Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pekanbaru Peringati “111 Tahun Lelang Indonesia”
Dianita Irmayanti
Jum'at, 01 Maret 2019   |   743 kali

Pekanbaru - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru bersama PT. Japan Bike Auction (JBA) Indonesia cabang Pekanbaru memperingati 111 tahun lelang Indonesia dengan tema “Modernisasi Lelang untuk Jual Beli yang lebih Handal dan Terpercaya” (28/02). Pimpinan JBA Cabang Pekanbaru membuka kegiatan tersebut disaksikan oleh seluruh peserta lelang barang bergerak kendaraan roda empat. Kepala KPKNL Pekanbaru, Rina Yulia, menyambut baik serta mengapresiasi pelaksanaan lelang oleh PT. JBA Cabang Pekanbaru selama ini. Rina Yulia juga mengharapkan dengan adanya kegiatan tersebut dapat membentuk sinergi antara pemerintah dengan perusahaan yang bergerak di bidang lelang. Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan lelang terhadap 91 unit kendaraan roda empat. 

Selain itu sore harinya, KPKNL Pekanbaru mengadakan Talk Show pada siaran Radio Aditya 86.7 FM pukul 14.15 WIB. Pada kesempatan kali ini hadir sebagai narasumber yaitu Kepala Seksi Penilaian, Lidya Sari Baharuddin Latief serta Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Engkus Kusumah Permana. Melalui pemaparannya, Lidya menjelaskan tugas serta fungsi KPKNL Pekanbaru yang meliputi pengelolaan kekayaan negara termasuk pengelolaan dan penilaian aset negara, dan dilanjutkan dengan penjelasan oleh Engkus tentang layanan di bidang piutang negara dan lelang. “Saat ini, DJKN sedang melaksanakan agenda besar yaitu Revaluasi Aset Negara yang akan menjadi salah satu komponen penting dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) pada bagian Neraca. Hasil perhitungan revaluasi aset negara sampai saat ini memiliki nilai yang meningkat sangat signifikan dari nilai yang tercatat sebelumnya. Hal ini menunjukkan betapa besarnya pengelolaan keuangan negara oleh DJKN atas aset negara baik yang dimiliki dan dikuasai. Untuk itu, sudah sepatutnya kita sebagai masyarakat harus ikut dalam menjaga setiap aset negara.” Ujar Lidya.

Vendu Reglement yang disahkan pada tanggal 28 Februari 1908 menjadi pelopor sejarah dimulainya lelang di Indonesia”, ujar Engkus saat menjelaskan tentang sejarah lelang yang ada di Indonesia. Engkus juga memaparkan prosedur lelang serta jenis-jenis lelang yang diselenggarakan KPKNL Pekanbaru. “Semua lelang yang diselenggarakan KPKNL Pekanbaru via internet,” lanjutnya. Engkus juga mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada jika ada oknum yang menawarkan barang lelang dengan harga yang miring serta mengimbau korban untuk tidak mentransfer sejumlah uang ke rekening pribadi seseorang dan bukan ke rekening resmi bendahara penerimaan KPKNL Pekanbaru. Masyarakat juga diharapkan agar melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke call center DJKN dengan nomor 1500991 atau lewat layanan pengaduan dan keluhan KPKNL Pekanbaru dengan nomor 0822-8666-6106 jika ada oknum yang mengatasnamakan pegawai KPKNL Pekanbaru dan meminta sejumlah uang untuk ditransfer ke rekening pribadi.

Diakhir diskusi, Lidya serta Engkus juga memastikan kepada masyarakat bahwa layanan di KPKNL Pekanbaru bebas dari pungutan liar. Sebagai tindakan pencegahan, KPKNL Pekanbaru telah mempublikasikan standar pelayanan beserta tarif-tarif PNBP sesuai aturan yang berlaku. Dengan adanya usaha tersebut, diharapkan tidak ada oknum-oknum yang memanfaatkan layanan pada KPKNL Pekanbaru.

(Teks: Dianita Irmayanti    Foto: Christian Junyanto Sinaga)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini