Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Underpass, Salah Satu Solusi Mengurai Kemacetan
Andi Ratna Widowati
Senin, 06 September 2021   |   10106 kali

Kawasan Jalan Jenderal Soedirman di Purwokerto merupakan salah satu kawasan padat lalu lintas. Jalan tersebut menghubungkan wilayah barat menuju ke kota dan sebaliknya. Pagi hari, kawasan ini akan lebih padat lagi terutama pada saat jam masuk kerja dan anak masuk sekolah. Ditambah lagi ketika ada kereta api yang melintas di jalan tersebut, akan menjadikan jalan ini semakin mengular kemacetannya.

          Untuk mengurai kemacetan yang terjadi, Pemerintah Kabupaten Banyumas membangun underpass sebagai solusinya. Underpass berada di wilayah Desa Pasirmuncang, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas. Underpass ini dibuat melingkar dari barat ke kanan dan masuk lagi menuju wilayah Jalan Jenderal Soedirman sebelah timur arah kota, pembangunannya mulai Bulan Pebruari 2018 dan telah resmi digunakan sejak tanggal 14 Januari 2019. 

         Untuk mengenang pahlawan kebanggaan masyarakat Banyumas, underpass ini dinamai Underpass Jenderal Sudirman (Jendsud). Ornamen yang terdapat pada dindingnya memperlihatkan foto-foto Panglima Besar asli Banyumas ini. Untuk mempercantik underpass ini, telah dibangun sebuah tugu yang berdiri kokoh di bundaran underpass diberi nama Tugu Gada Rujak Polo. Tugu tersebut diresmikan pada tanggal 8 Oktober 2020 oleh Bupati Banyumas Achmad Husein.

          Nama Gada Rujak Polo berasal dari nama senjata tokoh pandawa Werkudara yang memiliki watak Satria, jujur, dan berani. Sifat itu jugalah yang melambangkan para tokoh yang berasal dari Banyumas. Demikian juga diharapkan setiap warga masyarakat Banyumas agar selalu meneladani sifat-sifat dan perjuangan para tokoh tersebut sehingga Banyumas benar-benar menjadi Kota Satria. (Penulis : Andi Ratna)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini