Artikel DJKN

Step by Step Menghilangkan Dehidrasi Semangat Kerja

Kamis, 15 Juni 2017 pukul 11:46:34   |   324 kali

Anda merasa semangat kerja mulai menurun? Penyebab seseorang mengalami dehidrasi motivasi ada beberapa. Ketidakpuasan terhadap organisasi, lingkungan kerja tidak comfort, rekan kerja yang kurang disukai, termasuk kondisi sosial ekonomi yang tidak juga bertambah.

Tentunya aura negatif penyebab dehidrasi semangat kerja harus dihilangkan. Jangan sampai dituruti. Apabila itu diikuti akan menyebabkan kegagalan dalam karir. Dan pastinya kegagalan tidak menjadi terget dan prestasi pribadi.

Berikut ada 7 langkah bagaimana menghilangkan dehidrasi semangat kerja.

#1 Niat Kerja

Kerja memang mengharapkan gaji setiap bulan. Untuk menafkahi keluarga dan ini adalah suatu kewajiban, ini adalah bagian dari ibadah. Jadi, niat bekerja itu sesungguhnya adalah ibadah.

#2 Tujuan, Cita-cita, dan Harapan

Flasback pada tujuan, cita-cita, dan harapan Anda adalah salah satu cara menghilangkan dehidrasi semangat kerja.

#3 For Who Anda Bekerja

Ingatlah untuk siapa Anda bekerja. Pasti untuk keluarga, Orang-orang yang Anda sayangi dan menyayangi Anda.

Jangan buat mereka kecewa mereka dengan semangat kerja yang rendah. Sebaliknya, Anda harus menjadi contoh bahwa Anda sangat bersemangat dalam bekerja. Semangat Anda, disadari atau tidak, akan menancap di pikiran alam bawah sadar keluarga Anda. Anak-anak atau keluarga akan menjadikan Anda teladan.

#4 Apa yang Menjadi Perusak Semangat Anda

Sejenak mungkin Anda perlu berdiam diri sendiri ditempat yang hanya Anda sendiri dan nafas Anda. Biarkan pikiran berkelana. Mencari apa yang menjadi perusak semangat Anda. Jika itu dapat ditemukan saatnya Anda mengubah bentuk dan pola pikir. Buang jauh-jauh aura negatif tentang apa yang merusak semangat kerja. Apa itu? Tidak hanya soal materi tapi juga immateri. Maka, pola pikir dan perilaku saatnya harus dipositifkan.

#5 Renungkan Mana Yang Lebih Penting

Mana lebih penting buat Anda. Ibadah ditambah cita-cita Anda, ditambah orang-orang yang Anda sayangi atau perusak semangat Anda?

#6 Diri Anda Mampu

Tekadkan diri Anda untuk mengalahkan apa yang menjadi perusak semangat. Musnahkan rasa dehidrasi semangat Anda. Bangkit!

#7 Resapkan Ke Dalam Sanubari

Ini adalah ibarat akar dari suatu pohon. Jika kurang kuat akar yang ditanamkan maka pohonpun akan mudah tumbang. Sanubari adalah akar. Maka kuatkan dalam sanubari anda untuk membangkitkan Anda. Tidak ada satu motivator yang dapat membangkirkan Anda kembali, selain Anda dan orang-orang yang Anda cintai dan sayangi.

Motivasi jangan dianggap remeh. Saat motivasi turun, Anda akan mendapatkan perasaan dan keadaan yang sia-sia. Untuk itu segera harus dibangkitkan kembali.

disarikan dari https://www.motivasi-islami.com/7-langkah-cara-membangkitkan-semangat-kerja-yang-ampuh/#ixzz4k219sSpW

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.