Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Samarinda > Artikel
Belajar Makna Kehidupan dari Squid Game
Detami Pradiksa
Selasa, 05 Oktober 2021   |   5160 kali

    Squid Game merupakan serial drama Korea yang tayang di Netflix sejak 17 September dengan total sembilan episode. Serial ini berhasil mencuri perhatian di 83 negara dengan skor keseluruhan sebanyak 562. Alur ceritanya sangat relate dengan kehidupan saat ini, yakni bercerita tentang orang-orang yang mengalami kesulitan ekonomi. Namun, mereka selalu menanti secercah harapan yang bisa mengubah hidupnya.

     Dari sembilan episode tersebut, tersimpan banyak makna kehidupan yang dapat kita petik, berikut diantaranya.

       1.    Pentingnya belajar manajemen keuangan

Mengelola keuangan sangatlah penting di dalam kehidupan. Kita harus bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Terkadang kita sering mengabaikannya hingga pada akhirnya akan menjadi sebuah kebiasaan buruk. Gali lubang, tutup lubang. Pepatah tersebut seperti tak ada artinya lagi. Menutup utang dengan berutang menjadi hal lumrah. Cobalah untuk lebih bijak dalam pengelolaan keuangan!

       2.    Uang tak menjamin kebahagiaan

Di akhir cerita telah dijelaskan bahwa sebanyak apapun uang dimiliki tak menjamin kehidupannya akan bahagia, bahkan kehidupan akan terasa membosankan. Semuanya bisa dibeli dengan uang. Tidak ada usaha lebih untuk mendapatkan sesuatu, membuat kita menjadi kurang menghargainya. Cobalah untuk menghargai segala sesuatu bukan dilihat dari nominal, tetapi ketulusan!

       3.    Jangan mengambil keputusan saat sedang emosi

Dalam mengambil keputusan perlu dipikirkan dampak ke depannya agar tidak menyesal di akhir karena waktu tidak akan bisa diputar kembali. Keputusan diambil harus dengan kepala dingin tanpa emosi sehingga mampu memikirkan berbagai risiko yang akan muncul. Keputusan yang dibuat saat sedang emosi, bukanlah keputusan yang terbaik.

       4.    Berbuat baiklah kepada orang lain

Jangan takut untuk berbuat baik kepada orang lain karena kita tidak pernah tahu bagaimana kehidupan selanjutnya. Roda akan selalu berputar. Terkadang di atas, terkadang di bawah. Tebarkan kebaikan kepada siapapun tanpa pamrih karena kebaikan yang kita tanam, pasti akan kita tuai hasilnya.

    Itulah pesan moral yang dapat kita petik dari Squid Game, serial yang disutradarai oleh Hwang Dong-hyuk. Semoga kita tidak menjadi manusia yang gelap mata dengan menilai sesuatu hanya dengan uang.

Penulis: Devy Kusumaningrum/KPKNL Samarinda

Sumber:

      1.    https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3652543/hal-psikologis-yang-bisa-dipelajari-dari-serial-squid-game

      2.    https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/09/27/093219/penuh-strategi-4-pelajaran-penting-yang-bisa-dipetik-dari-drama-squid-game

           


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini