Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Yogyakarta > Kilas Peristiwa
PKN-STAN,Kuliah Unik Masa Depan Menarik
Yuhar Lelo Ganjaran Samudra
Senin, 09 Juli 2018   |   209 kali

Yogyakarta – Senin (9/7) Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui Balai Pendidikan dan Pelatihan Keuangan melaksanakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Administrasi Negara atau yang lebih dikenal dengan nama SPMB PKN STAN. Pelaksanaan ujian di daerah dilaksanakan oleh panitia pelaksana SPMB PKN STAN yang dikomando oleh Balai Diklat.

Di Yogyakarta, pelaksanaan  SPMB PKN-STAN dilaksanakan di Gedung Keuangan Negara Yogyakarta pada tanggal 28 Juni 2018 - 8 Juli 2018. SPMB PKN STAN di Yogyakarta tahun ini diikuti oleh 20.800 orang dari berbagai daerah. Berbeda dengan pelaksanaan SPMB PKN STAN sebelumnya, pelaksanaan ujian masuk tahun ini menggunakan cara dan formula yang berbeda. Metode ujian manual serentak seperti tahun-tahun sebelumnya kini sudah tidak digunakan lagi. Dengan memanfaatkan teknologi online, tahun ini SPMB PKN STAN berlangsung selama 8 hari, dilaksanakan dalam beberapa sesi setiap harinya. Dalam pelaksanaannya, peserta ujian langsung dapat mengetahui hasil yang diperoleh setelah selesai mengerjakan soal-soal ujian. Di lain pihak, keluarga yang mendampingi peserta juga dapat langsung melihat hasil ujian putra-putrinya dengan melihat monitor yang disediakan panitia di halaman parkir Gedung Keuangan Negara Yogyakarta atau Papan Pengumuman yang terletak di samping Gedung Keuangan Negara Yogyakarta bagi para orang tua yang ingin melihat hasil putra-putrinya di hari berikutnya.

Jenis ujian dalam SPMB PKN STAN terdiri dari Seleksi Kemampuan Dasar yang meliputi  Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Kemampuan Intelegensia Umum dan Tes Karakteristik Pribadi; Tes Potensi Akedemik; dan Tes Bahasa Inggris. Peserta yang telah memenuhi ambang batas nilai minimal setiap mata ujian yang harus dicapai, tidak secara otomatis lulus ujian. Untuk menentukan lulus atau tidaknya peserta ujian harus menunggu daftar pemeringkatan secara nasional yang diberlakukan sesuai Pengumuman Direktur No. Peng- 46/PKN/2018.

Untuk mensukseskan pelaksanaan kegiatan SPMB PKN STAN tahun ini, Balai Diklat Keuangan Yogyakarta meminta bantuan kepada satker di lingkungan Kementerian Keuangan Yogyakarta untuk menjadi panitia baik sebagai verifikator maupun sebagai pengawas ujian. KPKNL Yogyakarta tahun ini mengirimkan 6 pegawai untuk turut berpartisipasi mensukseskan pelaksaan SPMB PKN STAN. Ke enam pegawai tersebut adalah Kepala Seksi Kepatuhan Internal Usman Arief Murtopo, Kepala Subbagian Umum Sri Wahyuni, staf Seksi Piutang Negara Lien Herry Herliana, staf Seksi Hukum dan Informasi Budiyati Setyo Widyastuti, staf Seksi Kepatuhan Internal Indra Santoso dan staf Subbagian Umum Anassohi.

            Dalam wawancara terpisah, Usman Arief Murtopo memaparkan pandangannya mengenai SPMB PKN STAN kali ini. Menurutnya sistem yang digunakan dalam SPMB PKN STAN tahun ini dapat mengurangi praktek  kecurangan. Salah satunya adalah adanya identifikasi peserta dengan sidik jari. “Dengan sistem baru ini, selain lebih  fair and clean, secara tidak langsung ikut memutar roda perekonomian di sekitarnya. Mulai hotel dan penginapan, transportasi, kuliner dan bahkan tukang parkir dadakan”, tutup Usman. (Penulis/foto: Tim HI)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini