Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Semaki: Portofolio Aset Barang Milik Negara
Yusuf Eko Susilo
Selasa, 22 November 2022   |   65 kali

Yogyakarta – Kegiatan Selasa Makin Informatif (Semaki) kembali diadakan pada hari Selasa (22/11) sebagai bentuk komunikasi dan implementasi dari budaya kerja Kementerian Keuangan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Yogyakarta.

 

Dibuka dengan mengumandangkan Nilai-nilai Kementerian Keuangan, Budaya Kerja, dan Motto KPKNL Yogyakarta, acara inti Semaki diisi oleh Marya Mujayani, Pelaksana Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, yang berbagi informasi tentang portofolio aset Barang Milik Negara (BMN).

 

Sebagaimana diketahui, portofolio aset adalah pengukuran kinerja BMN yang merupakan salah satu tugas KPKNL Yogyakarta dalam menjalankan fungsinya sebagai Pengelola Kekayaan Negara. Portofolio aset mulai dilakukan piloting/uji coba pada tahun 2019 kemudian diimplementasikan pada tahun 2020 dan masih berlangsung hingga sekarang.

 

Dalam pengelolaan aset yang termasuk signifikan dan memiliki potensi besar masih ditemui kendala seperti BMN yang tidak digunakan untuk tugas dan fungsi atau pemanfaatan aset BMN yang dilakukan belum sesuai aturan. Salah satu tugas DJKN khususnya KPKNL Yogyakarta adalah melakukan optimalisasi aset tersebut. Salah satunya dengan melakukan evaluasi kinerja atas BMN. Hasil dari evaluasi tersebut akan disampaikan surat rekomendasi kepada satuan kerja dan tembusan ke Kementerian/Lembaga untuk perbaikan pengelolaan BMN misalnya dengan melakukan pemanfaatan atau optimalisasi penggunaan BMN. Untuk KPKNL Yogyakarta sendiri telah melakukan evaluasi kinerja BMN terhadap 987 Nomor Urut Pendaftaran (NUP) aset.

 

Di hari yang sama berlangsung pula Rakernas DJKN yang mengusung tema “Penguatan Budaya Organisasi, Optimalkan Aset Negara”. Tema ini dipilih sebagai bentuk komitmen DJKN untuk terus mendorong budaya organisasi Kementerian Keuangan dalam menunjang tugas optimalisasi pengelolaan kekayaan negara.

 

(Foto/Narasi: Wahyu/Yusuf)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini