Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
Bank BTN Cabang Ternate Bagikan Pengalaman Service Excellent dan Kenalkan Produk dan Jasa Layanan
Wagino
Selasa, 03 Oktober 2023   |   125 kali

Ternate (29/09), Kepala PT. BTN (Persero) Cabang Ternate Andi Toni beserta tim berkunjung ke KPKNL Ternate untuk bersilaturahmi dan melakukan knowledge sharing tentang service excellence yang dilakukan pada Bank BTN Cabang Ternate kepada pegawai KPKNL Ternate. “Kami berterima kasih kepada Kepala KPKNL Ternate yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk sharing tentang pengalaman kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu kami juga ingin memperkenalkan kepada teman-teman KPKNL Ternate tentang produk atau jasa dari Bank BTN, serta menjalin kerja sama yang lebih luas dan lebih erat lagi dengan KPKNL Ternate”, ujar Andi Toni.

Achmakrishna Himawan Kepala KPKNL Ternate menyambut baik kehadiran Kepala Cabang PT. BTN (Persero) Cabang Ternate beserta tim di KPKNL Ternate. Sebagai instansi pemerintah yang melayani masyarakat, KPKNL Ternate perlu terus menggali ilmu dari pihak lain dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Kami berterima kasih atas kehadiran PT. BTN (Persero) Cabang Ternate dan knowledge sharing-nya terkait service excellence. Sebagai pelayan publik KPKNL Ternate juga dievaluasi oleh stakeholder, oleh karena itu kami ingin menimba ilmu dan pengalaman dari Bank BTN Cabang Ternate”, ujar Krishna dalam sambutannya.

“Dalam memberikan pelayanan kepada nasabah atau masyarakat, kita harus mempersiapkan diri terlebih dahulu, yaitu dengan berpenampilan yang menarik (rapih, sopan, bersih, dan nyaman) serta menguasai produk atau jasa layanan yang ada. Sarana dan prasarana yang diperlukan dalam memberikan layanan juga harus disiapkan. Faktor terpenting dalam memberikan layanan adalah komunikasi. Oleh karena itu, kita harus menguasai dan memahami cara komunikasi yang baik dan efektif. Termasuk penggunaan bahasa yang digunakan oleh nasabah atau pengguna layanan. Orientasi pelayanan nasabah di BTN sudah mengalami perubahan. Petugas layanan juga harus mampu melakukan penanganan terhadap keluhan nasabah (complaints handling). Dahulu pelayanan nasabah dilakukan berdasarkan standar pelayanan yang ada (SOP), tetapi pelayanan nasabah sekarang dilakukan berdasarkan kebutuhan dari nasabah (customer needs)”, ujar Aprini Kulantja Customer Service Officer Bank BTN Cabang Ternate.  

“Produk unggulan yang dikenali oleh masyarakat adalah kredit kepemilikan rumah atau dikenal KPR-BTN. Hal ini tidak salah, karena branding yang telah berhasil dibangun oleh Bank BTN yang cukup kuat adalah memberikan kredit kepemilikan rumah tersebut. Sebenarnya Bank BTN juga mempunyai beragam produk layanan perbankan sebagaimana yang dimiliki oleh bank lainnya, yaitu ada tabungan, deposito, pembiayaan atau kredit kepemilikan rumah dan pembiayaan lainnya dengan agunan sertifikat maupun agunan lainnya dengan tingkat bunga dan promo yang menarik”, demikian penjelasan Angga dan Mirza dari Bank BTN Cabang Ternate.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan role play atau bermain peran pelayanan nasabah di customer sevice dan penanganan komplain nasabah oleh Aprini dan Syfa Albaar petugas Area Pelayanan Terpadu (APT) KPKNL Ternate. Setelah dilakukan tanya jawab antara tim dari Bank BTN Cabang Ternate dengan para pegawai KPKNL Ternate, kegiatan knowledge sharing tersebut ditutup dengan foto bersama. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini