Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pekanbaru > Berita
Memahami Lebih Dalam Core Values ASN berAKHLAK
Eva Resia
Rabu, 21 September 2022   |   37992 kali

Pekanbaru - Sekretariat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara mengadakan kegiatan Sosialisasi Core Values Aparatur Sipil Negara (ASN) berAKHLAK di Lingkungan DJKN secara daring (21/09). Kegiatan diikuti oleh seluruh pegawai DJKN, termasuk jajaran KPKNL Pekanbaru. Hadir sebagai keynote speaker, Sekretaris DJKN Dedi Syarif Usman dan Kepala Biro SDM Kementerian Keuangan Rukijo. Materi diberikan oleh narasumber Asisten Deputi Penguatan Budaya Kerja SDM Aparatur KemenPANRB Damayani Tyastianti dengan moderator Rustanto.

Core Values ASN BerAKHLAK diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 27 Juli 2021 bersamaan dengan peluncuran employer branding "Bangga Melayani Bangsa". BerAKHLAK adalah Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Core values ASN menjadi titik tonggak penguatan ASN, baik di pusat maupun daerah. Semangat dari penyeragaman core values ini adalah untuk membangun kesadaran, pemahaman hingga akhirnya implementasi budaya kerja sesuai core values menjadi mindset seluruh ASN dalam menjalankan tugasnya. “Semakin kuat budaya organisasi, maka semakin tinggi disiplin dan performa pegawai, sehingga meningkatkan pelayanan publik”, seru Dedi dalam sambutannya.

Damayani dalam pemaparannya menjelaskan latar belakang perlunya penyeragaman core values ASN. Potensi  ekonomi menuju Indonesia Maju di tahun 2050  harus didukung dengan adanya peningkatan kinerja ASN secara signifikan yang selaras dengan peningkatan kesejahteraannya. Selain itu maraknya kasus kecurangan terkait jabatan dan tugas ASN juga melatarbelakangi perlunya penguatan core values ASN.

Damayani menyadari bahwa untuk merubah mindset seseorang, dibutuhkan motivasi yang  melatarbelakangi perubahannya. Core values ASN diharapkan dapat menjadi dasar sikap yang memandu ASN untuk berubah menjadi lebih baik.  “Kita ingin merubah mindset, bahwa keberlangsungan kerja saya disini tergantung dengan kinerja saya dan sikap perilaku sehari-hari, sehingga saya selalu bersikap sesuai dengan core values dan berusaha memberikan kinerja terbaik untuk organisasi”, jelas Damayani.

Narasumber menjelaskan sikap dasar dari core values berAKHLAK. Berorientasi pelayanan menunjukkan komitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat. Akuntabel artinya bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan. Kompeten artinya ASN akan terus belajar dan mengembangkan kapabilitas. Harmonis menunjukkan adanya saling peduli dan menghargai perbedaan. Loyal mencerminkan dedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Adaptif berarti sikap yang terus berinovasi dan antusias dalam menggerakan ataupun menghadapi perubahan . Terakhir adalah kolaboratif yang artinya ASN harus dapat membangun kerjasama yang sinergis. sendiri Ke depannya diharapkan mindset ASN berubah.

Harapan untuk seluruh ASN adalah untuk memahami dan menyelaraskan perilaku sesuai dengan  Core Values ASN mengacu kepada panduan perilaku yang sudah ditetapkan. “Karena ke depannya ini akan sangat menentukan masa depan Anda sebagai ASN, mencakup dan tidak terbatas pada aspek terkait evaluasi kinerja, tunkin, bonus, Talent Class, peluang pengembangan karir dan kesempatan untuk learning dan development-nya” tambah Damayani di akhir pemaparannya.

Webinar yang dihadiri oleh kurang lebih 1000 peserta, baik melalui zoom maupun kanal youtube ini menunjukkan kepedulian ASN DJKN untuk penguatan core values ASN berAKHLAK.  

***

 Ditulis oleh Tim Humas KPKNL Pekanbaru

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini