Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
Bersih-bersih Kota Ternate Melalui Kegiatan ‘Go Clean a Beach’
Hendra Leo Purba
Senin, 20 November 2017   |   456 kali

Ternate - Sebagai wujud kepedulian akan kebersihan lingkungan, Forum BUMN Kota Ternate bekerjasama dengan instansi terkait menginisiasi program bersih-bersih kota, pantai, dan laut Ternate. Kegiatan yang diberi nama ‘Go Clean a Beach’ ini berlangsung pada hari Minggu (19/11) dan berpusat di halaman Kantor Cabang Utama (KCU) Bank Negara Indonesia (BNI) Ternate. Acara ini diikuti oleh perwakilan BUMN di Kota Ternate dan 5 instansi terkait, serta didukung oleh Komunitas Sadar Sampah Kota Ternate (Kosekkate) dan Komunitas Pecinta Laut (KPL).

Tim dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ternate ikut ambil bagian dalam kegiatan ini sebagai wujud kepedulian seluruh jajaran KPKNL Ternate terhadap kebersihan lingkungannya. Sebagai institusi yang menjalankan tugas dan fungsinya di Kota Ternate, KPKNL Ternate merasa bertanggungjawab untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan di wilayah kerjanya. Dengan dipimpin oleh Kepala KPKNL Ternate, M. Arif Setyawantika, Tim KPKNL Ternate bergerak menuju titik pertemuan pada pukul 06.30 WIT.

Kegiatan dilaksanakan sejak pagi pukul 07.00 WIT, yang dimulai dengan pembagian kantong sampah kepada para peserta untuk mengangkut sampah yang dikumpulkan. Peserta kemudian dilepas untuk kemudian berjalan sesuai dengan rute yang telah direncanakan sambil memungut sampah plastik yang ditemukan sepanjang perjalanan. Rute yang ditetapkan adalah rute yang melewati pusat-pusat keramaian di Kota Ternate, diantaranya Landmark Kota Ternate dan Masjid Raya Al Munawwar.

Karena banyaknya aktivitas warga di sekitarnya, tempat-tempat yang dilalui dalam kegiatan ini mengalami masalah sampah yang cukup pelik. Banyak warga yang belum memiliki kesadaran untuk membuang sampah di tempat yang telah disediakan. Bahkan dalam beberapa kasus, warga Kota Ternate juga masih membuang sampah ke pantai dan laut Ternate yang pastinya sangat berpengaruh pada ekosistem laut.

Masalah sampah ini tercermin dari banyaknya sampah yang berhasil dikumpulkan selama kegiatan ini. Kantong-kantong sampah dipenuhi oleh sampah yang ditemukan selama kegiatan. Untuk masalah sampah yang dibuang ke laut, tim dari Komunitas Pecinta Laut (KPL) melakukan kegiatan penyelaman untuk mengangkut sampah, baik yang ada di permukaan laut maupun yang ada di dasar laut.

Selesai kegiatan bersih-bersih Kota Ternate, acara kemudian diisi dengan penyampaian apresiasi oleh Sekretaris Kota Ternate, Tauhid Soleman. Tauhid menyampaikan rasa terima kasihnya atas inisiatif dari Forum BUMN dan instansi terkait dalam memperbaiki kualitas kebersihan kota. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sejalan dengan visi Kota Ternate yang saat ini sedang menggalakkan program Ternate Green Tourism, yaitu pariwisata kota yang ramah terhadap lingkungan. Untuk itu, beliau sangat menekankan pentingnya menjaga kebersihan kota yang menjadi unsur utama pariwisata ramah lingkungan sekaligus penarik datangnya wisatawan untuk berkunjung ke Kota Ternate.

Di akhir acara, dilakukan pemberian bantuan kepada Komunitas Sadar Sampah Kota Ternate (Kosekkate) dan Komunitas Pecinta Laut (KPL). Para peserta kemudian melakukan penandatangan Deklarasi Komitmen Peduli Lingkungan yang merupakan komitmen untuk selalu ikut ambil bagian dalam menjaga kelestarian lingkungan.

(Seksi HI Ternate)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini