Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Lelang Produk UMKM KPKNL Tarakan, Kerajinan Tangan Khas Kaltara Meluncur Ke Tasikmalaya
Putri Setyaningsih
Selasa, 15 Juni 2021   |   400 kali

Tarakan – “Perhatian dari KPKNL sangat luar biasa sehingga produk kami dapat dipasarkan, dan kami sangat senang sekali produk kami dapat dipakai dan dapat diketahui oleh semua pihak,” ujar Tabe, pimpinan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Lima Permata. Hal tersebut disampaikan Tabe seusai pelaksanaan lelang produk UMKM yang digelar oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan pada Kamis (10/6) di Paguntaka Ballroom. Lima Permata merupakan salah satu dari lima UMKM yang digandeng KPKNL Tarakan untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan U’Tarakan Award 2021.

Setidaknya 40 lot produk UMKM dijual melalui lelang pada kegiatan U’Tarakan Award 2021. Produk UMKM yang dilelang merupakan hasil buah tangan masyarakat Provinsi Kalimantan Utara. Jenisnya beragam, mulai dari tas, dompet, dan boneka rajut, kerajinan kain tenun dan tenun ikat, serta kerajinan dari bahan alami. Yang unik dari pelaksanaan lelang kali ini, seluruh produk yang dilelang terlebih dahulu diperagakan oleh lima orang model yang merupakan pegawai andalan KPKNL Tarakan. Beberapa produk yang paling diminati pada pelaksanaan lelang antara lain sling bag motif batug semandak Kalimantan dari UMKM Xiexie, tas selempang motif semandak dari UMKM Lima Permata, dan clutch talun (kulit kayu) dari UMKM Marco.

Para peserta dan undangan yang hadir dalam U’Tarakan Award 2021 menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti lelang dan melakukan penawaran. Bahkan, proses lelang yang juga ditampilkan secara live ini terbukti menjadikan suasana lelang menjadi semakin kompetitif. Clutch talun (kulit kayu) produksi UMKM Marco merupakan produk dengan kenaikan harga paling tinggi yaitu 35 persen dari harga limit.

KPKNL Tarakan tidak hanya memfasilitasi penjualan melalui lelang, namun juga menyediakan booth pameran produk. Usai pelaksanaan lelang, para peserta dan undangan yang belum berkesempatan menang lelang berbondong-bondong menyerbu booth pameran.

“Kami ingin membantu para pelaku UMKM memasarkan produknya dan meningkatkan penjualannya. Oleh karena itu, kami tidak hanya melaksanakan lelang tapi juga mengajak UMKM untuk menggelar pameran,” ungkap Kepala KPKNL Tarakan Guntur Sumitro.

Lebih lanjut, Guntur menjelaskan bahwa kegiatan lelang UMKM ini akan terus berlangsung. Ia menyatakan kesiapan pihaknya melayani UMKM yang ingin menjual produk melalui lelang di KPKNL Tarakan.

“Kini lelang.go.id bisa diakses di mana saja kapanpun kita mau. Bahkan salah satu pemenang lelang UMKM kami berada di Tasikmalaya. Kamis lelang, Kamis lunas, Minggu barang sudah sampai di tangan pemenang,” ujarnya.

Sebagai informasi, kegiatan lelang dan bazaar produk UMKM ini diselenggarakan bersama dengan Sosialisasi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Tarakan serta penganugerahan apresisasi pengguna layanan KPKNL Tarakan untuk kinerja tahun 2020. (Tim HI KPKNL Tarakan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini