Berita DJKN

Implementasi PUG dan VICON di KPKNL Pekalongan

Rabu, 29 Agustus 2018 pukul 0:00   |   0 kali

Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya, untuk Indonesia Raya….” suasana hari Selasa pagi itu terbawa khidmat saat kami menyanyikan lagu Indonesia Raya di Aula KPKNL Pekalongan, dalam prosesi acara Pembukaan Penilaian Lomba Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) Tingkat Satuan Kerja Vertikal di Lingkungan Kementerian Keuangan, oleh Tim Penilai dari Bagian Perencanaan Biro Perencanaan Keuangan Kementerian Keuangan yaitu Bapak Soeroso, yang melibatkan para Pakar Gender yaitu Ibu Yulfita Raharjo dan Ibu Yurni Satria.

Motto “Melayani dengan Semangat Batikku dan Kesetaraan...Sakpore!” dikumandangkan oleh segenap insan KPKNL Pekalongan, untuk membakar semangat. Dekorasi yang disusun dengan kursi  yang saling berhadapan, semakin menambah makna acara ini, pesan yang tersampaikan bahwa kita semua saling berhadapan muka, berekspresi bersama yang antusias, demi kemajuan bersama. Kehadiran Perwakilan Kantor Pusat DJKN  (Kabag. Perlengkapan dan Kasubbag Gaji & TKPKN), Kepala Kanwil DJKN Jateng dan DIY beserta seluruh jajaran, dan seluruh kantor operasional menambah dinamika acara Penilaian Implementasi PUG ini. KPKNL Pekalongan tidak sendiri. Ada kami semua bersama, mengimplementasikan secara nyata PUG ini.

Dalam acara penilaian Implementasi PUG ini semua yang hadir belajar bahwa PUG sebuah “never ending process”. Mengapa? Karena apabila setiap issue dan permasalahan gender muncul, maka akan muncul data terpilah, analisis gender, di mana realisasinya tergantung pada ketersediaan sumber daya (perencanaan anggaran, eksekusi anggaran dan SDM) dan dukungan Top Manager sebagai pengambil keputusan. Hal itu membuktikan bahwa PUG lahir dari buah pikir manusia yang antusias menjalankan perannya sekaligus berempati terhadap lingkungan sekitarnya yang mendukung dalam melayani dan pencapaian targetnya, serta memberi “value added” bagi kemakmuran bangsa dan negara.

Momentum Penilaian Implementasi PUG ini adalah puncak dari proses yang sudah dipersiapkan sejak awal tahun 2018, dan ternyata pada hari Selasa, 28 Agustus 2018 itu bersamaan dengan rencana kegiatan Video Conference (Vicon) Monev Revaluasi BMN oleh Isa Rachmatarwata, Dirjen Kekayaan Negara. Pucuk pimpinan yang sigap akhirnya menyulap KPKNL Pekalongan bersiap menjadi tuan rumah Vicon, yang tentunya dengan infrastuktur yang berbeda dengan Kanwil yang memang support untuk acara Vicon setiap saat. Ruang Kepala Kantor disetting ulang dalam sekejap menjadi ruang Vicon. Semakin lebih terasa istimewa lagi Vicon kali ini dihadiri lengkap oleh Kepala Kanwil DJKN Jateng & DIY, Kepala KPKNL Semarang, Surakarta, Purwokerto, Tegal, Pekalongan dan khusus Yogyakarta yang diwakili oleh Kepala Subbagian Umum, karena masih fokus menyelesaikan target Revaluasi BMN yang masih belum selesai di sana.

Vicon dibuka terlebih dulu oleh Encep S selaku Direktur BMN dan Meirijal selaku Direktur Penilaian. Kualitas Revaluasi BMN menjadi concern kita semua dan menjadi sorotan audit BPK, terkait : 1. Dokumen Arsip dan SK Tim Penilai; 2. Dokumen Fisik dan Softcopy Laporan Penilaian Kembali (LPK); 3. Dokumen yang terkait dengan Penyusunan DKPB baik di KPKNL maupun di Kanwil; 4. Ketepatan isian Form Pendataan yang dipergunakan dalam Penghitungan Nilai; 5.Ketepatan dalam penggunaan Metodologi Penilaian. Berkenaan dengan hal tersebut, diminta agar semua yang terkait dengan sorotan BPK tersebut agar direview ulang, sehingga kegiatan Revaluasi BMN terjaga kualitasnya.

Momentum Vicon  ini semakin lengkap lagi saat Isa Rachmatarwata, menyampaikan apresiasi kepada segenap jajaran Kanwil DJKN Jateng DIY dan khususnya KPKNL Pekalongan yang sedang berjuang dalam Lomba Implementasi PUG. Fokus arahan Dirjen Kekayaan Negara yaitu bekerja keras menjaga kualitas Revaluasi BMN, menjaga kekompakan, menjaga semangat dan menjaga kesehatan. Kepada KPKNL Yogyakarta, disapa khusus yang masih berjuang mengejar target dan akan menerima kedatangan Tim Audit BPK, diminta agar bersiap untuk sharing session terkait hasil audit interim BPK tersebut, sehingga kantor kita yang lain dapat juga bersiap untuk memperbaiki kualitas Revaluasi BMNnya dengan segenap resources yang ada. Setelah Vicon usai, dilanjutkan rapat kecil tingkat Kanwil DJKN Jateng dan DIY yang dipimpin Tavianto Noegroho, untuk merespons arahan dari Dirjen Kekayaan Negara tadi, mengingat batas waktu RevalBMN akhir 31 Agustus 2018, dan September 2018 sebagai bulan penyempurnaan kualitas dokumen pasca Revaluasi BMN.

Kerja dan Jaga, menjadi kata penyemangat kita semua insan DJKN, dengan Implementasi PUG yang berkelanjutan dan Revaluasi BMN yang Tuntas dan Berkualitas, seperti cita-cita dalam syair Lagu Kebangsaan kita “Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya, untuk Indonesia Raya” akan tercapai. (Sumber: Website Kanwil Jateng DIY)

Foto Terkait Berita

Cari Berita

Agenda PUG

Event :
  • -