Berita DJKN

Sosialisasi Pengenalan Konsep Gender, PUG , PPRG , ARG & GAP dan POP (What's on?)

Jumat, 01 Maret 2019 pukul 0:00   |   0 kali

SURABAYA,  Telah diselenggarakan sosialisasi Pengenalan Konsep Gender, PUG (Pengarusutamaan Gender), PPRG (Perencanaan & Penganggaran Responsif Gender), ARG (Anggaran Responsif Gender) & GAP (Gender Analysis Pathway) dan POP (Policy Analysis for Action) dengan narasumber Prof (Riset) Yulfita Raharjo.

Acara pada 26 Februari 2019 ini bertempat di Aula GKN Surabaya II dengan dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur beserta seluruh Pejabat/Pegawai Kanwil, Tim PUG Kantor Pusat DJKN (Rusmawati Damarsari), Kepala KPKNL dan Kasubbag Umum di lingkungan Jawa Timur.

Pembukaan dilakukan oleh Kepala Kanwil DJKN JawaTimur Etto Sunaryanto, yang dalam sambutannya menyatakan bahwa selama ini masih terjadi pemahaman yang kurang tepat terhadap pengertian Pengarusutamaan Gender. Melalui acara ini diharapkan pegawai memahami sepenuhnya pengarusutamaan gender sebagai budaya organisasi yang melekat setiap saat.

Yulfita seorang wanita berusia 79 tahun ini tampil sangat energik di depan audiences, beliau ialah sosok pakar gender dan menjadi gender advisor tahun 2010 sampai 2017 pada Association Indonesia Partnership for Economic Governance (AIPEG). Dalam paparannya Yulfita menjelaskan 
pengarusutamaan gender adalah suatu strategi untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan, dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program pada berbagai bidang kehidupan dan pembangunan, jadi sudah sangat jelas bahwa pengarusutamaan gender bukan terkait pemberdayaan perempuan atau memberi keistimewaan pada perempuan.

Isue penting kesenjangan gender saat ini meliputi kesenjangan yang terjadi karena akses terhadap hak dan kesempatan terdisikriminasi karena gender, salah satu kelompok tertinggal karena gendernya, kesenjangan gender sebagai hasil dari diskriminasi yang berkepanjangan terhadap kelompok gender tertentu yang tercermin di masyarakat budaya tertentu.

Acara diakhiri dengan penyerahan plakat kepada Prof Yulfita Raharjo oleh Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur (Etto Sunaryanto).

ITS - Informasi Jawa Timur

(sumber: Kanwil DJKN Jawa Timur)

Foto Terkait Berita

Cari Berita

Agenda PUG

Event :
  • -