Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sorong > Berita
Sosialisasi Lelang Barang Milik Daerah di Kabupaten Teluk Bintuni
Muhammad Ari Afandi
Rabu, 06 Desember 2023   |   92 kali

Teluk Bintuni (05/12) KPKNL Sorong melaksanakan Sosialisasi Lelang Barang Milik Daerah (BMD) pada Satuan Kerja di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Teluk Bintuni. Sosialisasi dilaksanakan tanggal 04 Desember 2023 bertempat di Ruang Aula Kantor BPKAD Kabupaten Teluk Bintuni. Acara sosialisasi dibuka Antonius Arie Wibowo selaku Kepala KPKNL Sorong dan dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Teluk Bintuni, Sekretaris Daerah Kabupaten Teluk Bintuni, Forkopinda Kabupaten Teluk Bintuni, dan Para Pejabat dan Pegawai SKPD Kabupaten Teluk Bintuni. Materi sosialisasi Lelang Barang Milik Daerah disampaikan oleh Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Pertama, Rushan Nasyrul Haq.

Antonius dalam sambutannya menyampaikan tugas dan fungsi KPKNL Sorong antara lain melaksanakan pelayanan di bidang  Kekayaan Negara, Piutang Negara, Penilaian dan Lelang. Beliau juga menghimbau seluruh Satuan Kerja di lingkungan Pemda Kabupaten Teluk Bintuni pentingnya melakukan inventarisasi terhadap seluruh BMD yang dimiliki oleh Satuan Kerja, tujuannya adalah untuk memudahkan Satuan Kerja dalam melakukan penghapusan BMD yang sudah rusak atau yang sudah habis masa efektivitasnya, sehingga dapat meringankan beban pencatatan nilai BMD pada masing-masing Satuan Kerja.

Dalam pemaparannya, Rushan menjelaskan pengertian, dasar hukum, syarat-syarat yang harus dipenuhi dan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum, saat dan sesudah mengikuti Lelang, baik sebagai pemohon ataupun peserta Lelang. Tidak lupa, beliau mengajak seluruh peserta untuk membuat akun Lelang pada website lelang.go.id. Beliau dengan lugas memberikan penjelasan langkah demi langkah pendaftaran akun Lelang.

Sebelum mengakhiri pemaparan, Rushan melakukan simulasi lelang yang diikuti seluruh peserta dengan antusias dan penuh semangat. Pada simulasi tersebut terjadi proses tawar menawar dari para peserta, sehingga suasana simulasi seperti pelaksanaan lelang pada umumnya. Dengan sosialisasi ini, dapat dipastikan seluruh peserta sudah memahami secara umum terkait Lelang serta pelaksanaannya.

Acara Sosialisasi Lelang BMD ditutup Sekretaris Daerah Kabupaten Teluk Bintuni, Frans Nicolas Awak dengan harapan agar seluruh satuan kerja di lingkungan Pemda Kabupaten Teluk Bintuni khususnya BPKAD Kabupaten Teluk Bintuni dapat konsisten melakukan inventarisasi terhadap semua BMD yang dimiliki agar tersedia data BMD secara baik dalam upaya mewujudkan tertib administrasi dan tertib fisik serta mempermudah pelaksanaan pengelolaan BMD. Beliau juga berharap agar seluruh pengguna barang yang hadir dapat memahami tujuan pelaksanaan lelang dalam optimalisasi pengelolaan BMD pada Kabupaten Teluk Bintuni.

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Negara Sorong, Jl. Basuki Rahmat Km. 7 Kota Sorong, Papua Barat Daya - 98419
(0951) 324868
kpknl.sorong@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini