Ternate (29/09), Kepala PT. BTN
(Persero) Cabang Ternate Andi Toni beserta tim berkunjung ke KPKNL Ternate
untuk bersilaturahmi dan melakukan knowledge
sharing tentang service excellence
yang dilakukan pada Bank BTN Cabang Ternate kepada pegawai KPKNL Ternate. “Kami
berterima kasih kepada Kepala KPKNL Ternate yang telah memberikan kesempatan
kepada kami untuk sharing tentang
pengalaman kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu kami
juga ingin memperkenalkan kepada teman-teman KPKNL Ternate tentang produk atau
jasa dari Bank BTN, serta menjalin kerja sama yang lebih luas dan lebih erat
lagi dengan KPKNL Ternate”, ujar Andi Toni.
Achmakrishna Himawan Kepala KPKNL
Ternate menyambut baik kehadiran Kepala Cabang PT. BTN (Persero) Cabang Ternate
beserta tim di KPKNL Ternate. Sebagai instansi pemerintah yang melayani
masyarakat, KPKNL Ternate perlu terus menggali ilmu dari pihak lain dalam
meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Kami berterima kasih atas kehadiran
PT. BTN (Persero) Cabang Ternate dan knowledge
sharing-nya terkait service excellence.
Sebagai pelayan publik KPKNL Ternate juga dievaluasi oleh stakeholder, oleh karena itu kami ingin menimba ilmu dan pengalaman
dari Bank BTN Cabang Ternate”, ujar Krishna dalam sambutannya.
“Dalam memberikan pelayanan
kepada nasabah atau masyarakat, kita harus mempersiapkan diri terlebih dahulu,
yaitu dengan berpenampilan yang menarik (rapih, sopan, bersih, dan nyaman)
serta menguasai produk atau jasa layanan yang ada. Sarana dan prasarana yang
diperlukan dalam memberikan layanan juga harus disiapkan. Faktor terpenting
dalam memberikan layanan adalah komunikasi. Oleh karena itu, kita harus
menguasai dan memahami cara komunikasi yang baik dan efektif. Termasuk
penggunaan bahasa yang digunakan oleh nasabah atau pengguna layanan. Orientasi
pelayanan nasabah di BTN sudah mengalami perubahan. Petugas layanan juga harus
mampu melakukan penanganan terhadap keluhan nasabah (complaints handling). Dahulu pelayanan nasabah dilakukan berdasarkan
standar pelayanan yang ada (SOP), tetapi pelayanan nasabah sekarang dilakukan
berdasarkan kebutuhan dari nasabah (customer needs)”, ujar Aprini Kulantja Customer Service Officer Bank BTN Cabang
Ternate.
“Produk unggulan yang dikenali
oleh masyarakat adalah kredit kepemilikan rumah atau dikenal KPR-BTN. Hal ini tidak
salah, karena branding yang telah berhasil
dibangun oleh Bank BTN yang cukup kuat adalah memberikan kredit kepemilikan
rumah tersebut. Sebenarnya Bank BTN juga mempunyai beragam produk layanan
perbankan sebagaimana yang dimiliki oleh bank lainnya, yaitu ada tabungan, deposito,
pembiayaan atau kredit kepemilikan rumah dan pembiayaan lainnya
dengan agunan sertifikat maupun agunan lainnya dengan tingkat bunga dan promo yang
menarik”, demikian penjelasan Angga dan Mirza dari Bank BTN Cabang Ternate.
Pada kesempatan tersebut juga dilakukan role play atau bermain peran pelayanan
nasabah di customer sevice dan penanganan
komplain nasabah oleh Aprini dan Syfa Albaar petugas Area Pelayanan Terpadu
(APT) KPKNL Ternate. Setelah dilakukan tanya jawab antara tim dari Bank BTN Cabang
Ternate dengan para pegawai KPKNL Ternate, kegiatan knowledge sharing tersebut ditutup dengan foto bersama.