Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Rangkaian Perayaan 111 Tahun Lelang Indonesia di KPKNL Pekanbaru
Dianita Irmayanti
Rabu, 13 Maret 2019   |   670 kali

Pekanbaru Dalam rangka memperingati 111 Tahun Lelang Indonesia, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru mengadakan serangkaian acara yang dimulai dari tanggal 22 hingga 28 Februari 2019.

Pada Jum’at (22/02), KPKNL Pekanbaru mengadakan bakti sosial Donor Darah yang bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru. Kegiatan ini diikuti oleh para pejabat dan pegawai Kementerian Keuangan di Pekanbaru serta beberapa stakeholder di wilayah kerja KPKNL Pekanbaru. Selain itu, terdapat pembagian bibit tanaman kepada seluruh peserta baik yang dapat melakukan donor maupun tidak. Hal ini dilakukan demi terciptanya semangat baru bagi kita semua untuk mengambil peran dalam penghijauan lingkungan yang merupakan tanggung jawab bersama.

Selanjutnya pada Minggu (24/02), KPKNL Pekanbaru mengadakan sosisalisasi tentang Lelang kepada masyarakat pada event car free day Kota Pekanbaru. Dimulai pukul 07.00 WIB, tampak beberapa pegawai KPKNL Pekanbaru yang membagikan brosur sembari memberikan edukasi terkait lelang kepada masyarakat yang hadir pada event CFD kali ini. Turut hadir Kepala KPKNL Pekanbaru, Rina Yulia, pada saat pembagian brosur. Sebanyak 1000 (seribu) brosur lelang dibagikan kepada masyarakat pada saat event CFD tersebut. Hadirnya KPKNL Pekanbaru pada event CFD kali ini merupakan salah satu bentuk dari penyampaian informasi yang optimal kepada masyarakat tentang layanan lelang oleh KPKNL Pekanbaru.

Pada hari Rabu (27/02), KPKNL Pekanbaru menyelenggarakan acara In HouseTraining  dengan tema “Bersama Kelola Aset Negara”. Peserta kegiatan kali ini adalah mahasiswa yang berasal dari Universitas Islam Riau sejumlah 30 (tiga puluh) orang serta didampingi oleh Dr. Admiral, S.H., M.H., Dekan Fakultas Hukum dan beberapa orang Dosen. Acara kali ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa terkait tugas dan dan fungsi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) selaku pengelola aset negara serta tugas-tugas lainnya terkait penilaian, pengurusan piutang negara dan pelaksanaan lelang. Acara berlangsung sangat meriah serta terlihat mahasiswa yang hadir sangat bersemangat ketika mengikuti lelang konvensional yang dipimpin oleh pejabat lelang KPKNL Pekanbaru.

Puncaknya, Pada hari Kamis (28/02), KPKNL Pekanbaru bersama PT. Japan Bike Auction (JBA) Indonesia Cabang Pekanbaru, memperingati 111 Tahun Lelang Indonesia. Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara pemerintah dengan balai lelang swasta yang pembinaannya dilakukan oleh KPKNL Pekanbaru. Perayaan tersebut dilangsungkan bertepatan dengan jadwal pelaksanaan lelang kendaraan roda empat oleh PT. JBA Indonesia Cabang Pekanbaru. Terdapat sekitar 91 (Sembilan puluh satu) unit kendaraan roda empat yang dilelang oleh PT. JBA Indonesia cabang Pekanbaru. Kegiatan yang dilaksanakan di PT. JBA tersebut diliput oleh TVRI Riau dan menjadi berita yang tayang pada sore harinya pukul 16.00 WIB.

Selanjutnya, KPKNL Pekanbaru malalui Radio Aditya 86.7 FM hadir dalam sebuah Talk Show yang disiaran pukul 14.15 WIB. Pada kesempatan ini hadir sebagai narasumber yaitu Kepala Seksi Penilaian, Lidya Sari Baharuddin Latief serta Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Engkus Kusumah Permana. Melalui pemaparannya, Lidya menjelaskan tugas dan fungsi KPKNL Pekanbaru yang meliputi pengelolaan kekayaan negara termasuk penilaian aset negara, dan dilanjutkan dengan penjelasan oleh Engkus tentang layanan di bidang piutang negara dan lelang. Diakhir diskusi, Lidya serta Engkus juga memastikan kepada masyarakat bahwa layanan di KPKNL Pekanbaru bebas dari pungutan liar. Sebagai tindakan pencegahan, KPKNL Pekanbaru telah mempublikasikan standar pelayanan beserta tarif-tarif PNBP sesuai aturan yang berlaku dan membuka layanan pengaduan masyarkat. Dengan adanya usaha tersebut, diharapkan tidak ada oknum-oknum yang memanfaatkan layanan pada KPKNL Pekanbaru untuk kepentingan pribadi yang dapat merugikan masyarakat.

Sore harinya, KPKNL Pekanbaru mengadakan launching Lelang Hak Menikmati Barang. Lelang Hak Menikmati Barang merupakan lelang hak sewa yang memberikan wewenang kepada pemenangnya untuk menikmati atau memanfaatkan barang milik pihak lain atas barang bergerak dan/atau barang tidak bergerak, baik seluruhnya maupun sebagaian yang dapat dinikmati oleh pemenang lelang dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Lelang tersebut hanya dapat dilaksanakan untuk jenis lelang Noneksekusi Wajib dan Noneksekusi Sukarela tertentu.

Berkat dukungan dari berbagai pihak, Rangkaian Perayaan 111 Tahun Lelang Indonesia di KPKNL Pekanbaru dapat berjalan dengan baik dan lancar.

(Teks: Dianita Irmayanti    Foto: Christian Junyanto Sinaga)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini