Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
FUN VALUETION: SUKACITA DIBALIK SIMULASI PENILAIAN EMBUNG BINALATUNG
Wone Shubhanayati
Jum'at, 10 Agustus 2018   |   251 kali

Tarakan, setiap pekan dihari Jumat, KPKNL Tarakan memiliki agenda rutin yaitu Jumat Sehat, agenda yang dimulai pada minggu ketiga bulan Juli ini diperuntukkan untuk menyeimbangkan stamina dan kesehatan para pegawai KPKNL Tarakan dalam bekerja. Tak melulu dilaksanakan di lingkungan Kantor KPKNL Tarakan, pada Jumat Sehat keempat ini dilaksanakan di luar Kantor KPKNL Tarakan yaitu di Embung Binalatung Kota Tarakan. Agenda Jumat sehat kali ini juga menjadi salah satu kegiatan Simulasi Proses Penilaian Embung /Bendung sesuai peraturan yang berlaku.

Pukul 08.00 WITA seluruh pegawai KPKNL Tarakan bersama-sama menuju lokasi simulasi objek penilaian yaitu di Embung Binalatung, kegiatan ini dipandu langsung oleh tim penilai KPKNL Tarakan. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga sesi, yang pertama adalah pemaparan terkait pengetahuan berdasarkan PMK Nomor 29/PMK.06/2010 tentang Penggolongan dan Kodefikasi Barang Milik Negara beserta Perubahannya dan cara penentuan NRC yang dijelaskan oleh Hanif Sulistyawan.“Bendungan adalah bangunan yang dibangun untuk menahan dan menampung air, tambang, atau limbah sehingga membentuk waduk, sedangkan Bendung merupakan bangunan yang dibangun untuk menaikkan muka air agar dapat dialirkan ke tempat yang diinginkan” jelas Hanif dalam membuka sesi pertama.

Kegiatan pada sesi pertama cukup banyak mendapatkan antusiasme dari pegawai KPKNL Tarakan, pasalnya selain menjelaskan inti dari PMK tersebut, Hanif juga menunjukkan objek penilaian yang dimaksud. Kemudian sesi kedua dilanjutkan oleh Sunarya tentang tata cara menilai Bendung/Embung, beberapa pegawai maju menjadi volunteer dalam pengukuran lebar dan panjang Embung Binalatung, kemudian bersama-sama berdiskusi untuk memperoleh nilai dari objek penilaian tersebut.

Setelah istirahat dan coffe break, kegiatan ini ditutup dengan kuis cerdas cermat sebagai sesi terakhir yang dilakukan di area Embung Binalatung. Kuis cerdas cermat yang mengusung konsep ranking satu ini dimaksud untuk menguji pepahaman pegawai KPKNL Tarakan terhadap apa yang dijelaskan oleh Tim Penilai KPKNL Tarakan. Semangat dan keseruan pada sesi kali ini jelas terlihat, apalagi saat perebutan ranking satu, dimana masing-masing pegawai saling mengelu-elukan jagoan mereka. Yohanova dari seksi teknis berhasil meraih ranking satu kemudian ranking dua diraih oleh Fallah dari seksi suporting. Kepala KPKNL Tarakan, Guntur Sumitro mengatakan bahwa kegiatan Jumat Sehat kali ini berjalan lancar dan sangat bagus dan mengharapkan dengan adanya simulasi proses penilaian Embung Binalatung ini dapat menambah wawasan kita untuk selalu berusaha menjadi pegawai yang Ultra, yaitu unggul dan terampil. (Teks:Wone.Foto:Wone,Fallah)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini