Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sorong > Berita
Beri Pembinaan, Dirjen Kekayaan Negara Kunjungi Bumi Cendrawasih
Maruli Tua Silalahi
Kamis, 23 November 2017   |   778 kali

Sorong - Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rahmatarwata memberikan pembinaan kepada seluruh pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sorong, Rabu (22/11). Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan Isa Rachmatarwata di bumi cendrawasih, yakni menghadiri kegiatan serah terima sertipikat tanah milik negara wilayah provinsi Papua dan Papua Barat serta monitoring dan evaluasi revaluasi BMN yang bertempat di Kabupaten Kaimana pada Selasa (21/11), kemudian berlanjut menuju Kota Sorong menghadiri sosialisasi alternatif pembiayaan infrastruktur daerah oleh PT. SMI.

Kegiatan Pembinaan Direktur Jenderal Kekayaan Negara, diawali dengan sambutan Kepala Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku, Aloysius Yanis Dhaniarto atau yang akrab disapa Yanis menyampaikan bahwa sorong merupakan daerah yang relatif lebih aman dan nyaman di wilayah Papua dan Papua Barat dan juga memiliki fasiltas yang baik sehingga dengan fasilitas yang baik tersebut KPKNL Sorong haruslah memiliki kinerja yang baik pula terutama terkait revaluasi BMN yang menjadi current issue Direktorat Jenderal Kekayaan Negara saat ini.

Selanjutnya Kepala KPKNL Sorong Navis Zikra memberikan Laporan Kinerja KPKNL Sorong, hingga triwulan III 2017. Dilaporkan Naviz, hampir seluruh target KPKNL Sorong dapat tercapai sampai dengan Triwulan III 2017. Terkait target yang belum tercapai Navis optimis hingga akhir tahun target tersebut dapat tercapai. Selain itu Navis juga menyampaikan dinamika dan upaya yang dilakukan dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder termasuk tantangan terkait penilaian kembali barang milik negara.

Setelah mendengar pemaparan Kepala KPKNL Sorong, Isa mengajak berdiskusi setiap seksi untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi selama ini. “Tantangan dalam melaksanakan kegiatan penilaian kembali barang milik negara tersebut dapat dijadikan sebuah cerita yang menarik karena setiap wilayah kerja  yang terdiri dari satu Kota dan 12 Kabupaten memiliki budaya tersendiri dan juga sarana transportasinya yang terbatas, namun KPKNL Sorong tetap dapat memberikan pelayanan yang terbaik,“ ujar Isa.

Terkait piutang negara, Isa meminta supaya KPKNL Sorong membuat terobosan dalam penyelesaian piutang negara, yakni lebih proaktif dengan cara ikut membantu memberikan informasi dan solusi apa yang menjadi kendala dalam proses penyelesaian pengembalian hutangnya. Isa mengharapkan DJKN berperan sebagai pembina piutang yang memberi pembinaan kepada stakeholder. Dijelaskan lebih lanjut oleh Isa, bagaimana mengelola piutang dengan benar bukan hanya sekedar menjadi “tukang tagih” ketika stakeholder sudah tidak mampu melakukan penagihan.

Untuk Lelang, Isa berharap pelayanan lelang bukan hanya sekedar melelang untuk memenuhi target penerimaan negara bukan pajak terutama untuk lelang hak tanggungan tetapi menjadikan lelang menjadi suatu mekanisme jual beli yang diminati dan dipercaya oleh masyarakat  terutama lelang sukarela dan juga bagaimana lelang dapat meningkatkan nilai jual dari nilai limit lelang. Isa menghimbau supaya lelang sepenuhnya dilakukan dengan cara e-auction untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan, hanya saja dalam pelaksanaan lelang dengan cara e-auction di wilayah Papua Barat masih terkendala jaringan internet yang masih belum baik di beberapa wilayah Papua Barat.

Terkait kegiatan penilaian kembali barang milik negara, Isa berharap Seksi Kepatuhan Internal benar-benar memperhatikan standar laporan penilaian sehingga laporan yang dibuat. “Buat laporan yang berkualitas agar ketika dilakukan audit tidak menimbulkan permasalahan,” pintanya. Tidak hanya terkait laporan penilaian Isa juga mengingatkan Seksi Kepatuhan Internal memperhatikan kualitas laporan yang dibuat setiap seksi.  Untuk Seksi Hukum dan Informasi harapan Isa agar lebih aktif dalam melakukan penulisan/peliputan kegiatan yang berlangsung. Menjelang akhir kegiatan pembinaan, ditayangkan video profil KPKNL Sorong.

Dan mengakhiri kegiatan ini, Isa beserta seluruh peserta kegiatan dan beberapa tamu undangan dari perwakilan Kementerian Keuangan wilayah Kota Sorong melakukan  koordinasi dan makan siang bersama sebelum melanjutkan kegiatannya untuk meninjau lokasi mess pegawai KPKNL Sorong dan tanah Eks Pertamina. (seksi HI KPKNL Sorong)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini