Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Suka Wisata Alam? Yuk Nikmati Indahnya Curug di Banyumas
Andi Ratna Widowati
Jum'at, 20 Mei 2022   |   5253 kali

Wilayah kerja KPKNL Purwokerto meliputi 7 kabupaten yaitu Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, Kebumen, Wonosobo dan Purworejo. Masing-masing kabupaten memiliki destinasi wisata yang berbeda. Secara geografis kabupaten Banyumas merupakan wilayah pegunungan/dataran tinggi. Salah satu gunung yang terkenal di wilayah kabupaten Banyumas adalah gunung Slamet. Keberadaan gunung Slamet di wilayah ini membawa destinasi wisata yang sangat menarik bagi para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri, salah satunya adalah beragam curug yang masih asri.

Curug adalah formasi geologi berasal dari arus air yang mengalir melewati suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah berasal dari ketinggian(google). Yuk kita intip Sebagian dari curug yang ada di wilayah kabupaten banyumas!

1.  Curug Bayan, beralamat di Dusun II Ketenger, Ketenger, Baturraden, Kab. Banyumas. Untuk memasuki wilayah ini hanya dikenakan HTM sebesar Rp.3.000 saja. Letak curug Bayan tidak jauh dari lokawisata Baturraden. Di curug ini selain kita bisa menikmati keindahan dan keasrian air terjun, disekitarnya juga terdapat vila-vila yang tidak kalah asri juga sebagai tempat beristirahat.

2. Curug Ceheng, beralamat di Gandatapa I, Gandatapa, Sumbang, Kabupaten Banyumas. Untuk memasuki wilayah ini hanya dikenakan HTM sebesar Rp.3.000 saja. Lokasi curug ini berada di tengah hutan dan perkebunan sehingga selain mata kita disuguhkan pemandangan menarik dari air terjun juga akan dimanjakan oleh berbagai tanaman dan pepohonan hijau yang ada di sekitar curug. Untuk menempuh perjalanan ke curug ini kita tidak akan menemui kendala karena lokasinya yang sangat dekat dengan jalan raya.

3. Curug Carang, beralamat di Kemutug Kidul, Sawah, Kotayasa, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas. Untuk menuju ke lokasi membutuhkan kemauan yang kuat karena lokasinya yang belum banyak dikunjungi para wisatawan dan jauh sehingga harus ditempuh dengan berjalan kaki dengan jalan menanjak. Akan tetapi rasa capek tersebut akan hilang setelah mata kita dimanjakan oleh pemandangan yang masih sangat alami. Untuk masuk ke sini wisatawan membayar HTM sebesar Rp.3.000.

4. Curug Kembar, beralamat di Dusun II, Karangsalam, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas. Untuk menuju ke lokasi harus menempuh perjalanan kurang lebih 13 km dari pusat kota. Disini pengunjung hanya membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000 per orang dan dapat langsung menikmati keindahan alam berupa air terjun yang masih alami maupun pemandangan alam yang berada di sekitar air terjun. Curug ini sudah dikelola dengan baik sehingga di sekitar lokasi sudah disediakan tempat parker yang memadai, gazebo buat istirahat dll.

5. Curug Gomblang, beralamat di Desa Kalisalak, Kecamatan Kedungbanteng, Kab. Banyumas. Curug ini belum terlalu diketahui oleh wisatawan, dengan demikian curug ini bisa dikatakan masih sangat alami. Untuk menuju lokasi dari area parker harus ditempuh dengan berjalan kaki sekitar setengah jam lebih. Tiket masuk yang harus dibayar sebesar Rp.5.000 per orang dan langsung bisa menikmati keindahan air terjun dan keindahan alam disekitarnya.

6.  Curug Cipendok, beralamat di Dusun II Lebaksiu Karanganyar, Karangtengah, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas. Curug cipendok merupakan salah satu air terjun yang banyak sekali diminati oleh para wisatawan. Hal tersebut karena di sini banyak sekali spot foto yang bagus buat diambil oleh kita. Curug ini sudah dikelola dengan baik sehingga fasilitas yang kita dapatkan sudah sangat memuaskan antara lain area parkir yang nyaman, mushola, cottage, area outbond dll. Jarak tempuh dari pusat kota sekitar 25 km dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4. Harga tiket masuk yang harus dibayar sebesar Rp.9.000 per orang.

7.  Curug Penganten, beralamat di kawasan Dusun Wisata Kalipagu, Kec. Baturraden Kab. Banyumas. Lokasi air terjun ini mudah ditemukan karena lokasinya yang masih berada di sekitar area lokawisata Baturraden. Dari area parkir wisatawan masih harus menempuh jalan bebatuan sekitar 1 km. air terjun ini masih sangat alami dan memiliki hawa yang dingin, disamping menikmati air terjun yang indah wisatawan juga disuguhi dengan suara-suara binatang khas disamping suara gemericik air terjun sehingga membawa kesan damai bagi para wisatawan.

8. Curug Jenggala, beralamat di Jalan Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Curug Jenggala disebut juga Curug Tempuan karena merupakan pertemuan Sungai Banjaran dan Sungai Mertelu. Untuk menikmati curug ini wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000 per orang, dimana tiket ini sudah termasuk tarif memasuki objek wisata Kalipagu, sepert Curug Panganten dan Curug Muntu.

9. Curug Telu, beralamat di Desa Karangsalam, Kec. Baturraden, Kab. Banyumas. Sesuai namanya telu berarti tiga, disini kita dapat menikmati air terjun yang berjumlah 3 buah dengan pemandangan alam yang sangat memanjakan mata. Curug telu masih berada dikawasan lokawisata Baturraden, dan untuk menuju ke lokasi tidak mengalami kendala apapun karena akses menuju lokasi dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda 2 maupun kendaraan roda 4. Harga tiket masuk ke lokasi ini wisatawan membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000.

10. Curug Bidadari, beralamat di Desa Karangsalam, Kec. Baturraden, Kab. Banyumas. Lokasinya masih berdekatan dengan curug telu. Curug ini sangat unik karena berada di dalam goa dan orang lebih mengenal dengan sebutan Sendang Bidadari. Karena lokasinya yang berada di dalam goa dan terdapat akses cahaya masuk dari atas menjadikan Curug ini sangat bagus untuk dijadikan spot selfie dan sangat instagramable. Akan tetapi lokasi curug ini lumayan menantang karena dari area parkir harus berjalan kaki sekitar 30 menit dan melewati jalan yang terjal. Untuk memasuki lokasi Wisatawan membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000.

Itulah beberapa curug/air terjun yang dapat dijadikan referensi untuk berlibur di kota Purwokerto. Disamping Curug-curug tersebut di Banyumas masih terdapat ratusan curug maupun tempat wisata alam lainnya yang bisa dikunjungi. (Penulis: Andi Ratna)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini