Artikel DJKN

Yuk Intip Eksotisnya Pesona Pulau Mentawai

Rabu, 16 Oktober 2019 pukul 08:53:42   |   353 kali

Kepulauan Mentawai merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Meski gempa sering menyambangi Mentawai, Pulau ini menyimpan banyak pesona yang membuat kita harus memasukkannya ke bucket list untuk destinasi liburan. Selain terkenal dengan keunikan budaya yang masih terjaga, Mentawai mempunyai pesona pantai yang eksotis dan ombak-ombaknya yang cantik. Posisinya yang langsung menghadap Samudera Hindia membuat kepulauan ini memiliki ombak besar yang konsisten sehingga menjadikannya surga bagi para Perselancar dunia dan masuk jajaran Ombak terbaik dunia.

Salah satu tempat yang recommended adalah Tuapejat. Tua pejat adalah salah satu dari 4 (empat) pulau utama Kepulauan Mentawai yang berpenghuni. Untuk dapat menuju ke Tuapejat sebaiknya menggunakan kapal cepat (memakan waktu 4 jam perjalanan), kapal melayani rute Padang-Tuapejat dengan jadwal kapal 3 (tiga) kali seminggu. Di Tuapejat sendiri banyak penginapan serta wisma-wisma yang dapat kita sewa dengan harga terjangkau (mulai dari Rp. 300.000,-)

Ada beberapa pilihan tempat wisata pantai yang menarik yang mudah dijangkau dari Tuapejat:

1. Pantai Jati - Pantai jati berada 700 meter dari Dermaga Tua Pejat , dengan berjalan kaki kita dapat menikmati wisata pantai Jati. Pantai Jati juga merupakan tempat wisata bagi masyarakat setempat. Sore hari banyak warga yang memanfaatkan pantai ini sebagai lokasi bersantai-santai.

2. Pantai Mapadeggat - Pantai Mapadeggat berjarak sekitar 5 kilometer dari Dermaga Tuapejat. Pantai ini merupakan salah satu spot untuk berselancar, pantai ini terkenal dengan ombaknya yang bulat dan panjang seperti teleskop. Untuk sampai ke Pantai Mapadeggat dapat menggunakan ojek atau menyewa motor (harga sewa motor Rp.100.000 perhari).

3. Pulau Aloita - Untuk dapat mengunjungi Pulau Aloita, wisatawan harus menyewa boat milik nelayan disekitar Dermaga Tuapejat(harga sewa berkisar Rp.700.000,-/hari). Memakan waktu 15 menit dari Dermaga Tuapejat, wisatawan disambut hamparan pasir putih dan pantai berwarna biru muda yang jernih. Disini wisatawan dapat berenang dan berselancar. Pulau Aloita merupakan pulau andalan parwisata Kepulauan Mentawai karena dipulau ini terdapat resort berkelas yaitu Aloita Resort. Jadi kalau ingin menikmati Pesona Pulau Aloita lebih lama kita dapat menyewa fasilitas di Aloita Resort. Dan perlu diingat, resort ini mempunyai kamar terbatas sehingga pengunjung yang ingin menginap harus memesan satu bulan sebelumnya.

4. Pulau Awera - Pulau Awera berada tidak jauh dari Pulau Aloita, namun kita tetap harus menggunakan boat untuk menuju Pulau ini. Pulau Awera mempunyai pantai dengan air biru kehijauan serta mempunyai banyak trumbu karang. Pantai di Pulau Awera mempunyai air yang tenang sehingga cocok untuk snorkeling dan diving. Dipulau ini tersedia Resort Awera dan juga resort-resort kecil yang disediakan penduduk disekitar dipulau ini.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung Ke Kepulauan Mentawai sebaiknya mengetahui waktu yang tempat. Untuk dapat berselancar sebaiknya wisatawan datang pada bulan April sampai September karena ombak di Kepulauan Mentawai sampai pada puncaknya.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mengunjungi Mentawai? (Teks/poto: Ayu)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel