Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Yogyakarta > Kilas Peristiwa
KPKNL Yogyakarta Peringati Hari Oeang Republik Indonesia ke-77
Angga Kunto Widianto
Senin, 30 Oktober 2023   |   75 kali

Yogyakarta – Penggawa Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Yogyakarta mengikuti Upacara Peringatan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-77, yang bertempat di Halaman Gedung Keuangan Negara Yogyakarta, pada Senin (30/10). Upacara tersebut diikuti oleh para pejabat eselon II, III, IV, pejabat fungsional, dan pegawai di lingkungan Perwakilan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I.Y).

Bertindak selaku Pembina Upacara, Kepala Perwakilan Kemenkeu D.I.Y Agung Yulianta mengajak para peserta upacara untuk menyimak pesan Menteri Keuangan dalam memperingati HORI ke-77, antara lain mengenang waktu peredaran secara resmi Oeang RI (ORI) pertama kali pada tanggal 30 Oktober 1946, mengingatkan bahwa ORI bukan hanya sebagai simbol kemerdekaan dan kedaulatan dari penjajahan, tetapi ORI adalah simbol kemerdekaan dan kedaulatan untuk bisa mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera. “Di Kementerian Keuangan, kita berusaha mewujudkan hal tersebut melalui pengelolaan keuangan negara yang lebih baik. Sesuai dengan tema peringatan HORI pada tahun ini, yaitu Kemenkeu Melayani Lebih Baik,” ujar Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan D.I.Y. tersebut.

Agung menjelaskan, bahwa ada dua hal yang perlu dipahami bersama ketika berbicara tentang “Kemenkeu Melayani Lebih Baik”. Pertama, seluruh jajaran Kemenkeu adalah pelayan publik. “Kewajiban melayani tidak hanya ditujukan bagi mereka yang bekerja di area kantor pelayanan, bahkan juga bagi semua yang bekerja di kantor non pelayanan yang tidak langsung berhadapan dengan pihak eksternal,” jelas Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi D.I.Y. tersebut.

Kedua, kemampuan memahami kebutuhan publik (understanding public needs). “Untuk mewujudkan “Kemenkeu Melayani Lebih Baik” kita harus memahami apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Kita harus memahami apa yang menjadi tuntutan stakeholders kita,” ujarnya.

Menunjang hal tersebut, Agung menambahkan, Kemenkeu telah melakukan transformasi perbaikan layanan. Transformasi perbaikan layanan ditujukan untuk memberikan kemudahan, kecepatan, kepastian, dan keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat dalam mengakses dan menikmati layanan Kemenkeu, antara lain:

1.    Bagi konsumen yang membeli barang dari luar negeri melalui e-commerce, telah diberikan simplifikasi dan percepatan layanan barang impor;

2.    Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang lebih bayar pajak, telah diberikan percepatan restitusi, khususnya Pajak Penghasilan di bawah Rp100 juta;

3.    Bagi pekerja migran Indonesia, akan diberikan pembebasan bea masuk atas 2 buah Handphone, Komputer, atau Tablet (HKT), serta pemberian batas nilai pembebasan USD 1500/orang per tahun;

4.    Bagi masyarakat yang akan mengikuti lelang, diberikan pelayanan lelang yang lebih transparan dan mudah, baik pada saat pra lelang, pelaksanaan lelang, dan pasca lelang;

5.    Bagi wajib bayar atas layanan publik, telah disiapkan penggunaan QRIS untuk penyetoran PNBP; serta

6.    Bagi Kementerian/Lembaga, telah diberikan kemudahan revisi DIPA melalui otomasi dan simplifikasi probis. Sedangkan, Pemda dapat melakukan tracking atas penyaluran transfer ke daerah.

“Bu Menteri berharap agar seluruh jajaran Kemenkeu berkomitmen dan saling bahu membahu dalam menjalankan berbagai transformasi perbaikan layanan, dengan menggandeng stakeholders,” tutupnya.

Selain memperingati HORI ke-77, helatan upacara tersebut juga dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95 yang jatuh pada 28 Oktober 2023. Tema Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun ini adalah Bersama Majukan Indonesia. Dengan mengambil semangat para pemuda yang telah berikrar untuk persatuan Indonesia bahkan sebelum Indonesia Merdeka, para pegawai Kemenkeu diharapkan dapat bersatu padu untuk menguatkan komitmen dan menghadirkan pelayanan yang lebih baik untuk seluruh masyarakat Indonesia. (Teks/Foto : Arifin)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini