Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
PEREMPUAN MASA KINI MANDIRI DAN BERKONTRIBUSI
Ayu S Theresia Sitorus
Kamis, 28 April 2022   |   14397 kali

Selamat  hari  kartini kepada seluruh kartini  di Indonesia khususnya kepada pegawai perempuan di Kementerian Keuangan. Perempuan  mempunyai peran yang sangat penting. Secara kodrat, perempuan diciptakan sebagai mahkluk Tuhan yang akan menjadi isteri untuk mengurus rumah tangganya dan sebagai ibu yang memberikan kasih sayangnya dan menjadi pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya. Akan tetapi, perempuan atau kartini masa kini harus keluar dari zona nyaman tersebut dan menjadi perempuan yang mandiri. Kaum perempuan tidak hanya melakukan kewajibannya tetapi juga meminta hak-haknya serta menemukan jati dirinya yang dapat memberikan pengaruh positif dan mengambil peran yang penting baik kepada keluarganya maupun kepada masyarakat luas. 

Raden Ajeng Kartini adalah salah satu role model terkuat bagi para perempuan Indonesia yang ingin mandiri dan berkontribusi di Indonesia. RA Kartini mencetuskan emansipasi wanita di Indonesia. Melalui emansipasi ini Kartini menginginkan perempuan indonesia bebas dari kedudukannya secara ekonomi dan sosial yang lebih rendah dan pengekangan hukum yang membatasi perempuan untuk maju dan mandiri. Harapan terbesar dari emansipasi ini adalah setiap Perempuan Indonesia mendapatkan persamaan hak dalam setiap bidang kehidupan dan mendapatkan kesempatan untuk belajar, bekerja, dan berkarya seperti halnya kesempatan yang ada pada laki-laki.

Sebagai kartini-kartini masa kini, sosok RA Kartini memang sudah tiada namun itu tidak menjadikan apa yang telah diperjuangkan tersebut mati. Kita tidak boleh larut pada pandangan-pandangan masa lalu melainkan mengambil kesempatan ini untuk memotivasi diri dan melanjutkan perjuangan Kartini tersebut. Kartini masa kini harus mau meningkatkan kemampuan dan kapasitas dirinya untuk berkontribusi di masyarakat. Perempuan Indonesia harus tersebut bermimpi dan merealisasikan mimpi tersebut serta tidak berhenti ketika gagal melainkan tetap semangat, berusaha dan percaya setiap usaha dan kerja keras pasti akan mendapatkan hasil yang terbaik. Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam (RA Kartini). (Tulisan: Ramidah/Ayu Shanta)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini