Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Artikel
Implementasi E-Government yang Adaptif untuk Tingkatkan Kualitas Layanan
Tiara Risti Lavenda
Kamis, 28 April 2022   |   9205 kali

Tidak dapat kita pungkiri, bahwa pertumbuhan infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di suatu negara berpengaruh secara signifikan terhadap berbagai proses bisnis di segala bidang, termasuk di antaranya bidang pelayanan publik. Penggunaan TIK didalam organisasi pemerintahan dikenal juga dengan istilah ­e-government. Kehadiran e-government memang ditujukan untuk mempercepat terwujudnya good governance, yang memuat unsur akuntabilitas, transparansi, responsif, setara dan inklusif, efektif dan efisien, mengikuti aturan hukum, partisipatif, dan berorientasi kepada kesepakatan. Good governance ini diharapkan akan menghasilkan pelayanan publik yang maksimal, efektif dan efisien kepada masyarakat, sehingga pada akhirnya akan mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Namun, penguatan TIK ini juga harus diimbangi dengan kesiapan aparatur negara dan termasuk budaya kerjanya.

Kementerian Keuangan sebagai salah satu organisasi pemerintahan Republik Indonesia turut mendukung terwujudnya e-government. Pada tahun 2015, Sekretariat Jenderal (Setjen) telah menginisiasi pembangunan aplikasi yang mendukung corporate services yang kemudian disebut dengan e-Prime. Selanjutnya pada tahun 2019, sebagai wujud komitmen Kemenkeu dalam rangka transformasi digital telah ditetapkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia KMK Nomor 302/KMK.01/2019 tentang Implementasi Inisiatif Strategis Program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan, dimana salah satu Inisiatif Strategis (IS) yang menjadi tanggung jawab Setjen adalah IS nomor 2: “Office Automation Dalam Rangka Mendukung Digital Workplace”. OA Kemenkeu merupakan salah satu aplikasi TIK milik Kementerian Keuangan yang telah terintegrasi. Adapun definisi OA Kemenkeu adalah suatu proses digitalisasi kegiatan organisasi yang bersifat umum (seperti arsip, kepegawaian, aset), dan kolaborasi/komunikasi (persuratan, surat elektronik, chatting, video conference) yang dilakukan oleh seluruh pegawai melalui simplifikasi dan interoperabilitas proses bisnis menggunakan konsep berbagi pakai dengan memanfaatkan teknologi dan sistem informasi sehingga meningkatkan kualitas, produktivitas, dan efisiensi kerja serta mendukung terwujudnya green organization.

Kendati KPKNL Tarakan telah mengimplementasikan seluruh aplikasi terpadu di lingkungan Kementerian Keuangan, masih terdapat beberapa kebutuhan internal dan eksternal yang perlu dipenuhi. Hal ini turut dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dan wilayah kerja KPKNL Tarakan yang terbentang di seluruh Provinsi Kalimantan Utara, serta terdiri dari berbagai pulau sehingga diperlukan aplikasi TIK tambahan untuk mendukung terlaksananya tugas dan fungsi KPKNL Tarakan. Adapun inovasi aplikasi berbasis TIK yang telah dibangun oleh KPKNL Tarakan, antara lain:

1.      Kategori Pengukuran Kinerja Unit:

a.      Si Tiko

Aplikasi ini berisi laporan capaian dan rencana kinerja masing-masing seksi/subbagian/kelompok fungsional dalam satu minggu. Media yang digunakan dalam aplikasi ini adalah google spreadsheet yang dapat diakses oleh seluruh pegawai. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk memastikan capaian dan rencana kerja KPKNL Tarakan dapat dimonitor dengan mudah dan cepat dan untuk menyediakan data yang real-time untuk mendukung proses pengambil keputusan terkait strategi pencapaian target.

b.      E-IKPL

Aplikasi ini berupa kuesioner Indeks Kepuasan Pengguna Layanan (IKPL) dengan menggunakan media google form. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk meminimalisir penggunaan kertas untuk pencetakan kuesioner IKPL; memberikan kemudahan pengisian survey oleh pengguna layanan di seluruh wilayah kerja tanpa harus bertemu langsung (mengingat wilayah kerja KPKNL Tarakan terdiri atas pulau-pulau); dan memperluas jangkauan dan jumlah pengguna layanan yang mengisi survei

2.      Kategosi Manajemen SDM

a.      Buletin KI

Aplikasi ini merupakan wadah internalisasi dan knowledge sharing mengenai Pengelolaan Kinerja, Pengendalian Internal, Pengelolaan Risiko dan Pencegahan Korupsi yang diberikan untuk seluruh pegawai KPKNL Tarakan melalui infografis yang menarik dan mudah dipahami. Selain itu, disajikan pula tips dan trik bagaimana meningkatkan kinerja instansi, menjadi pegawai yang berintegritas dan berkinerja tinggi serta bebas dari korupsi. Media yang digunakan adalah sebuah poster elektronik yang dibagikan melalui group whatsapp.

b.      SiBela

Aplikasi ini merupakan sebuah wadah informasi keuangan dimana para pegawai dapat dengan mudah dan cepat memperoleh informasi keuangan tanpa harus menghubungi Bendahara Pengeluaran maupun pejabat pengelola keuangan sehingga mempercepat dalam pengambilan keputusan.

c.      Hi, U!

Aplikasi yang dikembangkan oleh Subbagian Umum ini berisi berbagai layanan yang diberikan oleh subbagian umum kepada seluruh pegawai dengan menggunakan media google spreadsheet dan bit.ly. Layanan tersebut antara lain, peminjaman kendaraan dinas, pengarsipan, pemakaian ATK dan lain sebagainya. Tujuan dibuatnya aplikasi ini antara lain: agar permohonan layanan yang terorganisasi dengan baik sehingga mempermudah pemantauan dan tindak lanjut; meningkatnya pemantauan dan pengawasan terhadap Pemakaian ATK dan Barang Persediaan sehingga distribusi lebih optimal dan tepat sasaran; meningkatnya pemantauan dan pengawasan terhadap Penggunaan Kendaraan Dinas untuk meningkatkan transparansi penggunaan Kendaraan Dinas; menyediakan wadah bagi kritik, saran, dan pengaduan atas permasalahan yang ada terkait tusi Subbagian Umum sehingga tercipta evaluasi yang berkelanjutan; dan menyediakan sistem peminjaman arsip di KPKNL Tarakan sebagai bentuk akuntabilitas penatausahaan arsip.

3.      Kategori Layanan Publik

a.      Tutor Online

Aplikasi yang dikembangkan oleh Seksi Piutang Negara ini, merupakan sebuah database atas sisa saldo debitur yang dapat diakses oleh masing-masing penyerah piutang. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk menyajikan informasi PN yang andal dan up-to-date dan meningkatkan kualitas layanan pengurusan PN oleh Seksi Piutang Negara dan Seksi Hukum dan Informasi guna memberikan kepuasan terhadap Penyerah Piutang.

b.      SnR

Dilatarbelakangi dengan pembatalan lelang karena pemohon lelang lupa melakukan pengumuman lelang dan lupa bahwa akan dilaksanakannya lelang, maka munculah ide untuk mengembangkan aplikasi pengingat lelang yang menggunakan media google calender. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk meminimalisir pembatalan lelang karena penjual tidak melakukan pengumuman lelang ataupun karena penjual tidak hadir dan memberikan layanan kepada penjual/pemohon lelang yang lebih baik dari standar yang ditetapkan.

c.      Ultra QR 2.0 (Ultra QR ft. Layanan Informasi WA)

Ultra QR 2.0 merupakan sebuah inovasi penyampaian informasi kepada pengguna layanan yang pada awal dibentuknya digunakan media QR Code dan Google Drive. Seiring berjalannya waktu, penyampaian informasi dirasa lebih mudah dilakukan dengan menggunakan media whatsapp business. Tujuan dibuatnya aplikasi ini antara lain: untuk menyajikan layanan informasi yang terpercaya seputar pelaksanaan tugas dan fungsi KPKNL Tarakan; untuk menyajikan layanan konsultasi yang cepat tanggap dan mudah dijangkau oleh pengguna jasa dan untuk memfasilitasi pengaduan, saran, dan kritik seputar pelaksanaan tusi KPKNL Tarakan.

d.      KPKNL Tarakan Google Directory

Aplikasi ini merupakan wadah pemberian informasi kepada pengguna layanan pada laman pencarian google. Media yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah google my business. Pembuatan layanan ini memiliki beberapa tujuan, anatara lain: masyarakat lebih mengenal KPKNL Tarakan; mencegah penipuan yang mengatasnamakan KPKNL Tarakan; dan menyampaikan informasi profil dan layanan kantor secara akurat, lengkap dan mudah dimengerti.

e.      Tautan Pengaduan UKI KPKNL Tarakan (bit.ly/TARAKANWBSFORM)

Seperti namanya, aplikasi ini merupakan sarana pengaduan UKI KPKNL Tarakan dengan menggunakan media google form. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah sebagai salah satu media/kanal pengaduan masyarakat yang terhubung langsung dengan Unit Pengelola Pengaduan KPKNL Tarakan; memberikan kemudahan kepada masyarakat melalui tautan yang dapat langsung diakses; dan melindungi pelapor dengan menjaga kerahasiaan karena tautan tersebut hanya bisa diakses oleh Unit Pengelola Pengaduan.

Seluruh inovasi di atas hadir sebagai bentuk manifestasi semangat KPKNL Tarakan dalam menerapkan transformasi digital untuk memenuhi tantangan era digital dengan tetap mengutamakan kepuasan pengguna layanan. Selain itu, inovasi tersebut juga merupakan respon KPKNL Tarakan atas kebutuhan atas kondisi demografi dan geografis di Kalimantan Utara. Kedepannya, diharapkan agar seluruh inovasi tersebut dapat terus dikembangkan seiring dengan perkembangan kebutuhan dan juga kemajuan teknologi.

 

Penulis: Tiara Risti Lavenda

 

Sumber:

https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/buku_tim/buku-tim-public-45.pdf

https://setjen.kemenkeu.go.id/api/Medias/ae44f424-466d-441b-9c89-6107fd985921

 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini