Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Berita
Optimalkan Pengelolaan Piutang Negara/Daerah, KPKNL Tarakan Gelar Sosialisasi Pada Penyerah Piutang
Eka Widayanta
Jum'at, 24 November 2017   |   480 kali

Tarakan - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan menyelenggarakan Sosialisasi Pengurusan Piutang Negara/Daerah, Kamis 23/11/2017). Menjadi tema kegiatan adalah "Menuju Pengelolaan Piutang Negara/Daerah Yang Optimal (Optimal State Receivables Management)".

Acara yang digelar di Milo Life Cafe Tarakan dimulai pukul 10.00 WIB diikuti 25 perwakilan peserta dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tarakan dan Cabang Berau, Bank Kaltim di wilayah Kalimantan Utara dan Berau, Sekda dan Disperindag UKM di lingkungan Propinsi Kalimantan Utara dan Kabupaten Berau serta undangan lainya selaku penyerah piutang di wilayah kerja KPKNL Tarakan.

Kepala KPKNL Tarakan, Thamrin menyampaikan bahwa untuk mencapai target PNBP diperlukan komunikasi serta sinergi yang terjalin baik antara KPKNL Tarakan dan penyerah piutang. Hal itu pula yang menjadi tujuan diadakannya sosialisasi ini. Komunikasi dan sinergi yang baik akan mengatasi kendala dan hambatan dalam pengurusan piutang negara, sehingga setiap masalah akan ditemukan jalan keluarnya.

Petugas pada Seksi Piutang Negara, Anggi yang bertindak sebagai narasumber pertama menyampaikan materi berupa tata cara pengurusan piutang negara. Anggi juga menyampaikan beberapa hal fundamental dalam pengurusan piutang negara, antara lain: landasan hukum pengurusan piutang negara, alur penyerahan pengurusan piutang negara, hingga Piutang Sementara Belum Dapat Ditagih (PSBDT) dan biaya administrasi piutang negara. Materi disampaikan secara mendetail dan berhasil menarik minat para peserta sosialisasi.

Materi kedua yang disampaikan oleh Kepala Seksi Piutang Negara, Ani Rejeki terkait alur tata cara penyerahan piutang mulai dari tahap awal penyiapan berkas-berkas yang diperlukan untuk penyerahan piutang, alur penerbitan Surat Penerimaan Pengurusan Piutang Negara (SP3N), Pernyataan Bersama (PB), Penetapan Jumlah Piutang Negara (PJPN) dan Surat Paksa.

Minat peserta sosialisasi dapat terlihat dari sesi tanya jawab yang berlangsung hingga 3 sesi sebelum makan siang. Pertanyaan dapat dijawab satu demi satu oleh para narasumber termasuk moderator, Kepala KPKNL Tarakan, Thamrin dan Kepala Seksi Piutang Negara KPKNL Tarakan, Ani Rejeki. Sosialisasi dengan tema serupa akan kembali diadakan kembali pada tahun depan berkolaborasi dengan Seksi Lelang guna menjelaskan tata cara penghapusan barang jaminan.

(Tim HI KPKNL Tarakan)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Halmahera No. 175, Pamusian Kota Tarakan Kalimantan Utara - 77113
(0551) 3803588
(0551) 3814971
kpknltarakan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini