Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Tiga Fitur Khusus Jadikan Lelang UMKM di lelang.go.id Lebih User Friendly
Tiara Risti Lavenda
Jum'at, 25 Maret 2022   |   267 kali

Tarakan – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) kembali menggelar lelang produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) besar-besaran pada Kamis (24/3). Kegiatan yang bertajuk Gebyar Lelang Produk UMKM 2022 ini dilaksanakan serentak oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Saat membuka kegiatan, Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Rionald Silaban menyampaikan bahwa lelang produk UMKM merupakan upaya DJKN untuk meningkatkan produktivitas para pelaku UMKM. Program yang telah digalakkan sejak 2021 ini juga diharapkan dapat memperluas jangkauan pemasaran produk UMKM dengan memanfaatkan teknologi. Pada Gebyar Lelang Produk UMKM 2022 ini DJKN juga menghadirkan beberapa fitur khusus yang memudahkan pemohon dan peserta lelang. Beberapa di antaranya yaitu extended auction, lelang tanpa uang jaminan, serta menu khusus produk UMKM pada portal lelang.go.id.

Extended auction merupakan sebuah fitur penayangan lot lelang UMKM sampai dengan lot tersebut laku terjual dengan maksimal 3 kali tayang (tayang perdana, extended pertama, dan extended kedua). Fitur ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM untuk mengiklankan produknya pada portal lelang.go.id lebih lama dari biasanya.

Fitur tanpa uang jaminan merupakan sebuah fitur dimana peserta lelang tidak perlu menyetorkan uang jaminan lelang sebelum pelaksanaan lelang. Hal ini memberikan kemudahan bagi calon peserta lelang sehingga diharapkan dapat meningkatkan animo kepesertaan lot lelang UMKM. Saat ini batas untuk mengikuti lelang untuk lot lelang UMKM tanpa uang jaminan adalah H-1 hari pelaksanaan lelang. Kedepannya, fitur ini akan dikembangkan sehingga peserta lelang tetap dapat mendaftar pada hari pelaksanaan lelang selama waktu penawaran lelang belum selesai.

Fitur menu khusus produk UMKM adalah sebuah fitur pengelompokan produk UMKM ke dalam satu “etalase” sehingga tidak tercampur dengan objek lelang lain. Fitur ini dihadirkan dalam bentuk toolbar pada portal lelang.go.id agar masyarakat dapat dengan mudah melihat dan memilih produk UMKM yang dihadirkan dari seluruh daerah di Indonesia.

Di Tarakan, sebanyak 6 UMKM berpartisipasi pada lelang yang diselenggaraan KPKNL Tarakan. Beberapa jenis barang yang dijual antara lain berupa tas tangan handmade dari serbuk kayu dan rajut, kain ecoprint, ikat kepala singal songket, kain tenun motif batug semandak, boneka rajut dan lain sebagainya. Pelelang Ahli Muda KPKNL Tarakan Joko Hadi Sugondo menyampaikan bahwa lelang UMKM yang dilaksanakan oleh KPKNL ini ditujukan untuk membantu UMKM, antara lain dengan memperluas pemasaran dan menambah omset usaha.

“Sesuai juga dengan tema 114 tahun lelang, kami berharap para pelaku UMKM dapat pulih dan bangkit bersama lelang,” ujarnya. (Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini