pada atau dilakukan oleh seorang profesional. Menurut KBBI, profesionalisme artinya mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang profesional. Profesionalisme disimbolkan dengan tangan mengepal menunjuk ke atas.

Profesionalisme dalam nilai Kementerian Keuangan dinyatakan dengan bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab dan komitmen yang tinggi. Perilaku utama profesionalisme, yaitu:

a. Mempunyai keahlian dan pengetahuan yang luas.

b. Bekerja dengan hati.

3. Sinergi

Sinergi dapat diartikan sebagai kegiatan atau operasi gabungan dari berbagai unsur yang berbeda menjadi satu kekuatan. Sinergi adalah membangun dan memastikan hubungan kerja sama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas. Membangun sinergi berarti membangun jaringan.

Perilaku utama dari nilai sinergi, yaitu:

a. Memiliki sangka baik, saling percaya dan menghormati.

b. Menemukan dan melaksanakan solusi terbaik.

4. Pelayanan

Pelayanan menurut nilai Kementerian Keuangan diartikan sebagai memberikan layanan yang memenuhi kepuasan pemangku kepentingan yang dilakukan dengan sepenuh hati, transparan, cepat, akurat dan aman. Pelayanan publik juga sudah diatur tersendiri dalam Undang-Undang nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Hal ini menjadi bukti bahwa kita sebagai ASN merupakan pelayan masyarakat. Kementerian Keuangan menjadikan pelayanan sebagai salah satu nilai penting juga sebagai bentuk untuk mendukung terciptanya penyelenggaraan pelayanan publik yang prima dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar dan hak sipil setiap warga negara atas barang publik, jasa publik, dan pelayanan administratif.

Perilaku utama dari nilai pelayanan, yaitu:

a. Melayani dengan berorientasi pada kepuasan pemangku kepentingan.

b. Bersikap proaktif dan cepat tanggap.

5. Kesempurnaan

Kesempurnaan di dalam nilai-nilai Kementerian Keuangan adalah senantiasa melakukan upaya perbaikan di segala bidang untuk menjadi dan memberikan yang terbaik. Pada era revolusi industri 4.0 saat ini, semua orang dituntut untuk bisa menggunakan teknologi digital. Mengingat betapa cepatnya perkembangan teknologi dan informasi di Indonesia, khususnya pegawai Kementerian Keuangan yang saat ini diisi oleh kaum milenial, dituntut untuk terus berinovasi dalam segala bidang agar proses bisnis lebih efektif dan efisien.

Perilaku utama dari nilai kesempurnaan, yaitu:

a. Melakukan perbaikan terus menerus.

b. Mengembangkan inovasi baru dan kreativitas.

Seluruh pegawai KementerianKeuangan diharapkan mampu menginternalisasi nilai-nilai Kementerian Keuangan dalam melaksanakan pekerjaan. Internalisasi nilai-nilai Kementerian Keuangan akan mengantarkan para pegawai menjadi pribadi yang bernilai dan akan menghasilkan kinerja yang bernilai. Seperti yang selalu disampaikan oleh Ibu SriMulyani pada setiap kesempatan memberikan pidato atau arahan, “Kalian harus punya integritas! Jangan menaruh price tag yang menyebabkan anda bisa dibeli.”

(Eka Febri N. S. - KPKNL Pangkalan Bun)


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |