Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Mendoan, Nikmat dan Berkhasiat Tinggi
Andi Ratna Widowati
Rabu, 30 Juni 2021   |   12266 kali

Siapa yang tidak mengenal mendoan? Mendoan merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari kabupaten Banyumas yang merupakan salah satu wilayah kerja KPKNL Purwokerto. Sebenarnya selain mendoan masih ada makanan lain yang merupakan makanan khas dari Banyumas antara lain gethuk goreng yang berbahan dasar singkong. Oleh karena itu rasanya ada yang kurang apabila kita mengunjungi Kota Banyumas/Purwokerto tetapi belum mencicipi lezatnya mendoan yang disajikan secara hangat.

                Bahan dasar pembuatan mendoan adalah tempe, tempe sendiri merupakan hasil olahan kedelai melalui proses fermentasi. Manfaat tempe itu sendiri sangat banyak antara lain membangun dan memperbaiki sel tubuh yang rusak karena memiliki protein tinggi, menurunkan risiko osteoporosis karena memiliki kalsium yang tinggi, mencegah anemia, menangkal reaksi radikal bebas dan membantu menurunkan berat badan.

                Cara membuat mendoan cukup mudah, mau tahu? Yuk ikuti langkah yang ada di bawah ini,

Bahan;

500g tempe iris tipis

Minyak goreng

Bumbu perendam;

Air 200 ml

2 siung bawang putih haluskan

½ sdt ketumbar bubuk

½ sdt garam

Tepung pelapis

300g tepung terigu

2 sdm tepung kanji

100 g tepung beras

Air secukupnya

6 siung bawang putih dihaluskan

4 batang daun bawang diiris halus

Langkah-langkah pembuatannya tempe diiris tipis kemudian dimasukkan ke pencelup lalu dimasukkan ke tepung pelapis kemudian digoreng menggunakan api sedang. Mendoan siap dinikmati dengan cocolan kecap pedas.

Demikian sekilas cerita tentang mendoan yang rasanya nikmat dan memiliki gizi yang sangat tinggi. (Penulis : Andi Ratna, Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Purwokerto)


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini