Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Purwokerto > Artikel
SANTAI BERSAMA KOPI KASMARAN
Andi Ratna Widowati
Selasa, 30 November 2021   |   524 kali

            Banjarnegara adalah merupakan salah satu kabupaten yang berada di wilayah kerja KPKNL Purwokerto. Mungkin banyak dari sobat yang belum begitu mengenal kabupaten ini. Wilayah ini banyak terdapat pegunungan-pegunungan dan hal tersebut menjadikan kabupaten ini memiliki potensi yang sangat bagus untuk dijadikan destinasi wisata dan juga perkebunan.

            Salah satu wilayah kecamatan yang memiliki pemandangan yang menawan sekaligus perkebunan yang cukup besar adalah Pagentan. Di sini kita bisa melihat betapa mata kita kembali segar ketika disuguhkan oleh hamparan perkebunan di sisi kanan maupun kiri jalan yang kita lewati. Perkebunan kopi merupakan salah satu komuditas andalan yang sangat diminati baik oleh penikmat kopi lokal maupun dijadikan oleh-oleh. Kopi yang dihasilkan disini berupa kopi arabika dan juga robusta yang langsung diolah oleh petani secara tradisional. Di kabupaten Banjarnegara kopi merupakan salah satu komoditas yang masuk dalam rencana strategis Pemerintah Kabupaten. Diharapkan produksi kopi dapat mendukung perkembangan dalam bidang ekonomi maupun industri. Apalagi untuk saat ini kopi juga merupakan salah satu daya tarik di bidang pariwisata.

            Kopi yang cukup terkenal dari sini adalah kopi kasmaran. Kasmaran itu sendiri merupakan sebuah desa yang berada di wilayah kecamatan Pagentan Kabupatem Banjarnegara. Kopi kasmaran juga ada 2 jenis yaitu Robusta dan Arabika. Perbedaan rasa antara 2 jenis ini adalah jenis kopi arabika cenderung memiliki rasa yang asam dan tidak terlalu kental sedangkan jenis kopi robusta memiliki aroma yang lebih kuat, kekentalan yang lebih dan rasa yang pahit. Kedua jenis kopi tersebut sama sama nikmat hanya tergantung selera bagi penikmat kopi masing-masing. Yang membuat kopi Kasmaran lebih unggul dibandingkan dengan kopi lainnya adalah kopi yang diolah merupakan kopi yang diambil dari pohon setelah matang dan juga pengolahannya secara tradisional jadi masih jauh dari bahan pengawet maupun tambahan bahan kimia lainnya. Hal tersebut juga menjadikan kopi ini lebih aman bagi para penderita asam lambung.

        Karena kualitasnya yang mampu bersaing akhirnya produksi kopi ini sangat disukai berbagai kalangan, hal tersebut berkembang dengan semakin banyak kedai-kedai kopi yang tentunya menambah jumlah pengunjung ke kabupaten Banjarnegara, tidak hanya menikmati pemandangan akan tetapi juga untuk menikmati sajian kopi yang mantap. Yuk, kita santai sambil minum segelas kopi panas !!!

(Penulis: Andi Ratna, Seksi HI KPKNL Purwokerto)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini