Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tips Wanita Karir, Sukses Pekerjaan Sekaligus Sukses Di Rumah
Andi Ratna Widowati
Selasa, 12 Juli 2022   |   15038 kali

Sebagai seorang perempuan untuk menjadi ibu rumah tangga atau menjadi wanita karir adalah sebuah pilihan. Jaman dahulu, seorang perempuan harus menjalani kodrat sebagai ibu rumah tangga sehingga banyak dari perempuan di negara kita yang hanya mendapatkan Pendidikan rendah. Buat apa sekolah tinggi jika pada akhirnya akan di dapur juga, begitulah pemikiran orang tua jaman dahulu. RA Kartini telah merubah semua itu, sehingga saat ini perempuan bebas untuk menentukan pilihan masing-masing tanpa adanya sebuah paksaan.

Bagi kita yang memilih menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga, tentunya merupakan sebuah tugas yang tidak ringan. Kita harus bisa membagi waktu, tenaga dan pikiran sehingga keduanya dapat berjalan dengan seimbang tanpa ada salah satu yang di korbankan. Lantas, apa saja yang harus kita lakukan untuk menjaga keseimbangan tersebut? Berikut beberapa tips yang dapat kita laksanakan :

1.   Semangat dan Optimis

Dua hal yang harus kita miliki sebelum mengambil keputusan, kita harus yakin bahwa kita mampu menjalani kedua fungsi sekaligus yakni sebagai ibu rumah tangga dan juga sukses berkarir.

2.   Membiasakan Komunikasi dengan Keluarga Lebih Intens

Permasalahan pasti akan muncul, oleh sebab itu komunikasi sangat penting dilakukan. Kegiatan ini biasanya pada malam hari ketika makan malam atau menonton TV. Anggota keluarga bebas untuk mengemukakan permasalahan yang mereka hadapi.

3.   Mengatur jadwal dengan baik.

Kendala terbesar adalah membagi waktu, itulah sebabnya ketika kita sudah memilih menjadi wanita karir kita harus bisa membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga.  Perencanaan terkait apa yang akan kita lakukan pada keesokan harinya sebisa mungkin dilakukan pada malam hari menjelang tidur. Akan lebih baik lagi apabila kegiatan yang akan dilakukan pada hari berikutnya dipersiapkan pada malam hari misalnya menyiapkan peralatan sekolah anak, menyiapkan masakan yang akan dimasak, menyiapkan baju yang akan dipakai besok dll.

4.   Fokus pada apa yang sedang dihadapi

Selain membagi waktu dengan baik kita juga harus mampu mengatur pikiran dengan baik pula. Seringkali kesalahan yang kita buat adalah ketika kita bersama keluarga pikiran kita pada kerjaan akan tetapi ketika sedang berada di kantor pikiran kita pada keluarga. Hal tersebut menyebabkan pikiran kita kurang focus dan hasil yang kurang maksimal baik di keluarga maupun pekerjaan. Oleh karena itu fokuslah terhadap apa yang sedang kita kerjakan agar mendapat hasil yang terbaik.

5.  Tidak Ada Manusia yang Sempurna

Setiap manusia pasti akan memiliki kekurangan, begitupun dengan diri kita. Tidak mungkin keduanya dapat kita kerjakan dengan sempurna karena kita memiliki keterbatasan tenaga dan pikiran. oleh sebab itu apabila ada kekurangan kita dalam pekerjaan di kantor maupun di rumah, misalnya rumah berantakan atau kita tidak bisa menyiapkan sarapan buat keluarga, kita harus bisa memaklumi. Kita bisa menyerahkan sebagian pekerjaan rumah tangga kita pada asisten rumah tangga.

6.  Sekali Waktu Memanjakan Diri Sendiri

Me time, sesekali kita bebaskan diri kita dari pekerjaan kantor maupun rumah, misalnya belanja, ke salon maupun sekedar nongkrong di cafe agar pikiran kita kembali segar. Dengan pikiran yang lebih segar tentu akan membuat diri kita lebih bersemangat menghadapi pekerjaan.

7.   Menjaga Pola Hidup Sehat, baik Jasmani maupun Rohani

Pola hidup sehat sangat penting bagi kita, makan makanan yang seimbang dan olah raga yang teratur. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dengan jiwa yang kuat pikiran akan makin bersemangat.

Demikian tips menjadi wanita mandiri, sukses di keluarga dan di pekerjaan. (Penulis: Andi Ratna)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini