Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Artikel DJKN

Kenapa Harus Pembinaan Online (ALABIO)?

Kamis, 03 September 2020 pukul 11:48:12   |   18 kali

Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu berkaitan dengan jaringan internet. Apalagi sekarang kita sedang berada pada masa tatanan normal baru atau New Normal, dimana kita harus menjaga jarak antara yang satu dengan yang lainnya atau sering disebut physical distancing.


Berkaitan dengan hal itu, sekarang kita dipaksa untuk bergerak ke era digitalisasi, dimana semuanya akan menjadi lebih mudah, aman dan praktis. Pengertian digitalisasi sendiri adalah suatu proses mengubah informasi dari format analog ke format digital sehingga memudahkan kita untuk memproduksi, menyimpan, mengelola, dan mendistribusikan data yang ada. Dalam organisasi pun, kita dituntut bisa menciptakan suatu inovasi yang bisa memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien guna pelaksanaan tugas dan fungsi yang lebih optimal.


Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah mempunyai inovasi dalam melaksanakan pembinaan terhadap KPKNL di wilayah kerjanya secara online/daring, yang disebut dengan ALABIO KST. Penamaan aplikasi ini terinspirasi dari sebuah wilayah di Kabupaten Hulu Sungai Utara yang terkenal dengan itik alabionya.


Latar belakang dari penciptaan ALABIO KST ini selain seperti telah disampaikan di atas, juga didasari pada esensi yang terdapat di dalam program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan, yang antara lain adalah penguatan akuntabilitas kerja, penyederhanaan proses bisnis, peningkatan kualitas layanan, dan transformasi digital. Selain itu, penciptaan ALABIO KST tidak bisa lepas dari adanya isu-isu terkini seperti pembinaan yang dilakukan selama ini dirasakan sudah tidak efektif dan efisien lagi, adanya pandemi Covid-19, serta adanya tatanan normal baru dalam kehidupan masyarakat. Dengan hadirnya ALABIO KST diharapkan dapat diambil beberapa manfaat yaitu :

1. Pelaksanaan pembinaan kepada KPKNL yang lebih efektif;

2. Penggunaan anggaran yang lebih efisien dalam melaksanakan pembinaan kepada KPKNL;

3. Peningkatan capaian kinerja yang optimal;

4. Akuntabilitas dalam pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi; dan

5. Pelaksanaan pembinaan kepada KPKNL dengan lebih terukur;


Penggunaan aplikasi ALABIO ini pertama kali diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah, Ferdinan Lengkong, pada tanggal 18 Juni 2020 di aula Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah. Sedangkan uji coba penggunaannya dilaksanakan pada tanggal 25-26 Agustus 2020.

Sebagai penutup, penulis merasa perlu untuk menyampaikan bahwa ALABIO KST telah lulus uji kerentanan dan uji beban yang dilaksanakan oleh Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan. Selain itu ALABIO KST telah dihosting pada server virtual Data Center Kementerian Keuangan dengan alamat https://alabio.kemenkeu.go.id.

Kanwil DJKN KST…Barakat…Barakat…Harat Banar

Penulis : Ellynda Kusuma Anggraeni

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |