Artikel DJKN

SEROJA - Semangat, Energik, Ramah, Optimis, Jujur dan Amanah

Jum'at, 21 Juli 2017 pukul 11:35:19   |   4594 kali

Salam Seroja,

Seroja adalah Motto KPKNL Dumai yang di kukuhkan pada akhir tahun 2016. Kita mungkin sudah sering mendengar kata "Seroja", ditambah ada sebuah lagu yang dipopulerkan oleh Said Effendi hingga iramanya menggaung ke negara-negara tetangga. Lagu Seroja juga pernah dibawakan oleh Iis Dahlia.

Bahkan beberapa tahun lalu kembali menggema melalui film Laskar Pelangi besutan sutradara kenamaan Mira Lesmana yang diadopsi dari buku Best Seller karya Andrea Hirata. Namun demikian belum banyak yang tahu bagaimana bentuk bunga Seroja itu sendiri.

Seroja “The Sacred Lotus” atau Lotus dengan nama ilmiah Nelumbo Nucifera adalah tumbuhan air yang berasal dari kawasan India. Tanaman Seroja terlihat mirip dengan tanaman Teratai.

Meskipun mirip tapi sesungguhnya keduanya sangatlah berbeda. Teratai memiliki daun lebar seperti tampah yang mengapung di atas air. Sedangkan Seroja batang daunnya tegak, dengan permukaannya seperti daun keladi, tidak terapung tetapi menyembul ke permukaan air.

Baik Teratai maupun Seroja mempunyai bunga yang hampir sama bentuk dan warnanya. Hal itulah yang sering membuat orang sulit membedakan antara Teratai dan Seroja. Akar seroja tumbuh di dasar lumpur. Namun batang daunnya menembus permukaan air untuk mendapatkan sinar matahari. Tanaman Seroja memiliki bunga dengan kelopak yang sangat indah.

Filosofi bunga Seroja adalah meskipun hidup di lumpur tapi tetap berjuang menembus permukaan air dan menunjukkan karya yang indah yaitu bunga yang dapat dinikmati orang banyak. Filosofi tersebutlah yang membuat KPKNL Dumai menjadikan SEROJA sebagai mottonya yang artinya Semangat, Energik, Ramah, Optimis, Jujur dan Amanah.

Penulis : Guntur Sumitro

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.