Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sorong > Artikel
Keseruan Acara “KPKNL Sorong Goes to School 2022” di SMA YPPK Agustinus Kota Sorong
Adrian Zulfi Primadi
Kamis, 04 Agustus 2022   |   250 kali

Sorong (29/7) - Turunnya tren penyebaran virus Covid-19 di Kota Sorong langsung dimanfaatkan oleh KPKNL Sorong untuk melaksanakan kegiatan kehumasannya yang bertajuk “KPKNL Sorong Goes To School 2022” pada hari Jum’at (29/7). Pada gelaran kali ini KPKNL Sorong berkolaborasi dengan SMA YPPK Agustinus Kota Sorong untuk mengadakan acara tersebut. Kegiatan dilaksanakan di Aula SMA YPPK Agustinus Kota Sorong dan dihadiri oleh seluruh siswa dan siswi Kelas 12 dan beberapa guru pendamping. Acara dikemas dengan menerapkan protokol kesehatan yang diikuti dengan tertib oleh seluruh hadirin.

Kumandang lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan seluruh hadirin menjadi pembuka acara, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari pihak sekolah yang diwakili oleh Wakil Kepala SMA YPPK Agustinus Kota Sorong, Femmy I.Y. Runruwene. Sambutan tersebut disambut semarak oleh siswa dan siswi dengan menyanyikan yel-yel SMA YPPK Agustinus. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala KPKNL Sorong, Antonius Arie Wibowo, yang disambut tak kalah riuh oleh seluruh peserta. Pria yang akrab dipanggil Anton ini menyisipkan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan dalam sambutannya, yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan. Penyampaian Anton yang interaktif dengan para siswa membuat suasana aula menjadi riuh dan penuh gelak tawa. “Hal pertama yang harus adik-adik miliki yaitu Integritas. Orang yang punya integritas itu selalu bersikap jujur, tulus dan dapat dipercaya. Apakah di sini ada yang suka makan gorengan di kantin 5 tapi ngakunya cuma 3!?” teriak Anton yang disambut riuh peserta dengan jenaka “Adaaaaa…..!!!”. “Nanti, selesai mengikuti acara ini tidak ada lagi yang seperti itu ya, karena semuanya sudah mengerti nilai Integritas” ujar Anton. Selanjutnya Anton mengupas satu persatu nilai lainnya yang kembali disambut riuh seluruh hadirin.

Materi pengelolaan kekayaan negara dibawakan oleh Didik Suryadi dari Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Sorong dengan mengangkat materi tentang Kekayaan Negara yang Dimiliki, Kekayaan Negara yang Dikuasai, dan Kekayaan Negara yang Dipisahkan. Peserta menyimak dengan seksama video dan pemaparan yang disampaikan oleh pemateri asli Kota Sorong yang dipanggil Kak Didik ini. Kak Didik berpesan kepada seluruh peserta bahwa sebagai warga negara yang baik wajib untuk menjaga aset negara dengan sebaik-baiknya.Sesi tanya jawab menjadi sesi yang paling ditunggu peserta karena disamping mereka bisa menanyakan berbagai hal tentang kekayaan negara, mereka juga mendapatkan beberapa hadiah sebagai apresiasi atas keaktifan mereka.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi lelang yang dibawakan oleh Daniel Aleksander Parlindungan, Pelelang Ahli Muda KPKNL Sorong. Materi yang disampaikan seputar persyaratan lelang, penyelenggara lelang, dan profesi pelelang di lingkungan DJKN. Peserta yang aktif pada sesi lelang mendapatkan hadiah langsung dari Pelelang yaitu berupa traktiran makan gratis di Warung Pojok Keuangan Negara, dimana warung tersebut adalah salah satu hasil pemanfaatan lahan idle di lingkungan Gedung Keuangan Negara Sorong.

Puncak dari acara “KPKNL Sorong Goes To School 2022” ini ditandai dengan keriuhan peserta saat mengikuti sesi simulasi lelang. Acara yang dipandu oleh Julian Saputra Sinaga berjalan dengan semarak. Barang yang ditawarkan dalam simulasi ini antara lain: Buku, Flashdisk, Sepatu, dan Voucher. Peserta yang berjumlah 200 orang terlihat antusias untuk mengangkat tangan pada setiap lot lelang yang ditawarkan, terutama saat lelang sepatu. Acara diakhiri dengan penyerahan barang lelang kepada pemenang lelang. Edukasi melalui simulasi lelang diharapkan dapat menjadi contoh kepada siswa-siswi bagaimana prosedur pelaksanaan lelang berjalan.

Acara ini digelar sebagai salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat umum, khususnya para pelajar, tentang tugas dan fungsi yang dilaksanakan oleh KPKNL Sorong terutama dalam pengelolaan kekayaan Negara dan pelaksanaan lelang. Dengan terselenggaranya acara ini diharapkan para pelajar dapat memahami pentingnya menjaga dan memelihara aset Negara dan fasilitas publik yang dibangun dengan APBN/APBD. Selain itu, mereka diajak untuk mengenal apa itu lelang di KPKNL Sorong sehingga dapat memahami bahwa pelaksanaan lelang itu mudah, transparan, pasti, dan aman serta untuk barang-barang lelang dari produk UMKM harganya dapat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Dalam sambutan penutupan acara, Plt. Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Sorong, Ade Setiana, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta dan pihak sekolah sehingga kolaborasi acara ini dapat berjalan dengan baik. Ade berharap di masa depan ada salah satu alumni SMA YPPK Agustinus Kota Sorong yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut sebagai pegawai dari KPKNL Sorong. Sedangkan dari pihak sekolah menyampaikan ucapan terima kasihnya karena telah memilih SMA YPPK Agustinus Kota Sorong untuk menjadi tempat penyelenggaraan acara ini. Meskipun pada awalnya sedikit ragu, namun ternyata pihak KPKNL Sorong dapat menyelenggarakannya dengan sukses dan disambut antusiasme yang tinggi dari seluruh siswa yang hadir. Acara ditutup dengan foto bersama seluruh panitia dan peserta. (DJKN/adrianzulfi/adesetiana)


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini