Sebagai salah satu unit kerja yang ditunjuk untuk mengikuti penilaian Kantor berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi periode tahun 2020, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pemekasan telah melaksanakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada tanggal 7 Februari 2020.
Sesuai Peraturan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 10 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri
PANRB Nomor 52 Tahun 2014, WBK merupakan predikat yang diberikan
kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan
tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan
penguatan akuntabilitas kinerja. Pada dasarnya pelayanan yang diberikan KPKNL
Pamekasan kepada pengguna jasa/stakeholder selama ini sudah sesuai
dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Namun demikian, predikat
WBK/WBBM bukanlah berdasarkan penilaian sendiri, akan tetapi harus diukur dan
dinilai oleh tim penilai dengan berbagai komponen dan indikator penilaian yang telah
ditentukan.
Untuk mencapai predikat
WBK periode tahun 2020, KPKNL Pamekasan telah membentuk Tim Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK dan WBBM.
Tim ini bertugas untuk melaksanakan pembangunan ZI dengan menerapkan manajemen
perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan
pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan peningkatan kualitas pelayanan
publik yang bersifat konkrit.
Salah satu upaya yang dilakukan oleh Tim Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM KPKNL Pamekasan pada tahapan pembangunan ZI saat ini adalah dengan mengembangkan beberapa inovasi yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan dan mampu menjawab ekspektasi pengguna layanan, baik internal unit maupun eksternal serta masyarakat luas.
Beberapa inovasi yang telah dikembangkan
oleh Tim Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM KPKNL Pamekasan adalah sebagai
berikut:
1. Link WhatsApp
Layanan Informasi KPKNL Pamekasan berbasis WhatsApp yang disingkat dengan Link Whatsapp merupakan layanan yang diberikan guna memenuhi kebutuhan stakeholder dalam rangka mendapatkan layanan informasi Pengelolaan Kekayaan Negara, Penilaian, Pengurusan Piutang Negara, dan layanan Lelang tanpa tatap muka.
Manfaat dari Link WhatsApp adalah
memberikan kemudahan bagi stakeholder dalam memperoleh layanan informasi KPKNL Pamekasan tanpa harus datang ke
kantor, namun cukup berinteraksi melalui aplikasi WhatsApp.
Di masa pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) sekarang ini, Link WhatsApp
cukup membantu dalam pencegahan penyebaran wabah Covid-19.
Dalam pengembangan inovasi ini, perangkat yang disediakan adalah satu unit handphone
yang telah diinstal aplikasi WhatsApp dan terhubung dengan jaringan
internet dengan nomor 0823-3200-3838.
Alur pelayanan melalui Link WhatsApp adalah sebagai berikut:
Output dari Link WhatsApp adalah:
Pemantauan dan evaluasi penggunaan inovasi ini dilakukan secara berkala oleh Penanggung Jawab APT selama masa tugasnya. Keberlanjutan dan pengembangan ke depan adalah membuat Standar Operating Prosedur (SOP) dalam memberikan jawaban via aplikasi WhatsApp dan mengembangkan Link WhatsApp dengan akun bisnis untuk mendapatkan fasilitas boots/jawaban otomatis.
2. Link Google Drive
Layanan Informasi KPKNL Pamekasan berbasis Google Drive yang disingkat dengan Link Google Drive merupakan layanan yang diberikan guna memenuhi kebutuhan stakeholder dalam rangka mendapatkan file/data yang dibutuhkan terkait Pengelolaan Kekayaan Negara, Penilaian, Pengurusan Piutang Negara, dan Lelang secara daring.
Adapun manfaat dari Link Google Drive adalah memberikan kemudahan bagi stakeholder dalam mendapatkan file/data yang dibutuhkan dari KPKNL Pamekasan tanpa harus datang ke kantor, namun cukup mengunduh sendiri secara daring melalui alamat bit.ly/Publik_KPKNL_Pamekasan.
Dalam pengembangan inovasi ini, perangkat yang disediakan adalah komputer atau laptop yang terkoneksi jaringan internet. Tidak timbul biaya untuk inovasi ini, karena masih menggunakan alamat e-mail dan kuota penyimpanan daring gratis dari Google.
Pelaksanaan dan penerapan Link Google Drive adalah sebagai berikut:
Output dari Link Google Drive adalah stakeholder dapat mengakses file/data yang dibutuhkan dari KPKNL Pamekasan tanpa hadir di kantor dan dapat mengakses kapanpun selama memiliki koneksi internet.
Pemantauan dan evaluasi penggunaan inovasi ini dilakukan dengan meng-update file/data sesuai kebutuhan oleh Tim Pengelola Link Google Drive dari masing-masing seksi teknis. Keberlanjutan dan pengembangan ke depan adalah sebagai berikut:
3. Canting (Catatan Penting) KPKNL Pamekasan
Catatan Penting disingkat Canting KPKNL Pamekasan merupakan basis data dan informasi tambahan para pegawai KPKNL Pamekasan, yang digunakan sebagai data dukung pengambilan kebijakan oleh pimpinan serta kebutuhan data para pegawai pada saat yang penting dan mendesak. Basis data dan informasi tambahan dimaksud antara lain berupa riwayat kesehatan, kondisi finansial, kondisi anggota keluarga, kondisi fasilitas kesehatan setempat, dan lain-lain. Basis data dan informasi tambahan tersebut bersifat terbatas dan hanya tersedia untuk Kepala Kantor, Kepala Subbaggian Umum, Kepala Seksi Kepatuhan Internal, dan staf yang bertugas di bidang kepegawaian KPKNL Pamekasan (Pemangku Kepentingan).
Adapun manfaat dari Canting KPKNL Pamekasan adalah:
Dalam pengembangan inovasi ini, perangkat yang disediakan adalah komputer atau laptop yang terkoneksi jaringan internet sebagai alat penyusun aplikasi. Tidak timbul biaya untuk inovasi ini karena alat bantu yang digunakan merupakan free version atau gratis.
Pelaksanaan dan penerapan Canting KPKNL Pamekasan adalah sebagai berikut:
Output dari Canting KPKNL Pamekasan adalah Pemangku Kepentingan mendapatkan basis data dan informasi tambahan seluruh pegawai KPKNL Pamekasan.
Pemantauan dan evaluasi penggunaan inovasi ini dilakukan dengan melakukan perbaikan dan updating basis data dan informasi seluruh pegawai KPKNL Pamekasan oleh Tim Pengelola Canting. Keberlanjutan dan pengembangan ke depan adalah sebagai berikut:
4. Layanan Quick Respon Subbagian Umum
Layanan Quick Respon Subbagian Umum merupakan layanan pengaduan yang digunakan oleh pengguna layanan internal KPKNL Pamekasan. Layanan ini mempunyai norma waktu layanan maksimal 1 hari kerja. Namun apabila layanan tidak dapat dilaksanakan dalam 1 hari kerja, maka akan diberitahukan lebih lanjut melalui aplikasi WhatsApp kepada pengguna layanan.
Jenis keluhan yang dapat disampaikan dalam layanan ini adalah:
Adapun manfaat dari Layanan Quick Respon Subbagian Umum adalah:
Dalam pengembangan inovasi ini, perangkat yang disediakan adalah komputer atau laptop yang terkoneksi jaringan internet. Tidak timbul biaya untuk inovasi ini, karena masih menggunakan alamat e-mail dan kuota penyimpanan daring gratis dari Google.
Alur pelayanan melalui Layanan Quick Respon
Subbagian Umum adalah sebagai berikut:
Output dari Layanan Quick Respon Subbagian Umum adalah tindak lanjut atau penyelesaian atas keluhan yang disampaikan pengguna layanan.
Pemantauan dan evaluasi penggunaan inovasi ini dilakukan langusng oleh Kepala Subbagian Umum dan sekaligus oleh Kepala Kantor. Keberlanjutan dan pengembangan ke depan adalah menjadikan aplikasi layanan quick respon ini tidak hanya untuk internal unit, tetapi juga untuk seluruh pengguna layanan KPKNL Pamekasan.
Harapan ke depan adalah semakin dapat disempurnakannya inovasi-inovasi tersebut di atas, sehingga kualitas pelayanan yang diberikan kepada stakehoder dan masyarakat luas akan semakin baik. Tujuan utamanya adalah peningkatan kualitas pelayanan publik menuju pemerintahan yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).
Naskah: Kepala Kantor & Kepala Seksi Hukum dan Informasi
Narasumber: Tim Inovasi KPKNL Pamekasan