Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pekanbaru Ajak Stakeholder “Mahir Lelang Dengan Sentuhan Jari"
Eva Resia
Kamis, 30 Juli 2020   |   204 kali

Pekanbaru -  Sebagai wujud sinergi antar unit Kementerian Keuangan, Balai Diklat Keuangan Pekanbaru (BDK Pekanbaru) bersama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pekanbaru (KPKNL Pekanbaru) mengadakan kegiatan webinar dengan tema “Tips dan Trik Lelang di Masa Pandemi, Mahir Lelang dengan Sentuhan Jari” (28/07).

Peserta acara yang dilakukan melalui zoom meeting ini adalah stakeholder KPKNL Pekanbaru yang berasal dari perbankan, satuan kerja, akademisi dan masyarakat. Lebih luas, acara ini dapat ditonton semua orang di seluruh Indonesia secara langsung melalui youtube BDK Pekanbaru.

Kepala Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau, Sudarsono, membuka acara. Beliau menyampaikan bahwa pandemi covid-19 ini memberikan tantangan besar bagi keuangan dan perekonomian nasional. Pemerintah perlu mencari alternatif solusi untuk pemulihannya. Penggunaan teknologi informasi, seperti lelang online, dapat menjadi  jawaban atas tantangan dimaksud. Melalui acara ini,  diharapkan stakeholder dapat mahir melaksanakan lelang, hanya dengan sentuhan jari (online).  

Selanjutnya, Kepala KPKNL Pekanbaru, Rachmat Kurniawan mengawali sesi dengan pemaparan kebijakan dan kinerja lelang. Dalam analisis singkatnya, diketahui bahwa ternyata barang yang banyak laku di lelang.go.id (online) adalah kendaraan. Harga yang terbentuk pun bersaing. Belum lagi pembeli lelang yang bisa dari mana saja. Terdapat 22% pembeli lelang online KPKNL Pekanbaru berasal dari luar provinsi Riau. Beliau menyimpulkan bahwa lelang online dapat menjadi instrumen jual beli yang menjanjikan.  “Terbukti, lelang.go.id  itu mudah, aman, barang pasti dan terjamin, harga bersaing dan memiliki pasar yang luas”, ucap Rachmat di akhir sesi.

 Sesi berikutnya, Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Madya KPKNL Pekanbaru, Amirudin, menyampaikan materi tips dan trik lelang di masa pandemi. Beliau mengungkap  tips untuk penjual, peserta dan pembeli lelang, serta tips menggunakan lelang.go.id. Semua keunggulan dan kemudahan penggunaan  lelang.go.id pun dikupas tuntas.

Selain itu juga disampaikan tips terhindar dari penipuan lelang, mulai dari ciri-ciri penipuan lelang sampai dengan cara menghindarinya. Tidak dapat dipungkiri, dampak covid-19 terhadap perekonomian masyarakat membuat penipuan lelang semakin banyak. Menurut analisis yang dilakukan, sebanyak 11,1% pembeli beresiko, yaitu pembeli yang mengetahui informasi lelang bukan dari lelang.go.id atau media KPKNL dan belum pernah atau jarang mengikuti lelang. Sampai dengan saat ini,  KPKNL Pekanbaru terus mengkampanyekan penipuan lelang yang mengatasnamakan DJKN/KPKNL, melalui berbagai media.

Di akhir acara, Kakantor dan Pelelang meminta kepada seluruh peserta dan penonton youtube untuk mendukung KPKNL Pekanbaru dalam pembangunan  zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi. "Kami  menjunjung tinggi pelaksanaan lelang yang fair, akuntabel dan sebersih-bersihnya dari KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme)", ucap Pelelang.

 (penulis : Tim Humas KPKNL Pekanbaru)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini