Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Yogyakarta > Berita
Gandeng BNN Kota Yogyakarta, Para Penjaga Aset Negara Ikuti Tes Narkoba
Arifin Nurhartanto
Senin, 26 Juni 2023   |   158 kali

Yogyakarta – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Yogyakarta menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Yogyakarta, menggelar acara Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika pada Kamis (22/6) di Gedung Keuangan Negara, Yogyakarta. Acara tersebut diikuti oleh seluruh penggawa Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri KPKNL Yogyakarta.

Kepala KPKNL Yogyakarta Jati Wiryawan menyampaikan pentingnya menjaga integritas dan kehormatan sebagai ASN karena tugas fungsi sebagai pelayan masyarakat yang harus memberikan contoh yang baik. “Selalu jaga integritas, jauhi narkoba,” ujar Jati Wiryawan.

Sesi berikutnya, Kepala BNN Kota Yogyakarta Khamdani sebagai narasumber menyampaikan materi mengenai permasalahan narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif (narkoba) serta strategi dalam mengatasinya, khususnya di wilayah Kota Yogyakarta. Khamdani menjelaskan bahwa berdasarkan survei prevalensi penyalahgunaan narkoba di Tahun 2019, yang dilakukan oleh BNN dan LIPI, diperoleh angka prevalensi di Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar 3,6 persen atau 29.132 jiwa untuk yang coba pakai narkoba dan sebesar 2,3 persen atau 18.082 jiwa untuk yang setahun pakai narkoba. “Pada Tahun 2022, terdapat 138 kasus penyalahgunaan narkoba, menurun dibandingkan Tahun 2021 sebesar 224 kasus di wilayah Kota Yogyakarta,” ungkap Khamdani. “Terbesar pengguna berasal dari karyawan swasta sebesar 39 orang di Tahun 2022,” ujar pria berpangkat komisaris besar polisi tersebut.

Acara berlangsung menarik dan banyak pertanyaan yang diajukan, salah satunya mengenai dampak tembakau gorilla terhadap kesehatan, bentuk asli dari shabu, modus terbaru penyelundupan, dan lain sebagainya. Acara ditutup dengan pelaksanaan tes urine kepada seluruh peserta. (Teks/Foto : Ipin/Wawa)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini