Artikel DJKN

Tips Kreatif Mengisi Waktu Libur Selama WFH

Selasa, 12 Mei 2020 pukul 11:21:28   |   454 kali

Work From Home (WFH) mendadak menjadi kalimat yang sering terdengar sekarang ini, semenjak Presiden Joko Widodo mengimbau adanya physical distancing, salah satunya bekerja dari rumah guna mencegah penyebaran corona virus disease atau lebih dikenal dengan Covid-19. Sebagian besar pegawai mungkin berpikiran apa yang harus dilakukan selagi tinggal di rumah, apalagi yang cuma tinggal di kontrakan dengan ukuran kamar 5 x 4 meter seperti saya karena posisi kantor bukan di domisili namun berada jauh di perantauan. Mereka yang biasa melakukan pekerjaan di kantor, biasa bertemu rekan kerja, bertemu stakeholders, dan bekerja lapangan pasti mendadak bingung atau bahkan kaget.

Mengubah rutinitas di tengah kondisi sulit akibat pandemi Covid-19 memang tidak mudah. Mengatasi rasa cemas dan was-was pun membuat kita sendiri kadang merasa tidak nyaman. Kita semua pun berharap semua keadaan akan segera membaik seperti sediakala.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya kita mulai menyesuaikan untuk melaksanakan pekerjaan kantor secara remote menggunakan teknologi yang ada. Rapat-rapat dilakukan secara online melalui video conference, pekerjaan surat menyurat dilakukan secara elektronik telah menjadi makanan sehari-hari pegawai yang menjalankan WFH.

Dalam masa seperti ini, banyak kebiasaan kita yang berubah dan seakan dituntut menjadi lebih kreatif. Jika biasanya makan siang di kantor, pergi ke kantin, rumah makan, ataupun membeli makanan lewat ojek online, namun sekarang banyak teman yang mulai belajar memasak, membaca resep-resep masakan cita rasa tradisional maupun resep masakan mewah ala restoran waralaba bahkan sampai membeli peralatan masak lewat aplikasi jual beli online. Hal ini dilakukan sekadar untuk mengisi waktu luang dengan mencoba berbagai resep masakan dan dipraktikkan sendiri di rumah.

Atau, apabila belum menemukan ide untuk mengisi waktu luang diantara pekerjaan yang dilakukan di rumah cobalah kembali menggali hobi Anda. Menurut saya, ini adalah berbagai kegiatan yang menyenangkan dan bisa dilakukan selama WFH yaitu:

Fotografi/videografi

Apabila Anda mempunyai hobi yang sama seperti saya, yaitu fotografi/videografi maka kesempatan ini bisa digunakan untuk mendalami hobi. Ambil kembali kamera ataupun peralatan fotografi sekadar untuk membersihkan bagian-bagian kamera atau lensa dengan kain khusus dan peralatan pembersih kamera serta lensa yang banyak dijual. Membaca dan mencari ide fotografi, teknik-teknik fotografi sekaligus mempraktikkannya dengan mencari objek disekitar rumah. Contohnya, bagi Anda yang menyukai foto mikro, Anda bisa memotret kupu-kupu, serangga, bunga, miniatur mainan/diecast dan lain sebagainya. Bahkan saya menambahkan sebuah gimbal/stabilizer kamera untuk lebih mengolah skill videografi. Belajar tutorial videografi secara autodidak bisa dilakukan melalui Youtube dan belajar aplikasi editing/rendering video bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Setelah itu, Anda bisa menggunggah pada platform media sosial, jumlah like/view bisa menjadi ukuran keberhasilan belajar Anda.

Otomotif

Kesempatan ini bagus digunakan untuk merawat kendaraan Anda baik motor maupun mobil. Cek bagian kendaran seperti ban, aki, lampu lampu, minyak rem, serta hal-hal kecil yang bisa kita lakukan sendiri tanpa pergi ke bengkel. Selain itu mencuci kendaraan bagi sebagian pria adalah suatu kesenangan tersendiri. Mulai dari mencuci dengan sabun, mengelap, dan mengeringkan sisa air maupun memoles bodi kendaraan dengan cairan khusus. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan menyedot debu dalam kabin dengan vacuum cleaner, menyemprot pengharum, dan membersihkan dashboard. Bagi sebagian besar pemilik kendaraan, melihat kendaraannya mulus dan mengkilap akan merasa sangat bangga dan puas.

Bersih-bersih rumah

Bagi sebagian orang berbenah ataupun kegiatan membersihkan rumah merupakan sebuah hobi. Bagi bujangan (tinggal sendirian) di kontrakan terkadang kegiatan ini luput dari pengamatan. Pada saat kondisi normal, kita terlalu sibuk bekerja, berangkat kerja mulai pagi hari dan pulang sudah larut malam sehingga lupa akan kegiatan ini. Mulailah dengan menyapu rumah/kamar, mengepel lantai setelah itu mulailah melihat bagian rumah yang berantakan. Melipat selimut, membersihkan kasur, menata kembali baju-baju dalam lemari, menata perkakas dapur dan membersihkannya, menyikat kamar mandi dan jamban, merapikan buku-buku di rak, menata meja dan sepatu yang sering tergeletak sembarangan. Rumah yang rapi membuat kita nyaman untuk berkegiatan dan beristirahat.

Bermain game dan menonton film

Bermain game menjadi salah satu hal menyenangkan untuk sebagian orang. Banyak game-game yang bisa menyita waktu sehingga anda tidak bosan dirumah. Game strategi dan online seperti Gun Of Glory (membuat kerajaan) bahkan game yang bisa menghasilkan uang karena banyak perlombaan seperti Mobile Legend, PUBG dan lain sebagainya. Sedangkan yang hobi menonton film baik bioskop maupun serial sekarang banyak situs ataupun aplikasi online yang memanjakan mereka. Mulai dari drama Korea sampai dengan film-film Hollywood semua tersedia tinggal siapkan kuota data anda.

Belanja/Jualan Online

Banyak yang menggunakan kesempatan ini dengan belanja online, apalagi wanita maupun ibu-ibu yang tidak bisa pergi ke mal. Belanja dari baju sampai peralatan rumah tangga tinggal sekali klik. Namun banyak juga yang sekadar melihat-lihat memasukkan keranjang tapi tidak membeli bagi mereka itu sudah merupakan kepuasan. Ada pihak yang lebih jeli menggunakan aplikasi ini dengan berjualan. Menambah penghasilan dengan menjual barang-barang hobi yang sudah tidak terpakai, maupun hasil prakarya seperti jahitan baju atau rajutan adalah hobi yang menghasilkan.

Ibadah

Bagi umat muslim, saat bulan Ramadan ini bisa digunakan untuk memperdalam ilmu agama dengan membaca ayat-ayat suci Al-Quran. Bagi umat Nasrani membaca Alkitab dan bagi semua pemeluk keyakinan, acara forum/kajian online bisa diikuti melalui Youtube atau live streaming lainnya.

Namun, perlu diperhatikan ini dilakukan di waktu luang WFH karena pada dasarnya WFH bukan liburan. Bagaimana? lumayan bervariatif bukan ide-ide di atas? Anda boleh mencari kegiatan lain yang kreatif sehingga lebih semangat menghadapi kondisi sekarang ini. Tetap jaga kesehatan dan selalu berdoa.


(WDP) - Kanwil DJKN Suluttenggomalut

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.