Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
CALON IBU KOTA NEGARA BARU MENGGELAR KARNAVAL SENI INTERNASIONAL 7 NEGARA
Detami Pradiksa
Selasa, 24 September 2019   |   1487 kali

Sebagai salah satu daerah yang ditunjuk sebagai calon Ibu kota negara baru, Kabupaten Kutai Kartanegara kembali menunjukkan keseriusannya dalam memperkenalkan budaya lokalnya. Setelah acara Erau selesai dilaksanakan, kini giliran TIFAF (Tenggarong International Folk Arts Festival) VII tahun 2019 di mulai. Agenda rutin yang  dilaksanakan tiap tahun ini terus diupayakan dapat menarik wisatawan ke Kutai Kartanegara pada umumnya dan khususnya ke Tenggarong sebagai Ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegara. Pada tahun ini TIFAF dilaksanakan tanggal 21 - 29 September 2019. Acara ini dikenal dengan adanya kesenian yang ditampilkan dari berbagai Negara. Tercatat ada 7 negara yang mengirimkan duta seninya, diantaranya Ranranga Dance Academy Srilanka, Phranajhon Rajabhat University Thailand, Folkloristische Dansgroep Hellendorn Netherlands, Cossack Dance Ensemble Stanitsa Rusia, Cununa Apusenilor Romania, Arts and Culture Association Timor Furak Timor Leste, dan Sharkia Folklore Troup Mesir. Berbagai acara yang akan dilaksanakan diantaranya, Karnaval Seni Internasional, Kukar Expo, Pentas Kesenian Rakyat Internasional, Eksebisi Permainan Tradisional, Upacara Adat Suku Dayak, Pertunjukkan di jalan Kesenian Rakyat Internasional, Lomba Balap Ketinting, Kunjungan ke Sekolah, Lomba Permainan Tradisional, Program Tenggarong Hijau dan Kunjungan Budaya, Pemilihan Teruna Dara Cilik, Lomba Fashion Adat Kanak Kutai, Festival Kesenian Daerah Kutai, dan Ziarah Makam Raja-Raja Kutai. Lokasi kegiatan TIFAF 2019 ini dipusatkan di Kota Raja Tenggarong, diantaranya lapangan basket tepian turap Mahakam sebagai lokasi panggung utama. Pulau Kumala (Street Performance dan Tenggarong Hijau), Lamin Adat di Pulau Kumala (kunjungan budaya dan eksebisi permainan tradisional), halaman Kantor Bupati (penutupan festival).

Rangkaian kemeriahan acara TIFAF di awali dengan Karnaval Seni Internasional yang dilaksanakan dengan para peserta dengan pawai mulai dari Bank Kaltimtara Tenggarong sampai dengan Kedaton Kutai Kartanegara. Masing-masing kelompok peserta menampilkan kostum khas dari daerah atau Negara masing-masing. Tak hanya dari peserta mancanegara yang menarik, peserta dari Indonesia pun sangat menarik perhatian dengan memakai adat khas daerah seperti, Dayak Kenyah, Toraja, Minang, Reog Ponorogo, Manado, dan masih banyak lagi. Untuk peserta dari wilayah Tenggarong sendiri mengusung tema kostum buah Lai yang merupakan buah khas Kalimantan Timur. Para warga Tenggarong dan sekitarnya sangat antusias dalam menyaksikan acara ini. Mereka mengikuti kegiatan dan ikut berjalan dari mulai start hingga finish di Kedaton Kutai Kartanegara tak lupa juga banyak yang meminta foto bersama dengan para peserta yang memakai kostum unik.

Sampai di Kedaton Kutai Kartanegara, para peserta disambut oleh Drs. H. Adji Mohammad Arifin, M.Si yang bergelar Sultan XXI Kutai Kartanegara Ing Martadipura  dan para pejabat lainnya. Sesuai dengan urutan saat berjalan, peserta yang berjalan paling depan menampilkan kesenian di hadapan sultan dan pejabat yang lainnya terlebih dahulu. Masyarakat sangat antusias untuk menyaksikan pagelaran seni yang hanya dapat dilihat satu tahun sekali ini. Mereka rela duduk dan berdiri berdesak-desakan demi dapat menyaksikan kesenian dari masing-masing kelompok peserta karnaval seni internasional ini. Selain mempertunjukkan tarian khas dari masing-masing peserta, terdapat beberapa peserta yang memberikan bingkisan kepada tuan rumah sebagai bentuk ucapan selamat datang dan ada pula yang mengajak Sultan untuk menari bersama.

Festival ini tidak hanya semata-mata untuk menarik perhatian para wisatawan namun yang paling penting adalah untuk melestarikan seni budaya bangsa dan kesempatan untuk memperkenalkan keindahan kesenian tradisional di kancah internasional. Tidak hanya di Kutai Kartanegara saja, namun lebih kepada budaya di seluruh tanah air.


Seksi HI KPKNL SMD/DP

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini