Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Kenali Diri dan Rekan Kerja melalui knowledge sharing “Interpersonal Skill”
Mei Wulandari
Jum'at, 13 Maret 2020   |   294 kali

Tarakan (11/3) – KPKNL Tarakan menyelenggarakan knowledge sharingInterpersonal Skill” di Paguntaka Ballroom. Acara ini diikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri dari pegawai KPKNL Tarakan dan siswa siswi SMKN 1 Tarakan.

Narasumber pada acara knowledge sharing ini adalah Guntur Sumitro yang merupakan Kepala KPKNL Tarakan. Guntur sebelumnya telah mengikuti diklat Interpersonal Skill di Balai Diklat Keuangan Magelang tahun 2020. Setelah diklat Guntur berbagi ilmu terkait Interpersonal Skill kepada seluruh pegawainya melalui acara knowledge sharing ini.

knowledge sharingInterpersonal Skill” diselenggarakan dengan tujuan agar pegawai dapat mengetahui karakter diri sendiri, karakter rekan kerja dan karakter pimpinannya. Selain itu dengan mengetahui karakter tersebut, dapat memudahkan kita dalam menghadapi berbagai macam karakter.

Workshop dibuka dengan ice breaking yang dibawakan oleh Mei Wulandari. Ice breaking ini menjadi penyemangat dan dapat menambah konsentrasi peserta sebelum dimulainya materi. Setelah suasana sudah mencair dan semangat sudah nampak dari peserta, maka langsung masuk ke acara inti yakni knowledge sharingInterpersonal Skill”.

Guntur membuka materi Interpersonal Skill” dengan membagi 4 kelompok yakni kelompok D, I, S, C. Nama ini bukan sembarang diberikan, namun merupakan inti materi yang akan dibagikan oleh Guntur. Dalam kelompok ini diberikan waktu 15 menit untuk berbincang santai dengan teman kelompok. Setelah itu Guntur bertanya kepada perwakilan tim, apa yang sedang dibahas, siapa yang sering berbicara, siapa yang hanya mengikuti arah pembicaraan, siapa yang pendiam, dsb.

Materi dilanjutkan tentang penjelasan DISC. DISC adalah alat psikometri yang diciptakan untuk mengukur kepribadian seseorang, lebih tepatnya perilaku kerja seseorang dan bagaimana ia bereaksi. DISC membagi 4 tipe perilaku individu, ketika berinteraksi dengan lingkungannya yakni Dominance, Influence, Steadiness, Compliance. Namun sebelum itu peserta diminta untuk melakukan tes kepribadian DISC online. Hasil dari tes kepribadian DISC online terlihat bahwa di peserta dengan karakter Influence dan Steadiness paling banyak sedangkan hanya 3 peserta yang berkarakter Dominan dan 1 peserta dengan karakter Compliance. Tidak hanya materi DISC, Guntur juga memberikan materi tentang Team Work dan Kepemimpinan dalam Rapat.

Acara ditutup dengan pemilihan Pegawai dan PPNPN Teladan tahun 2020. Nominasi pegawai teladan yang terpilih dalam pemilihan tahap 1 adalah Suharsito, Lailun Erliana, dan Mei Wulandari. Tiga nominasi melakukan presentasi tentang kedisiplinan. Selanjutnya seluruh peserta melakukan vote terhadap ketiga nominasi. Terpilihlah Pegawai Teladan KPKNL Tarakan Tahun 2020 adalah Lailun Erliana. Sedangkan PPNPN Teladan Tahun 2020 adalah Untung Wahyudi dan M. Bagus Maulana. Pemilihan PPNPN Teladan ini berdasarkan penilaian kinerja selama 1 tahun yang dinilai oleh para pegawai KPKNL Tarakan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini