Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Artikel
Relaksasi Kesehatan Mental dengan Qi Gong
Putri Setyaningsih
Jum'at, 26 Maret 2021   |   6717 kali

Taukah kamu bahwa WHO menetapkan setiap tanggal 10 Oktober sebagai “Hari Kesehatan Jiwa Sedunia”? Seringkali sehat diidentikan dengan fisik saja sehingga kesehatan mental masih dianggap kalah penting. Padahal kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Bahkan WHO menyebutkan, generasi muda sangat rentan terkena gangguan mental karena masa muda merupakan masa dimana banyak perubahan hidup dan penyesuaian secara psikologis, emosional, ataupun finansial, juga masa dimana penggunaan teknologi dan media sosial yang tinggi. Menurut WHO, banyak kasus yang tidak tertangani sehingga bunuh diri akibat depresi menjadi penyebab kematian tertinggi pada anak muda usia 15 tahun sampai dengan 29 tahun. Oleh karena itu, kesehatan mental merupakan hal yang penting dan perlu dijaga mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Mendeteksi kesehatan mental terbilang cukup sulit karena tidak ada tes yang mudah untuk menunjukkan ada yang salah. Gangguan kesehatan mental tidak seperti gangguan pada fisik yang dapat langsung diobati berdasarkan tanda dan gejala.

Maka dari itu, mari berkenalan dengan meditasi yang biasa digunakan oleh masyarakat Cina Kuno sebagai relaksasi untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, yaitu meditasi Qi Gong (baca: Chi Kung). Master Qi Gong di Indonesia, Frans Cai, mengemukakan bahwa Qi Gong merupakan seni meditasi yang berasal dari daratan Tiongkok pada sekitar lima ribu tahun lalu yang dipelajari dalam ilmu bela diri kung fu untuk mengontrol dan mempergunakan kemampuan energi vital tubuh secara maksimal. Meditasi Qi Gong diambil dari dua kata yaitu, “qi” yang berarti energi yang ada dalam tubuh dan “gong” yang berarti penguasaan. Tujuan dari olah tubuh dengan meditasi Qi Gong adalah senam pernapasan untuk menyehatkan badan dan menjaga ketenangan pikiran, bahkan apabila berbakat, seseorang dapat menyalurkan energi yang didapat untuk mengobati diri sendiri dan orang lain.

Perpaduan gerakan yang ada dalam meditasi Qi Gong membangkitkan energi dalam tubuh dengan gerakan dan seluruh unsur di dalamnya untuk meningkatkan kesehatan mental, fisik dan spiritual seseorang. Meditasi Qi Gong bukan bertujuan membakar kalori atau meningkatkan detak jantung seperti olahraga kardio, namun meditasi Qi Gong mengajak orang untuk melakukan gerakan berirama yang dilakukan sangat lambat dan lembut, menyelaraskan dengan pernapasan untuk meningkatkan stamina, vitalitas, dan kekebalan tubuh. Uniknya, yang tidak boleh dilupakan dalam senam meditasi Qi Gong adalah tersenyum bukan hanya di bibir saja tetapi juga dengan hati, dan harus bernafas secara sadar. Mengapa demikian? Karena dasarnya, Qi Gong membawa misi perdamaian dimana dalam senyum orang akan menemukan kedamaian.

Apa sajakah yang bisa kita dapatkan dari melakukan meditasi Qi Gong? Dalam jangka panjang, melakukan meditasi Qi Gong dapat menurunkan risiko penyakit berbahaya. Untuk kesehatan fisik, dengan melakukan meditasi Qi Gong, dapat meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan keseimbangan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih kokoh dan tidak mudah jatuh, meningkatkan fungsi kardiovaskular dan paru karena berbagai penelitian melaporkan bahwa meditasi Qi Gong secara signifikan mengurangi tekanan darah, menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh, dan memperkuat juga memperlentur tubuh karena gerakan dalam meditasi Qi Gong akan membuat banyak bagian tubuh bekerja sebagaimana mestinya. Selain berbagai manfaat yang diperoleh untuk kesehatan fisik, meditasi Qi Gong juga dapat menjaga kesehatan jiwa atau mental. Untuk masyarakat Urban yang memiliki rutinitas dengan tekanan tinggi sangat disarankan melakukan meditasi Qi Gong di saat waktu senggang karena meditasi ini dapat menurunkan kadar stres. Gerakan lembut dan lambat dalam meditasi Qi Gong akan mengontrol pernapasan, mengaktifkan sistem saraf parasimpatik, dan menghambat pemicu stres dalam tubuh sehingga akan membuat tubuh lebih tenang. Masyarakat Urban juga memiliki kesibukan hari-hari hingga seringkali membuat gagal fokus. Metode mengatur napas, pikiran, dan tubuh dalam meditasi Qi Gong akan meningkatkan fokus karena dalam melakukannya, dibutuhkan konsentrasi yang tinggi sehingga tubuh akan terbiasa dan menerapkan diri anda dalam melakukan hal-hal lainnya. Berbagai penelitian juga melaporkan bahwa meditasi Qi Gong dapat dikaitkan dengan perbaikan gejala somatik yang diukur dengan skala seperti skala somatisasi. Manfaat dari meditasi Qi Gong secara signifikan meningkatkan efikasi diri terutama yang berkaitan dengan kemampuan yang dirasakan untuk menangani stres atau pengalaman baru. Meditasi Qi Gong telah terbukti mengurangi gejala depresi sebagaimana dibuktikan oleh skor pada skala depresi di berbagai penelitian. Selain depresi, kecemasan juga dapat menurun secara signifikan yang dinilai oleh skala kecemasan penilaian diri. Dengan persepsi kesehatan fisik, keadaan psikologis, dan kesehatan mental yang terjaga, maka meditasi Qi Gong dapat meningkatkan kualitas hidup.

Ingin memulai melakukan meditasi Qi Gong? Ada banyak variasi gerakan yang ada dalam meditasi Qi Gong dan bisa dikelompokkan menjadi Qi Gong aktif dan Qi Gong pasif. Gerakan Qi Gong aktif dilakukan layaknya pergerangan ringan dalam yoga. Yang membedakan adalah dalam Qi Gong perlu melakukan gerakan terus menerus sambil menjaga tubuh tetap seimbang. Sehingga, Qi Gong aktif dirasa sedikit rumit khususnya jika pertama kali melakukan. Sedangkan, gerakan Qi Gong pasif dilakukan layaknya meditasi pada umumnya. Gerakan Qi Gong pasif memfokuskan latihan mental dan visualisasi. Duduk dalam posisi tegak dengan mata tertutup, dan melakukan pernapasan diafragma dengan menggunakan perut selama 10 menit, maka akan melatih mental, fokus, dan pernapasan. Saat melakukannya, dapat sembari membayangkan sebuah tempat atau suasana yang rileks agar mendapatkan visualisasi hingga mampu membantu mengalirkan energi positif dalam tubuh.

Adapun beberapa gerakan dalam senam meditasi Qi Gong seperti gerakan menyanggah langit yang bermanfaat untuk menyeimbangkan penglihatan, mengahangatkan aliran energi pada tiga cakera; gerakan menarik busur untuk menyeimbangkan dan mengisi kembali meridian ginjal juga menguatkkan tubuh bagian bawah; gerakan menyanggah tangan untuk menyehatkan meridian perut dan limpa; gerakan memutar lengan dan membentangkan dada agar seluruh tulang belakang bekerja hingga dapat mengembalikan deplesi energi yang bermanfaat untuk menyembuhkan sakit pada tulang belakang, memperbaiki vitalitas, level energi dan konsentrasi, serta menghambat penuaan; gerakan menjulurkan tinju sambil membelalakan mata untuk menguatkan dan merevitalisasi hati, menguatkan keberanian dan ketabahan; gerakan memutar badan dan pinggul meningkatkan kekuatan dan energi kehidupan yang berpengaruh terhadap umur dan kekuatan; gerakan mengusap pinggang sampai kaki dapat menstimulasi meridian yin dan mengatur seluruh pembuluh yang berada di meridian bawah dan seluruh organ yang bersifat padat yang ada pada tubuh; selanjutnya gerakan angkat tumit dan hentakkan bermanfaat untuk membersihkan tubuh dari berbagai macam penyakit, menstimulasi penyembuhan penyakit dan memperkuat sistem imun.

Dengan menjaga kesehatan mental, memberikan kesejahteraan hidup, aktivitas dan kinerja menjadi lebih baik, dan mampu menghadapi tantangan-tantangan kehidupan dengan pandangan yang baik. Tanpa kesehatan mental, tidak akan mendapatkan kesehatan fisik yang sebenarnya. Tentu saja, meditasi Qi Gong hanyalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental dan kesehatan fisik. Mulai saat ini, seimbangkan perlakuan kita dalam menjaga kesehatan mental dan fisik. Keduanya memiliki peran vital untuk mencapai kesuksesan hidup. (Teks: Maharani Kumalasari)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini