Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Samarinda > Artikel
Reset Otak dengan Dopamine Detox
Detami Pradiksa
Kamis, 22 Juli 2021   |   46890 kali

Di era sekarang ini kita cenderung tidak dapat lepas dari gawai dan sosial media. Terlebih dalam kondisi pandemi, kita lebih sering menggunakan gawai untuk bekerja karena kegiatan rapat maupun bisnis banyak yang  diselenggarakan melalui daring.

Saat sedang jenuh dengan rutinitas, pasti kita akan kembali lagi dengan membuka sosial media. Kebiasaan tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan psikologis dan mental. Oleh karena itu, kita perlu melakukan puasa hiburan atau yang lebih dikenal dengan Dopamine Detox.

Dopamine Detox adalah suatu cara mereset sistem otak agar otak tidak bergantung dengan rangsangan tertentu yang dapat membuat candu, seperti menerima notifikasi WhatsApp. Tujuan dari Dopamine Detox adalah mengurangi kecanduan dengan mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih produktif, seperti berolahraga, memasak, membaca buku, dan meditasi. Aktivitas tersebut dapat menghasilkan dopamin, tetapi jauh lebih sehat daripada dopamin yang dihasilkan dari bermain sosial media.

Pada dasarnya, dopamin tidak dapat dihilangkan dari tubuh kita. Akan tetapi, kita dapat mengontrol kadar dopamin dengan cara berpuasa hiburan karena gawai dan sosial media memiliki dopamin dengan kadar tinggi. Kadar dopamin yang tinggi dapat mengurangi konsentrasi sehingga kita bisa kehilangan fokus. Selain itu, kita menjadi lebih malas untuk melakukan kegiatan lain yang lebih berat karena hanya menghasilkan dopamin yang lebih ringan.

Lakukanlah dopamine detox secara bertahap!

Jangan memaksakan diri kita untuk hidup tanpa teknologi! Kita dapat memanfaatkan gawai dan sosial media sebagai bentuk penghargaan untuk diri kita sendiri. Hanya saja kita perlu mengontrol penggunaannya dengan menerapkan manajemen waktu.

Sumber:

1.       https://kumparan.com/tokyorio/reset-otak-agar-lebih-produktif-melalui-dopamine-detox-1u8fglXcYiA

2.       https://www.sehatq.com/artikel/benarkah-dopamine-detox-efektif-untuk-mengatur-ulang-sistem-otak#mengenal-dopamine-detox

3.       https://muda.kompas.id/baca/2020/10/06/puasa-dopamin-cara-fokus-belajar-selama-pandemi-covid-19/


Oleh : Devy Kusumaningrum/Pegawai KPKNL Samarinda

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini