Artikel DJKN

Lelang dengan Platform e-Marketplace Auction Perbandingan antara eBay dan e-Auction (lelang.go.id)

Rabu, 15 Mei 2019 pukul 09:16:21   |   687 kali

Lelang dengan Platform e-Marketplace Auction

Perbandingan antara eBay dan e-Auction (lelang.go.id)

Oleh: Margono Dwi Susilo dan Mirza Prasetya

1. Gambaran Umum ebay Auction

Ebay auction, merupakan aplikasi pelayanan lelang yang disediakan oleh perusahaan berbasis di Amerika Serikat dengan melalui situs https://www.ebay.com. Di Indonesia khususnya, untuk pelayanan lelang disediakan disitus https://ebay.blanja.com yang merupakan marketplace joint - venture antara ebay dan Telkom Indonesia, yang proses dan metode pengaplikasiannya sama dengan https://ebay.com .

Selain auction only, ebay juga menyediakan proses penjualan dengan metode auction - style listings with a buy it now, yaitu pilihan untuk mengikuti lelang atau membeli langsung barang yang ditawarkan tanpa harus menunggu proses lelang berakhir. Ebay auction dianggap sebagai salah satu promotor lelang online dan merupakan yang terbesar di dunia. Barang yang dilelang pun sebagian besar adalah barang bekas pakai (used items). Sistem lelang yang dilakukan pun sama seperti lelang pada umumnya yaitu menetapkan penawar tertinggi sebagai pemenang lelang, dan pemenang lelang wajib membayar sesuai dengan nilai penawaran terakhir.

Halaman depan situs ini menampilkan beberapa kategori barang lelang meliputi barang bergerak seperti kerajinan tangan, buku, kamera, komputer hingga perhiasan. Sedangkan untuk barang tidak bergerak seperti rumah tidak ditampilkan disitus lelang ebay Indonesia, namun untuk ebay.com menyediakan lelang barang tidak bergerak seperti rumah, hanya saja mereka bermitra dengan Balai Lelang Sotheby’s yang berpusat di new York.

2. Sistem Lelang

Lelang adalah penjualan barang yang melibatkan Penjual dan Pembeli. Dalam proses lelang, Ebay sebagai pemilik e-marketplace auction hanya menyediakan wadah elektronik agar transaksi lelang dapat berlangsung secara cepat, nyaman dan aman. Selebihnya Penjual dan Pembeli yang berkuasa. Dengan demikian legalitas barang lebih dibebankan kepada para pihak dengan prinsip self assesment.

Penjual yang ingin menjual barangnya melalui situs ebay wajib membuat keanggotaan terlebih dahulu di Ebay. Calon Penjual harus mencantumkan nama lengkap, alamat, e-mail yang valid dan beberapa informasi lain yang dibutuhkan oleh ebay. Pilih nama akun yang baik. Ebay dapat memilihkan nama akun untuk Anda, namun untuk berjualan, akan lebih baik jika Anda menggunakan nama yang menarik pembeli. Hindari nama yang ofensif atau "menjatuhkan" citra barang yang akan Anda jual. eBay tidak mengizinkan alamat web dan alamat email sebagai nama pengguna, juga tidak mengizinkan nama yang mengandung kata "ebay". Aturan ini menghindari penyalahgunaan oleh pengguna yang ingin mengaku-aku sebagai pegawai eBay, atau mengarahkan pengguna pada situs lain yang reputasinya dipertayakan lewat eBay. Karena sudah banyak orang yang berjualan di eBay, periksalah apakah nama yang Anda inginkan sudah tersedia, dan siapkan nama alternatif jika nama yang Anda inginkan sudah dipakai. Anda bisa mengganti nama pengguna Anda belakangan. Namun demikian, Anda hanya bisa melakukannya sekali dalam 30 hari, dan jika Anda melakukannya terlalu sering, Anda bisa kehilangan pelanggan.

Jika calon Penjual sudah memiliki account Ebay, silakan lakukan langkah-langkah di bawah ini dan langsung menuju bagaimana caranya membuat listing atas produk-produk Anda.

1. Buka browser favorit Anda dan masukkan alamat http://www.ebay.com. Jaringan Ebay sangat banyak dan tersedia di berbagai negara, namun sayangnya Indonesia belum ada pada daftar tersebut.

2. Pilih link Register pada halaman pertama tersebut, Anda akan dibawa menuju form isian untuk diisi.

3. Masukkan semua informasi yang dibutuhkan secara lengkap dan benar, jangan pernah untuk menuliskan informasi yang salah ataupun tidak valid, ini sangat penting bagi Anda apabila ingin menjadi seorang penjual yang memiliki reputasi baik.

4. Pastikan Anda sudah membaca dan meneliti isi dari terms of service dari Ebay, kemudian lanjutkan.

5. Sesaat setelah Anda selesai dengan isian form tersebut, maka silakan cek e-mail yang Anda gunakan tadi. Silakan konfirmasi email tersebut dengan cara melakukan klik pada link yang diberikan untuk mengaktivasi account Anda.

Namun sebelum anda benar-benar efektif berjualan maka terlebih dahulu harus membuat payment account. Payment account adalah sebuah metode dimana Penjual akan menerima pembayaran atas barang-barang yang sudah laku dijual. Saat ini banyak pihak merekomendasikan penggunaan Paypal sebagai alat penerima pembayaran tersebut. Paypal adalah sebuah payment gateway terpeercaya dan sudah bisa digunakan untuk wilayah Indonesia. Selain untuk menerima pembayaran, Anda juga dapat mengirimkan pembayaran melalui Paypal. Paypal membutuhkan proses registrasi yang sama dengan Ebay, gratis dan prosesnya sangat cepat. Yang perlu Anda siapkan adalah menyiapkan kartu kredit Anda dan rekening Anda di Bank yang ada di Indonesia. Anda dapat melakukan pengaturan rekening bank dikemudian hari, namun yang paling wajib adalah Anda harus memiliki rekening kartu kredit. Mengapa dibutuhkan kartu kredit? karena Paypal akan melakukan charge kepada kartu kredit Anda sebesar $1,95 untuk setiap aktivasinya.

Selebihnya, Penjual harus melakukan riset pasar di ebay, barang apa yang paling banyak dijual. Jika Penjual mempunyai barang yang unik maka itu akan sangat membantu. Buat Judul barang tidak lebih dari 55 karakter dan buatlah deskripsi yang jelas, singkat namun sangat detail terhadap barang yang ingin dipasarkan. Misal jika Penjual akan menjual uang kuno sebutkan tahun emisi, dari negara/kerajaan mana, bahan mata uang, kondisi mata uang, dimensi, warnanya, diskripsi historis dari pakar dan sebagainya.

Tambahkan foto ataupun gambar-gambar yang mendukung penjualan Anda. Hal ini akan sangat membuat pembeli semakin yakin bahwa barang inilah yang mereka cari. Harap diingat bahwa Ebay akan men-charge Anda apabila lebih dari 1 foto, artinya foto kedua akan dikenakan biaya sebesar $0,15 per-foto

Selanjutnya dari sisi Pembeli di Indonesia, dapat mengikuti lelang melalui akun ebay.blanja.com dengan memilih barang yang ingin dibeli, spesifikasi barang lelang disediakan di situs lelang, sehingga pembeli dapat mengetahui kondisi dan fitur yang ada pada barang yang dilelang, selain itu pembeli juga dapat melihat proses pengiriman barang yang dibeli.

Penawar harus memiliki deposit yang mencukupi diakun ebay sebelum mengikuti proses lelang, deposit ini digunakan sebagai jaminan saat mengikuti proses lelang dan akan dikembalikan ketika proses lelang berakhir. selain itu deposit lelang tidak bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Setelah mengisi deposit, pembeli dapat mengikuti proses lelang dengan memasukkan nilai penawaran pada barang yang dilelang kemudian menyetujui perjanjian dan persyaratan lelang. Jangka waktu lelang bersifat fleksibel artinya penjual bisa mengatur berapa lama waktu lelang akan dibuat, dan apabila sampai batas akhir masa lelang telah selesai, makan penawar terakhir dengan nilai penawaran tertinggi yang akan menjadi pemenang lelang. Pemenang lelang harus melunasi total harga produk berikut biaya kirim barang apabila pengiriman barang tidak diberikan fasilitas gratis oleh Penjual. Apabila pemenang lelang tidak melakukan pelunasan atas produk lelang yang dimenangkan dalam waktu 2x24 jam, ebay akan menahan deposit yang sudah dimasukkan.

3. Harga Lelang

a. Start price

Harga pembukaan barang yang akan dilelang yang ditentukan oleh penjual.

b. Current price

Harga penawaran tertinggi yang sedang berlangsung terhadap suatu barang lelang, pada satu periode lelang.

c. Minimum bid price

Harga penawaran minimum yang tawarkan oleh pelelang berdasarkan nilai pasar wajar yang ditentukan terhadap suatu barang yang dilelang.

d. Bidding price harga penawaran

Harga penawaran tertinggi yang bersedia dibayarkan oleh penawar terhadap suatu barang lelang.

e. Buy It Now

Membeli langsung barang tanpa melakukan penawaran.

4. Sistem pembayaran

Deposit yang ditahan oleh ebay akan dikembalikan ketika proses lelang sudah berakhir dan pemenang lelang sudah melunasi total harga produk (bagi pemenang lelang), atau pembeli lain sudah sukses mengajukan penawaran yang lebih tinggi. Namun apabila pemenang lelang tidak melakukan pelunasan atas produk lelang yang dimenangkan dalam waktu 2x24 jam, ebay akan menahan deposit yang sudah dimasukkan. Sistem pembayaran yang digunakan pada ebay adalah paypal yang merupakan sistem pambayaran online yang memiliki keamanan yang baik. selain itu pemenang lelang dapat melakukan pembayaran menggunakan debit atau credit card.

5. Pembatalan Pesanan

Pembeli dapat meminta pembatalan pesanan sebelum pengiriman Internasional terjadi dari negara asal produk ke Indonesia. Tetapi, jika pembeli sudah membayar mentransfer kepada pihak ebay, pembeli harus menanggung biaya pengiriman pengembalian produk dan biaya penanganan pengecekan produk di gudang internasional ebay.

6. Pendapatan ebay auction

a. Biaya transaksi menerima pembayaran online,yang dikenakan sebesar 2,4 % – 3,4 % + USD 0,3 per pembayaran.

b. Iklan

7. Keuntungan Menggunakan ebay

a. produk barang dan jasa yang ditawarkan beragam dan lengkap.

b. metode pembayaran beragam mulai credit card, pembayaran debit, dan metode pembayaran online melalui paypal.

c. tersedianya pilihan buy it now, yang memungkinkan penawar dapat membeli langsung barang yang diinginkan tanpa tanpa harus mengikuti proses sapai waktu lelang ditutup.

d. pembeli memperoleh jaminan/garansi keamanan terhadap barang yang dibeli, bahwa barang yang dibeli akan sampai ke tujuan. dan bisa meminta uang kembali apabila barang tidak sampai.

e. Cakupan wilayah secara global ke seluruh dunia, dan tidak terbatas oleh waktu.

8. Skema Perbandingan e-Auction dan ebay.

Persamaan E-Auction DJKN dan ebay

No.

Kategori

e-Auction

ebay

1

Jenis Transaksi

Penjualan

Penjualan

2

Proses Bisnis

Lelang

Lelang

3

Pemenang

Harga tertinggi

Harga tertinggi

4

Uang jaminan

Ada

Ada

5

Sanksi pembeli

Ada

Ada

6

Bentuk pasar

Platform elektronik

Platform elektronik

7

Aspek teknis

Aplikasi berbasis internet

Aplikasi berbasis internet

Perbedaan E-Auction DJKN dan ebay

No.

Kategori

e-Auction

ebay

1

Fungsi Aplikasi

Bidding dan Manajemen Uang Jaminan

Pasar lelang terintegrasi

2

Penentuan Legalitas

Official assessment

Self assessment

3

Model Transaksi

B to C (KPKNL ke Pembeli)

C to C (Penjual ke Pembeli)

4

Jenis Lelang

Eksekusi, Noneksekusi Wajib dan Sukarela

Noneksekusi Sukarela

5

Sifat Barang

Bergerak atau tidak bergerak

Bergerak

6

Permohonan Lelang & Syarat Lelang

Masih manual kepada KPKNL

Langsung ke Marketplace

7

Pengumuman Lelang

Tersendiri (Koran, Selebaran)

Upload data merupakan pengumuman lelang

8

Wilayah Kerja

Sesuai Wilayah Kerja KPKNL atau PL

Global

9

Otoritas

Pejabat Lelang

Administrator

10

Bukti Transaksi

Risalah Lelang

Invoice, billing dll

11

Pengiriman Barang

Belum

Sudah

12

Penjadwalan Lelang

Penetapan Tertulis

Auction Day secara terjadwal

13

Jangka waktu penawaran

Ditentukan

Flexible oleh Penjual

14

Jangka waktu pelunasan

5 hari kerja

2x24 jam

9. Kesimpulan

Pada hakekatnya aplikasi lelang (e-Auction) dengan domian: www.lelang.go.id yang dimiliki Kementerian Keuangan merupakan e-marketplace auction. Namun jika dibandingkan dengan situs jual beli on-line yang melaksanakan lelang, dalam hal ini ebay, maka terdapat beberapa persamaan, dan perbedaan yang cukup besar. E-Auction maupun ebay sama-sama merupakan e-marketplace auction, namun dalam perkembangannya ebay menggunakan cara selain lelang, seperti buy it now. Ada 14 perbedaan antara keduanya, yang jika diuraikan sebagai berikut:

Perbedaan yang prinsip diantaranya: pertama penentuan legalitas objek lelang. E-Auction menganut prinsip official assesment karena KPKNL/Pejabat Lelang yang menentukan apakah suatu barang bisa dijual atau tidak. Sedangkan di ebay legalitas barang diserahkan pada Penjual. Hal ini wajar mengingat objek yang dilelang merupakan barang bergerak.

Perbedaan kedua terletak pada model transaksi. Dalam e-Auction, walaupun pemohon lelang selalu dianggap sebagai penjual, namun saat penjual sudah mengajukan permohonan lelang ke KPKNL, maka masyarakat dan sistem aplikasi akan menganggap KPKNL yang melakukan penjualan. Dalam istilah marketplace hal ini disebut model transaksi B to C. Sedangkan lelang di ebay menganut model transaksi C to C, artinya memang para pihak yang bertransaksi, sedang ebay hanya menyediakan platform elektronik saja. Model transaksi ini menjadikan Penjual mempunyai keleluasaan untuk mengatur sendiri jadwal lelang dan durasi penawaran lelang. Oleh karena itu ebay berkembang menjadi pasar lelang elektronik terintegrasi kelas dunia, sedangkan e-auction, sejauh regulasi yang ada, hanya untuk proses bidding dan menajemen uang jaminan.

Perbedaan ketiga adalah otoritas pengesah transaksi lelang. Dalam e-Auction otoritas tersebut dibebankan pada figur Pejabat Lelang. Sedangkan dalam sistem lelang di ebay otoritas tersebut diambil oleh sistem elektronik. Perbedaan ketiga ini memicu munculnya perbedaan selanjutnya yang sangat esensial, yaitu wilayah kerja. Dalam e-Auction wilayah kerja lelang ditentukan oleh yurisdikasi KPKNL dan Pejabat Lelang selaku Pejabat Umum. Harus mempunyai wilayah kerja tertentu. Sedangkan sistem lelang diebay mempunyai wilayah kerja global.

Perbedaan keempat aspek publikasi. Dalam e-Auction, uploud data di aplikasi bukan merupakan publikasi formal, masih diperlukan publikasi formal berupa pengumuman di koran yang sejauh ini berbiaya mahal. Sedangkan ebay menerapkan prinsip publisitas sederhana, yaitu aploud data ke aplikasi merupakan pengumuman lelang.

Perbedaan kelima adalah bukti transaksi lelang. E-Auction menganut pakem yang idealis bahwa semua transaksi lelang harus dibuktikan dengan Risalah Lelang yang setara dengan akta otentik. Sedangkan ebay, karena objek yang dijual melulu merupakan barang bergerak dan sifat noneksekusi, maka bukti transaksi lelang sesuai kebutuhan dalam jual beli e-commerce.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.