Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Hutang Lunas Karena Program Keringanan Utang: Program Ini Sangat Membantu Kami
M. Alkhilal Ramadhoni
Kamis, 06 April 2023   |   1372 kali

Program Keringanan Utang adalah program percepatan penyelesaian piutang negara yang dilakukan secara terpadu dalam bentuk pemberian keringanan utang kepada Penanggung Utang berupa pengurangan pokok, bunga, denda, ongkos/biaya lainnya. Besaran tarif keringanan yang diterapkan mulai dari 35% hingga 60% untuk sisa utang pokok dan 80% untuk BKPN yang dikhususkan, dengan tambahan keringanan sebesar 40% apabila lunas sampai dengan Juni 2023, 30% pada Juli sampai dengan September 2023, dan 20% pada Oktober sampai 15 Desember 2023.  


Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru telah melaksanakan Sosialisasi Program Keringanan Utang di Ruang Rapat Samudera dengan mengundang puluhan debitur. Selain itu, telah dilakukan pemberitahuan program ini melalui surat oleh Seksi Piutang Negara KPKNL Pekanbaru kepada lebih dari 70 Penanggung Hutang.

 

Salah satu Penanggung Hutang yang mengikuti Program Keringanan Utang telah melunasi hutangnya pada akhir Maret 2023 dan telah diterbitkan Surat Pernyataan Piutang Negara Lunas (SPPNL) atas nama yang bersangkutan. Seksi Piutang Negara KPKNL Pekanbaru menyampaikan SPPNL dan menyerahkan barang jaminan Penanggung Hutang yang bersangkutan ke kediamannya di Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir. 


Penanggung Hutang yang berprofesi sebagai petani ini ingin untuk melunasi kewajibannya. Namun karena yang bersangkutan jatuh sakit, sehingga tidak memungkinkan baginya untuk melunasi kewajibannya pada kreditur. Penanggung Hutang merasa lega dan sangat bersyukur karena melalui Program Keringanan Utang, diberikan jalan kemudahan dalam penyelesaian kewajibannya. Terlebih lagi, menurutnya Program Keringanan Utang ini tidak sulit untuk diikuti.


"Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada KPKNL Pekanbaru yang telah memberikan informasi Program Keringanan Utang sehingga kami dapat melunasi utang kami” ungkapnya.


Penanggung Hutang ini mengapresiasi karena KPKNL Pekanbaru telah memberitahukan Program Keringanan Utang kepadanya. Dia berharap bahwa Program Keringanan Utang ini dapat disebarkan secara lebih luas agar Penanggung Hutang lainnya dapat memanfaatkan program ini dan Piutang Negara segera terselesaikan.

#UangKita
#LunasHariIniLegaSampaiNanti

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini