Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang Sidempuan > Artikel
INTEGRITAS MELEKAT PADA DIRI MANUSIA
Joni Caputra Sihombing
Rabu, 23 Februari 2022   |   97122 kali

Setiap manusia tidak lepas dari integritas. Integritas adalah hal yang sangat melekat dalam hidup setiap manusia. Integritas dibutuhkan ketika kita berinteraksi dengan keluarga, rekan kerja bahkan dengan orang yang tidak kita kenal.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, Integritas adalah mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan atau kejujuran. Integritas itu juga adalah wujud keutuhan prinsip moral dan etila bangsa dalam kehidupan bernegara.

Di Kementerian Keuangan, Integritas itu adalah salah satu nilai yang harus dipegang oleh para pegawainya dimana Integritas itu diartikan sebagai berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral. Dengan kata lain, integritas dapat diwujudkan ketika perbuatan dan tindakan sinkron dengan kode etik dan prinsip-prinsip moral serta dilakukan secara konsisten. Nilai dan prinsip yang dimaksud kemudian bermuara pada kebenaran yang hakiki.

Integritas merupakan gambaran diri di dalam suatu organisasi yang terlihat dalam perilaku dan tindakan sehari-hari. Integritas menunjukan konsisten antara ucapan dan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang memiliki integritas biasanya berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara sehingga perilaku dan tindakannya sesuai dengan apa yang diucapkan.

Salah satu contoh berintegritas adalah berpikir positif. Dengan berpikir positif kita dapat menghasilkan hasil yang positif. Oleh karena itu, integritas harus diawali dengan berpikir positif. Selain itu contoh berintegritas dapat dilakukan ketika melayani di area pelayanan terpadu yaitu secara transparan dan jujur memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan dengan tidak membeda-bedakan,  memberikan pelayanan yang berintegritas yang bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada stakeholder.


Berperilaku baik dan benar dalam integritas merupakan satu kesatuan yang menjadi tolak ukur pegawai dalam melaksanakan tugas yang dapat dibuktikan dengan :

-        bersikap, jujur tulus dan dapat dipercaya. 

-        Bertindak transparan dan konsisten

-        Menjaga martabat dan tidak melakukan perbuatan tercela

-        Bertanggung jawab atas hasil kerja\

-        Bersikap objektif

Pegawai kementerian keuangan baik atasan maupun bawahan tidak terbatas hanya menerapkan nilai integritas ini ditempat kerjanya atau ketika melakukan pekerjaanya tetapi juga dalam kehidupannya sehari-hari ketika bukan sebagai pegawai Kementerian Keuangan. Diluar pekerjaan kita juga harus melakukan perbuatan yang benar yang sesuai dengan prinsip moral dan agama serta secara konsisten melakukannya.

Semoga kita sebagai pegawai Kementerian Keuangan selalu menjunjung tinggi integritas untuk mewujudkan organisasi yang baik dan benar yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab kepada negara, masyarakat dan kepada diri kita sendiri. Sebagai salah satu wujud  implementasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan.

(Penulis: Ramidah Kepala Seksi Hukum dan Informasi)  

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini